Strategi Membangun Komunitas Konsumen Pebisnis Online Harus Tahu

Bagian 14 Belajar Internet Marketing

Strategi membangun komunitas merupakan bagian terakhir dari rangkaian postingan berseri belajar internet marketing. Di bagian ini akan disajikan strategi membangun komunitas yang akhirnya akan membantu bisnis Anda tumbuh besar ke tahap yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

Apa yang lebih baik dari seorang pemasar cerdas? Jawabnya dua orang pemasar cerdas.

Apa yang lebih baik dari dua pemasar cerdas? Jawabnya tiga pemasar cerdas.

Lantas apa yang lebih baik dari empat pemasar cerdas? Anda sudah tahu jawabnya bukan?

Bagian terbaik dari internet marketing adalah komunitas yang luar biasa. Dalam berbagai kesempatan Anda bisa mendapatkan banyak teman cerdas yang siap membantu dan berbagi masukan positif. Apa yang akan Anda temukan juga adalah pemasar terbaik yang selalu siap membantu masalah Anda.

Inilah gambaran betapa berharganya masukan dari berbagai pihak saat Anda menanyakan hal yang sama untuk mendapatkan masukan terbaik dari yang terbaik.

Pertanyaan sama, tiga ahli, tiga jawaban berbeda.

Inilah pertanyaan yang diberikan:

“Bagaimana meraih sukses di marketing internet sesuai dengan bidang yang kita jalani?”

Belajar Membangun Komunitas Konsumen dari Praktisi

Pendiri Frog2Prince dan Spesialis Marketing Konten Grasshopper (Emma Siemasko) berbagi jawaban:

Panduan bijak:

  • Jangan takut untuk total di internet marketing
  • Puaskan konsumen sampai tahap personal
  • Jangan takut memulai hal baru dan perbaiki jalur marketing Anda
  • semangatlah

Keahlian Emma di sewa Grasshopper untuk membantu bisnis itu menciptakan konten branded yang unik, menarik dan mencuri perhatian konsumen di internet. Mereka melakukan itu dengan memberikan nilai kepada konsumen dan prospek, mengajak pengunjung berkomunikasi, meningkatkan distribusi konten dan mengajak orang lain bercerita tentang bisnis itu yang akhirnya membedakan mereka dari persaingan sejenis. Produk yang dijual adalah sebuah sistem telpon untuk komunitas bisnis, sebuah topik yang tidak seksi namun Grasshopper berhasil membuatnya tampak “keren”. Mereka tidak mau hanya sekedar sistem telepon, mereka ingin membantu komunitas bisnis dengan produk-produk yang disediakan.

Bagian 14 Grasshopper

Grasshopper menciptakan Startup Magic 8 Ball untuk terhubung dengan konsumen secara menyenangkan, menarik dan unik. Mereka tidak ingin menciptakan suatu standar panduan seperti orang lain di internet sehingga mereka membuat panduan dengan startup magic 8 ball.

Tujuan

  • Membuat orang terhibur (tertawa)
  • Membuat orang ingin mencoba produk tersebut
  • Meraih semua segmen komunitas bisnis
  • Mencoba sesuatu yang berbeda

Pendekatan

Satu bagian internet marketing yang sangat menyulitkan mereka adalah promosi. Mereka tidak mau meletakan startup magic 8 ball begitu saja dan melihat beberapa klik dari twitter untuk kemudian lenyap ditelan bumi. Mereka mengedepankan ide untuk mengirimkan informasi kepada komunitas manajer, penulis konten, blogger dan lainnya yang menurut mereka berpotensi mempromosikan produk itu. Mereka tidak mengejar pengusaha papan atas yang sudah pasti menerima banyak email dan surat. Mereka memilih fokus mengirimkan surat informasi kepada mereka yang aktif di blog dan media sosial atau dengan kata lain mereka mentarget orang di level menengah ke bawah di industri internet marketing tersebut.

Mereka membuat daftar pengusaha kecil yang dikenal dan penulis internet marketing yang kontennya sering mereka ikuti. Pengiriman hanya dibatasi 25 surat informasi. Sebelum mengirim mereka menganalisa setiap orangnya lebih dulu untuk memberikan sentuhan personal di setiap surat.

Setiap surat memiliki keunikan sendiri dan link kepada 8 ball tadi. Harapannya adalah mereka akan tertarik untuk melihatnya dan mereka juga mungkin tertarik dengan konsep suratnya juga. Surat informasi itu juga merupakan strategi promosi yang saling mendukung dengan produk mereka.

Hasilnya

  • Magic 8 Ball merupakan laman ke-5 paling sering dilihat pengunjung setelah beranda, laman pendaftaran dan beberapa laman lainnya. Hasil ini sangatlah positif.
  • Pengunjung telah menggunakan 8 Ball untuk sekitar 1500 pertanyaan

Perubahan Arah

Awal mulanya mereka ingin menampilkan seluruh pertanyaan yang diajukan pengunjung, namun mereka tersadar itu mungkin tidak nyaman bagi kebanyakan orang. Mereka mencatat semua pertanyaan yang diajukan sehingga bisa memahami bagaimana pengunjung menggunakan produk 8 ball. Mereka takjub dengan berapa banyak pertanyaan seputar bisnis dan startup yang ditanyakan pengunjung. Semua pengunjung menggunakannya untuk tujuan bisnis meskipun produk itu dikemas untuk menghibur.

Beberapa pertanyaan dari pengunjung itu adalah:

  • Haruskah saya membayar karyawan untuk bisnis startup saya?
  • Haruskah saya menambah jumlah karyawan di bisnis startup saya?
  • Haruskah saya menetap di bisnis property?
  • Apakah baik untuk melakukan outsource proses manufaktur?
  • Cara bertahan dari kerugian usaha?
  • Apakah saya mampu berhenti kerja tahun depan?
  • Apakah uang saya cukup untuk modal usaha?
  • Apakah pesaing saya punya produk lebih baik?
  • Teman saya berpikir hasil kerja saya sangat baik, apa benar demikian?

Kegagalan dan Keberhasilan

Keberhasilan terbesar dari strategi internet marketing ini adalah semakin banyak orang membicarakan produk itu. Cara itu berhasil mendatangkan interaksi sosial dan sampai sekarang pengunjung masih menggunakan produk 8 ball.

Kegagalan. Saat seorang pengunjung sudah menggunakan produk 8 ball dan mendapat solusi, tidak ada petunjuk lain yang diberikan. Mereka merasa perlu menambahkan konten atau hal lainnya yang menarik dalam laman produk itu sehingga pengunjung dapat melihat berbagai produk lain yang tidak kalah menariknya.

Ahli Analisa Digital, Ahli Ujicoba dan Pimpinan ConvertClick (Dave Rogers)

Panduan Bijak Internet Marketing

  • Situs sosial adalah jantung internet marketing
  • Pakai pandangan jangka panjang untuk konten, internaksi dan mekanisme konversi hari ini.
  • Buat runtutan catatan kedalam analisa dan pelaporan

Pelaporan tidak ada gunanya kecuali Anda memiliki analisa untuk mendukung temuan Anda. Selalu ada catatan di aktivitas marketing hari ini. Itu lebih dari sekedar angka bahkan lebih rumit.

Tanpa runtutan catatan maka semuanya akan monoton. Pemasar harus berada di belakan runtutan catatan dan memanfaatkannya untuk keuntungan.

Proses optimisasi lebih kuat saat kita memiliki catatan untuk mendukung proses itu. Kenapa kita melakukan apa yang kita lakukan? Apa yang tidak berfungsi baik? Bagaimana Anda bersikap atas temuan dari analisa itu?

Tujuan marketing, marketing konten khususnya adalah untuk meningkatkan publikasi. Kemudian datanglah aspek belajar yang sama pentingnya, konsumen dan pebisnis sama-sama melakukan promosi untuk proses belajar mereka.

Setengah dari hasil marketing adalah pembelajaran. Hasil belajar akan memenuhi setengah lainnya untuk return on investment (RoI). Di dalam marketing, belajar akan meningkatkan RoI.

Co-founder dan Pemimpin Underwater Audio (Scott Walker)

Panduan Bijak Internet Marketing:

  • Optimisasi konversi adalah kunci untuk meningkatkan penjualan dari website binsis
  • Jangan berhenti ujicoba
  • Jangan tinggalkan data marketing Anda
  • Anda selalu bisa lebih baik jadi jangan mudah menyerah

Underwater Audio telah melakukan ujicoba dua versi laman produknya. Idenya sangatlah sederhana, untuk menyediakan pengalaman terbaik kepada konsumen dengan tujuan meningkatkan konversi.

Pengingat Strategi Membangun Komunitas

  • Marketing merupakan satu pengetahuan dengan banyak pendekatan. Anda bertanya kepada tiga orang pemasar maka kemungkinan Anda mendapatkan tiga jawaban berbeda. Jangan bingung namun manfaatkanlah itu untuk memperkuat kelemahan Anda. Semua orang punya kelemahan dan tidak ada pemasar yang sempurna.
  • Jangan merasa diri kita paling pintar. Bertanyalah kepada pemasar lain untuk masukan dan strategi Anda akan lebih baik.
  • Belajarlah selalu dari komunitas. Baca blog yang menurut Anda baik.
  • Terkadang pengertian marketing berbeda dipandangan para ahli. Jangan terjebak. Buatlah visi pribadi untuk memahami apa marketing bagi diri Anda.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Ubah Bakatmu Jadi Uang: Menulis, Desain Grafis, Programing, dll. Cetak Uang Sekarang
+