Panduan Lengkap Cara Membuat Blog WordPress Self Hosting

Kamu mau membuat blog wordpress secepatnya? Terkadang membuat blog menjadi saat yang menegangkan khususnya untuk kamu yang tidak terbiasa dengan hal ini. Coba tebak? Kamu nggak sendirian. Banyak orang lain mengalami hal yang sama itu sebabnya notordinaryblogger merasa perlu untuk membuat panduan lengkap cara membuat blog wordpress self hosting ini.

Pertanyaan paling umum saat ingin membuat blog adalah harus mengawali dari mana?

Saat kamu sudah memutuskan untuk memilih wordpress maka kamu sudah selangkah lebih maju.

WordPress adalah sebuah Content Management System/CMS yang memungkinkan penggunanya untuk membuat blog secara mudah. Modal yang dibutuhkan hanyalah sebuah domain dan hosting untuk instalasi. Media ini sangat terkenal di dunia untuk mereka yang ingin membuat blog.

Apa yang dibutuhkan untuk membuat blog wordpress self hosting?

Saat kamu memutuskan untuk membuat blog wordpress self hosting, 3 hal utama ini akan menjadi kebutuhan ;

Sebuah nama domain (ini akan jadi nama/alamat blog kamu, misalkan notordinaryblogger.com)

Sebuah akun web hosting (ini adalah tempat dimana blog kamu tinggal di internet)

Perhatian kamu sekitar 30 menit J

Ya memang benar, kamu bisa menerapkan cara membuat blog wordpress self hosting ini kurang dari 30 menit dari awal sampai selesai.

Akan dibahas dalam panduan ini:

  • Cara Membeli Domain dan Hosting (di Niagahoster)
  • Cara Instal WordPress Via cPanel
  • Cara Setting Tampilan Dashboard
  • Cara Membuat Posting
  • Cara Membuat Pages
  • Cara Menggunakan Image Media
  • Cara Instal Plugin Via Dashboard
  • Cara Instal Theme Via Dashboard
  • Cara Membuat Form Kontak

Sekarang mari bahas tahap demi tahapnya:

Definisi Hosting 

Hosting merupakan suatu ruang penyimpan data pada sebuah blog atau website di dunia maya. Dengan hosting data itu bisa dilihat online oleh pemiliknya dan semua orang di dunia.

Ada bermacam-macam jenis ruang yang bisa digunakan mulai dari 500MB, 1G dan seterusnya sampai lebih besar. Besaran ruang ini akan mempengaruhi harga yang harus dibayar penggunanya. Untuk menjamin kepuasan kamu mengelola blog, sebaiknya pilih hosting dengan ruang yang tidak dibatasi atau unlimited.

Dengan ruang unlimited itu kamu bisa bebas upload beragam jenis konten mulai dari artikel, video, gambar dan lainnya tanpa rasa khawatir.

Definisi Domain

Domain merupakan alamat situs yang bisa berakhiran .com, .net, .org atau lainnya berfungsi untuk indektifikasi alamat IP sebuah server (hosting).

Tentu saja sebuah alamat IP akan memudahkan orang lain menemukan blog kamu di internet.

Cara Membeli Hosting dan Domain

Kamu harus tentukan penyedia jasa yang menawarkan hosting dan domain. Kamu bisa cari sendiri dan pilih yang sesuai. Khusus untuk penjelasan postingan ini akan dijelaskan cara membeli domain dan hosting dari niagahoster.

Pertama, buka website niagahoster

Kedua, pilih menu hosting dan pilih paket hosting yang sesuai

Ketiga, untuk contoh misalkan kamu pilih paket personal dengan periode minimal 6 bulan

Keempat, kamu akan melihat halaman untuk memilih durasi penggunaan mulai dari 6 bulan, 1 tahun dan seterusnya. Semakin lama masa penggunaan, harganya akan semakin murah.

Kelima, kamu akan melihat pilihan untuk membeli nama domain. Ketikan nama domain yang diinginkan lalu pilih “cari domain”. Jika kamu membeli paket hosting selain “paket bayi”, nama domain diberikan gratis selama masih pakai hosting.

Keenam, jika pilihan nama domain kamu tersedia (belum ada yang pakai) akan muncul keterangan, selanjutnya tentukan durasi penggunaan nama domainnya. Misalkan memilih registrasi untuk 1 tahun lalu klik “tambah chart”

Ketujuh, kamu akan melihat rincian pembelian hosting dan domain. Periksa dulu untuk memastikan semuanya sesuai pesanan dan kebutuhan. Jika sudah klik “selanjutnya”

Kedelapan, kamu akan melihat laman checkout. Di sini kamu diarahkan untuk mendaftar akun niagahoster jika kamu belum punya akun niagahoster. Jika sudah punya akun niagahoster, kamu hanya perlu login.

Selanjutnya pilih cara pembayaran yang diinginkan dan klik “proses checkout”

Kesembilan, akan terlihat halaman terima kasih. Klik “lanjutkan” dan kamu akan masuk dashboard member niagahoster. Di bagian ini juga akan muncul tagihan yang harus dibayar, lengkap dengan penjelasan cara membayarnya.

Kesepuluh, jika sudah melunasi pembayaran dan melakukan konfirmasi, kamu akan menerima pemberitahuan di member area dan email yang didaftarkan. Informasi ini berisikan data untuk masuk ke cPanel atau hosting kamu.

Kesebelas, sekarang cobalah informasi login itu untuk masuk ke cPanel memakai URL cPanel yang disampaikan sebelumnya oleh penyedia hosting. Atau kamu bisa mengetik manual namadomainkamu.com/cpanel di browser. Jika benar akan tampil laman seperti ini:

Selanjutnya tinggal masukan username dan password yang sesuai

 Cara Instal WordPress Memakai cPanel 

Mengikuti tahapan sebelumnya maka kamu sekarang sudah memiliki nama hosting dan domain sendiri di niagahoster. Selanjutnya adalah instalasi wordpress dari cPanel. Ini dia tahapannya:

Pertama, masuk ke wilayah cPanel.

Kedua, kamu akan melihat tampilan dashboard cPanel. Setiap fitur punya fungsi berbeda. Di bagian dashboard, scroll ke bawah untuk cari fitur “software” kemudian klik “Softaculous Apps Installer”.

Ketiga, di halaman dashboard Softaculous, klik menu Blog » WordPress lalu klik instal

 

Keempat, jika benar akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Keterangan gambarnya adalah:

  1. Choose Protocol: Protocol yang ingin kamu pakai, tersedia http://, http://www., https:// dan https://www. Untuk pilihan yang paling umum digunakan silakan pilih default http://.
  2. Choose Domain: Pilih domain yang ingin Kamu gunakan untuk menginstal WordPress. Jika Kamu mempunyai lebih dari 1 domain dalam 1 hosting, maka akan mucul pilihan domain lainnya.
  3. In Directory: Jika kamu ingin menginstal WordPress pada direktori lain, silakan isi sesuai keinginan kamu. Misalkan jika diisi direktori tersebut dengan nama “blog” maka WordPress akan diinstal dan diakses pada namadomainkamu.com/blog, jika hanya ingin menginstal tanpa direktori atau pada domain utama saja, silakan kosongkan fitur tersebut.
  4. Table Prefix: Tabel yang akan digunakan pada Database (Biarkan saja default tidak akan jadi masalah).
  5. Site Name: Nama situs kamu.
  6. Site Description: Deskripsi situs kamu.
  7. Enable Multisite (WPMU): Pilihan untuk mengaktifkan multisite pada WordPress kamu, fitur ini biasanya jarang diaktifkan, jadi jika kamu kurang paham tidak perlu dicentang.
  8. Admin Username: username untuk login pada dashboard WordPress.
  9. Admin Password: password untuk login pada dashboard WordPress.
  10. Admin Email: Email kamu yang akan dipakai untuk kebutuhan instalasi WordPress, dan biasa digunakan untuk reset password sekamuinya kamu lupa.
  11. Select Language: Pilihan bahasa pada WordPress yang sesuai selera kamu.
  12. Limit Login Attempts: Plugin yang akan diinstal secara otomatis pada WordPress yang berguna untuk membatasi jumlah usaha login jika kamu salah memasukkan username atau password.
  13. Select Themes: Jika kamu ingin menginstal WordPress berserta dengan Theme silakan pilih theme yang kamu inginkan, jika tidak abaikan saja fitur tersebut.
  14. Email instalation details to: masukkan email kamu jika ingin menerima informasi secara detail mengenai instalasi WordPress yang kamu lakukan
  15. Jika semua pengaturan sudah selesai sesuai keinginan kamu, langkah terakhir klik “Install”.
  16. Tunggu sekitar 3 menit sampai proses instalasi selesai, dan akan muncul pemberitahuan seperti ini:
  17. Setelah proses instalasi selesai, silakan kunjungi situs kamu dan masuk ke dashboard WordPress pada alamat namadomainkamua.com/wp-admin/ seperti pada gambar notifikasi di atas. Setelah itu cobalah login dengan menggunakan username dan password yang sudah dibuat pada saat instalasi tadi.

Baca: Tema WordPress Terbaik yang Gratis

Tunggu sekitar 3 menit sampai proses instalnya selesai. Jika sudah selesai kamu akan melihat pemberitahuan seperti ini:

Setelah instalasi selesai, kamu bisa masuk ke blog kamu melalui namablogkamu.com/wp-admin/ seperti penjelasan di ilustrasi di atas. Gunakan username dan password yang kamu sudah tetapkan saat instalasi sebelumnya.

Cara Setting Tampilan Dashboard 

Sampai sini kamu sudah berhasil menginstal wordpress di hosting yang kamu pakai menggunakan cPanel.

Sekarang saatnya untuk menyesuaikan tampilang dashboard WordPress yang sudah kamu install. Inilah tahapannya;

#1 Login pada dashboard WordPress kamu dengan mengetikan pada browser namadomainkamu.com/wp-admin/, masukkan username dan password WordPress yang telah dibuat pada waktu instalasi.

#2 Kamu akan menemukan tampilan dashboard WordPress seperti ini ketika pertama kali login.

#3 Untuk setting tampilan dashboard, kamu dapat mengubahnya pada menu Profile di pojok kanan atas layar.

#4 Kemudian kamu akan melihat opsi “Admin Color Scheme”. Dalam fitur ini kamu dapat menyesuaikan tampilan warna dashboard WordPress sesuai keinginan sendiri.

#5 Selanjutnya terdapat fitur Collapse menu. Fitur ini memungkinkan kamu melihat menu pada WordPress dalam bentuk icon saja dan terlihat lebih sederhana.

#6 Kemudian ada Screen Option yang bisa disesuaikan dengan keinginan kamu, seperti misalnya ingin menampilkan atau menghilangkan tampilan Welcome maupun tampilan lainnya. Kamu dapat memberi tanda centang untuk menampilkan dan menghilangkan tanda centang untuk tidak menampilkannya.

Cara Membuat Posting di Blog WordPress

Posting adalah aktivitas membuat konten/isi blog yang nantinya akan ditayangkan dan dilihat oleh semua orang yang mengakses halaman website WordPress kamu.

Berikut ini langkah-langkah untuk  membuat posting pada WordPress.

#1 Masuk pada Dashboard kamu, lalu pilih Post » Add New atau pilih icon (+) di bagian atas lalu pilih Post.

#2 Kamu akan menemukan halaman seperti ini, dimana terdapat kolom untuk menuliskan judul posting kamu dan juga area untuk menulis posting.

#3 Kemudian ada beberapa opsi untuk mempercantik tulisan kamu, yang umumnya juga terdapat di Aplikasi Office pada umumnya.

#4 Untuk menambahkan konten blog berupa gambar, video maupun yang lainnya, kamu dapat menggunakan opsi Tambahkan Media. Selanjutnya klik Pilih Berkas lalu pilih konten yang ingin kamu upload. Tunggu sampai proses upload selesai.

#5 Setelah itu kamu dapat menyesuaikan ukuran, title, dan sebagainya pada gambar tersebut. Setelah semuanya sesuai, pilih Insert Into Post dan gambar berhasil diunggah serta masuk dalam postingan.

#6 Selain itu, kamu juga dapat mengkelompokkan tulisan yang sudah dibuat ke dalam kategori tertentu, bisa dengan membuat kategori baru atau mengikuti kategori yang sudah ada. Pilihan ini bisa kamu temukan pada bagian Categories, di sebelah kanan area posting. Membuat kategori baru pun sangat mudah. Kamu dapat pilih opsi Add New Category, tulis kategori yang kamu inginkan, dan klik untuk memberi tanda centang pada kategori tersebut.

#7 Terdapat juga pilihan Tags yang dapat kamu tambahkan sesuai dengan postingan yang kamu tulis. Untuk menambahkannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menuliskan tag tersebut dan pilih Add.

#8 Kemudian untuk mengubah permalink atau URL postingan yang akan kamu publish, silakan pilih opsi di bawah kolom judul atau title, kemudian pilih edit dan sesuaikan dengan keinginan kamu.

#9 Setelah semua selesai, kamu dapat menerbitkan posting atau artikel tersebut dengan meng-klik tombol Publish.

 Cara Membuat Pages

Membuat sebuah page/halaman dengan posting kurang lebih sama seperti tutorial di atas. Perbedaannya hanya terletak pada pilihan menu untuk membuat pages tersebut.  Berikut tahapannya.

#1 Masuk pada dashboard WordPress kamu, pilih menu Pages » Add New, atau dengan cara pilih icon (+) kemudian pilih Page.

#2 Setelah itu kamu akan masuk pada halaman yang sama dengan halaman ketika membuat posting di atas, lengkap dengan pilihan yang ada. Namun, hal yang membedakan adalah saat kamu membuat sebuah page tidak terdapat opsi kategori atau tags, karena page atau halaman itu biasanya dibuat untuk hal yang formal seperti About Us, Contact Me, dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan Image Media 

Image Media merupakan sebuah media library/perpustakaan media yang di dalamnya terdapat seluruh konten berupa gambar, video maupun  file media lain yang pernah kamu upload sebelumnya, baik itu ketika membuat sebuah posting maupun pages.

Selain itu kamu juga dapat mengunggah konten melalui media. Berikut adalah tahapannya.

#1 Masuk ke dashboard WordPress kamu, lalu pilih Media » Library maka kamu akan menemukan semua konten yang pernah kamu upload.

#2 Untuk menambahkan gambar atau konten baru lainnya, kamu cukup memilih Add New » Select Files dan pilih gambar yang ingin kamu upload. Nantinya gambar ini siap untuk kamu masukkan pada sebuah posting atau halaman tanpa perlu mengunggahnya kembali.

#3 Kamu juga dapat menyesuaikan keterangan gambar dengan cara meng-klik salah satu gambar. Setelah itu, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, dimana kamu dapat mengubah Title, Description, dan lainnya di sini.

#4 Selain itu Kamu juga dapat mengedit gambar tersebut dengan memilih Edit Image pada gambar di atas. Ada beberapa opsi yang disediakan untuk mengedit gambar, misalnya Rotate, Flip, mengatur ukuran gambar, memotong gambar dan lain-lain.

Cara Instal Plugin Via Dashboard 

Salah satu alasan mengapa Kamu menggunakan WordPress sebagai Platform untuk website Kamu, karena WordPress Self Hosting (WordPress.org) mempunyai Ribuan atau bahkan jutaan Plugin dengan kegunaan dan fitur yang berbeda yang siap Kamu instal secara gratis.

Pada panduan di bawah ini kita akan mencoba untuk menginstal plugin Contact Form 7, suatu plugin yang bermanfaat untuk menampilkan form kontak di blog kamu. Plugin ini sangat berguna untuk memudahkan pengunjung situs yang ingin menghubungi Kamu melalui email. Berikut adalah panduannya.

#1 Masuk pada dashboard WordPress Kamu, kemudian pilih Plugin » Add New.

#2 Tulis nama plugin yang ingin diinstal pada kolom Search kemudian tekan Enter.

#3 Pilih Install pada plugin dengan nama Contact Form 7. Tunggu beberapa detik hingga proses instalasi selesai, kemudian pilih Aktifkan Plugin untuk mengaktifkan plugin tersebut.

Kamu sudah mahir membuat blog wordpress! Plugin sudah berhasil diinstal melalui dashboard WordPress.

Bookmark Cara Membuat Blog WordPress Self Hosting

WordPress terkenal mudah dan cocok untuk blogger profesional karena bisa memberikan solusi yang sesuai kebutuhan pemilik blog. Dengan fitur yang ada, mudah bagi siapapun membuat blog wordpress tanpa pengetahuan di bidang IT sekalipun.

Tentu saja semakin kamu sering update postingan, semakin terbiasa juga dengan platform wordpress ini. Sekian dulu cara membuat blog wordpress self hostingnya. Jangan lupa bookmark postingan ini agar menjadi pegangan praktis kamu saat mengalami kesulitan.

Jika sudah memiliki blog wordpress, selanjutnya adalah promosi blog kamu biar pengunjungnya banyak dan blog kamu pun berkembang. Baca juga cara mendatangkan 1000 unique visitors ke website kamu. Atau baca tips ngeblog ampuh lainnya:

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Buat Tabungan dapat Secure Credit CardTabungan Online Bank Sinarmas
+