5 Tips Memilih Nama Domain Terbaik Untuk Blog atau Website

Tips Memilih Nama Domain Terbaik? Apa saja?

Apa yang lebih penting dari desain sebuah website? Ada sebuah ungkapan dalam bisnis bahwa kata-kata memiliki makna dan nama memiliki kekuatan. Ini menjadi semakin penting di era pemasaran internet dan perkembangan merk bisnis.

Dalam membuat blog atau website, memiliki desain tertentu merupakan langkah awal yang penting namun memilih nama domain terbaik tidak kalah pentingnya. Bahkan, memilih nama bisa menjadi bagian tersulit dalam proses kegiatan blogging. Jika Anda menyadari sulitnya menterjemahkan sebuah website menjadi URL yang baru, belum termasuk potensi kerugian dalam aspek SEO, penting bagi Anda untuk melakukan semuanya dengan benar.

Semakin hari semakin sulit menemukan sesuatu yang menjadi ikon dan mudah diingat serta tersedia. Apa jadinya bila nama domain yang Anda sukai sudah dimiliki orang lain. Anda bisa mencoba membeli nama domain tersebut jika nama itu penting sekali bagi Anda. Namun, ini bisa berakibat biaya besar apalagi bila Anda baru akan memulai sebuah bisnis skala kecil.

Banyak entitas bisnis skala kecil dan menengah yang menempati posisi 10 terbaik SERPs menggunakan kata kunci yang baik. Ini hanyalah satu alasan kenapa penting bagi kita untuk memilih nama domain yang pas dengan merk bisnis.

Kisah Penantian Nama Domain

Ada kisah bisnis menarik soal perubahan nama domain. Jika Anda pernah mendengar sebuah merk Very Jane, inilah kisahnya. Very Jane merupakan sebuah website diskon harian produk butik khusus wanita. Pemiliknya menunggu sampai 2 tahun dan menunda keuntungan jutaan dolar untuk berganti brand (nama domain) di pertengahan tahun. Kenapa mereka menunggu? Karena nama domain yang dinginkan belum tersedia waktu itu.

Nama situs baru akan diumumkan pada tanggal 10 September dengan URL baru, www.jane.com bersamaan dengan nama baru untuk Very Jane menjadi lebih pendek Jane.

Sang CEO berpendapat bahwa “Jane memungkinkan mereka berkomunikasid engan sendirinya tentang bisnis yang dijalankan, gaya wanita dalam berbusana, aksesoris dan rumah dalam satu kata singkat”. “Kami memiliki kesempatan mendapatkan domain jane.com dan melihatnya sebagai cara sederhana untuk membedakan bisnis kami dalam pasar yang kompetitif dengan tetap menawarkan harga diskon terbaik, pelayanan konsumen dan kepuasan penjual”.

Andrew Rosener, CEO dari domain brokerage berkomentar dalam perubahan nama domain tersebut, “Pengambil alihan nama domain jane.com dan perubahan dari Veryjane.com menjadi lebih pendek yaitu satu kata nama domain, adalah keputusan bisnis yang hebat”

Komentar Rosener sangatlah bermakna. Nama domain satu kata sangatlah jarang saat ini. Jika kita iseng memeriksa di instantdomainsearch.com untuk melihat kata “jane”, kita akan menemukan satu nama tersedia (dengan harga murah) yaitu jane.co. Yang menarik adalah beberapa nama domain mirip lainnya seperti tjane, ljane, jackjane dan mjane ditawarkan untuk harga lumayan berkisar $1,400 sampai $2,500.

Nah jadi tidak hanya jane.com lebih singkat, mudah diingat dan cepat untuk diketikan melalui mobile gadget, nama itu juga mengurangi kemungkinan merk ditiru atau disaingi melalui berbagai variasi nama domain seperti justjane.com atau alljane.com atau myjane.com. Hanya ada satu jane.com dan sekarang nama domain itu sudah menjadi merk bisnis populer.

Menggunakan kisah nama domain tersebut, kita bisa memilih nama domain terbaik dengan menyesuaikan nama bisnis kedalam “.com” dan membuat langkah berikutnya dengan membeli nama domai sesuai nama bisnis di masa mendatang. Namun, langkah terbaik adalah melakukan tahapan itu dengan tepat.

Bagaimana cara memilih nama domain terbaik yang cocok untuk merk bisnis?

5 Tips Memilih Nama Domain Terbaik

Nama Merk

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mempertimbangkan bahwa URL yang diinginkan tersedia, kemudian pilih nama merk yang sesuai jika memungkinkan. Jadilah kreatif, lakukan riset dan lihat siapa saja yang sudah menggunakan nama pilihan Anda. Usahakan tetap orisinil, menarik dan inovatif saat menamai merk bisnis ibarat memberi nama atas produk yang dihasilkan.

Hubungkan Merk Bisnis dengan Nama Domain

Nama domain Anda sebaiknya sesuai dengan nama merk bisnis. Selalu pilih satu nama domain yang tidak perlu penjelasan tambahan.

Jangan Pilih Nama Domain Berdasarkan Kata Kunci di URL

Kata kunci utama bukanlah faktor penentu peringkat tinggi untuk nama domain meskipun ini tetap berpengaruh. Pikirkanlah sesuatu yang mudah diingat, berkaitan dengan sebuah merk dan tersedia sebagai nama domain namun jangan terlalu terobsesi. Usahakan tetap singkat dan sederhana.

Jangan Mencoba Jadi Jenius

Lupakan nama domain yang sulit dieja, panjang dan kata-kata jenius atau apapun yang terlalu kompleks kecuali Anda memang ingin membuatnya seperti itu. bantulah diri Anda sendiri, buanglah nama lucu dan jangan gunakan angka. Tips terbaik? Gunakan nama dengan kemungkinan satu ejaan saja.

Ekstensi Nama Domain Berpengaruh

Pada pertengahan tahun 2013, terdapat 110 juta .com, 15 juta .net dan 10 juta .org nama domain di internet. Hal ini karena mayoritas orang berpikir .com adalah satu-satunya pilihan terbaik. Apa menurut Anda?

Hal lainnya Terkait Nama Domain

Pastikan Anda tidak melanggar hak cipta orang lain dalam memilih nama domain terbaik. Selalu daftarkan nama domain untuk jangka panjang. Pilihlah platform ternama seperti Blogger atau WordPress atau platform lainnya.

Siap Terapkan Tips Memilih Nama Domain Terbaik?

Proses pemikiran dalam pemilihan nama domain terbaik untuk blog atau website sama pentingnya dengan memilih desain blog atau website. Sama seperti menjalankan bisnis, menjadi sabar dan luwes dalam menemukan nama domain yang mudah diingat dan berpotensi sukses untuk sebuah blog atau website memerlukan strategi rasional.

Tips Penting lainnya:

Apakah Anda sudah pernah memilih nama domain terbaik untuk blog atau website?

 

4 Comments

  1. Bulnop Januari 25, 2014
  2. Sulham syahid Januari 26, 2014
    • Okto Januari 27, 2014
  3. Okto Januari 27, 2014
  4. Pingback: Belajar Bisnis Online Untuk Pemula Oktober 15, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge

Buat Tabungan dapat Secure Credit CardTabungan Online Bank Sinarmas
+