1001 Cara Meningkatkan Pageviews Blog

Apa sih Pageviews? Apa pentingnya pageviews?

Jika Anda memiliki blog, mendatangkan banyak pengunjung dan membuat pengunjung betah berlama-lama sangatlah penting untuk mempertahankan jumlah pengunjung bulanan. Sebuah riset mengungkap bahwa pada umumnya pengunjung blog melihat lebih dari satu halaman dalam setiap kunjungan ke sebuah website. Atas setiap halaman website yang dilihat pengunjung itulah yang disebut pageviews. Ini merupakan langkah awal menuju sukses belajar internet marketing.

Jumlah pageviews yang meningkat bisa jadi pertanda positif akan popularitas sebuah website. Pageviews yang tinggi juga berpengaruh terhadap penentuan tarif iklan yang bisa dipasang di sebuah website. Semakin tinggi pageviewsnya maka hampir pasti semakin tinggi tarif iklan yang ditawarkan. Jumlah pageviews yang tinggi juga menunjukkan minat pengunjung atas sebuah blog. Alhasil, jika blog tersebut menggunakan cara monetisasi “banner PPC” kemungkinan jumlah klik meningkat semakin besar.

Itulah beberapa sebab utama masalah “pageviews” menjadi topik bahasan menarik bagi siapapun yang memiliki website. Lantas bagaimana kita bisa meningkatkan pageviews blog agar popularitas blog bisa terus menanjak?

Informasi Terkait

Informasi terkait bisa berbentuk apa saja tergantung pemilik blog itu sendiri. Apakah artikel terkait, berita terkait, atau apapun namanya yang terpenting “bagian” ini menawarkan pengunjung melihat-lihat informasi lainnya dalam sebuah blog yang juga bermanfaat atau sekedar menarik untuk diketahui. Apapun bentuknya, sebaiknya blog menampilkan fitur “informasi terkait” ini jika ingin meningkatkan pageviews blog tersebut.

Link dalam konten

Apapun kontennya, sebuah blog bisa dihubungkan dari satu konten ke konten lainnya dengan fitur “insert link”. Link yang menghubungkan satu konten dengan konten lainnya inilah yang dinamakan link dalam konten. Link dalam konten sangat efektif untuk meningkatkan pageviews blog karena pengunjung blog cukup ngeklik link yang disediakan untuk mengetahui informasi terkait lainnya sesuai topik yang sedang dilihatnya.

Link bagian dalam konten

Sedikit berbeda dengan “link dalam konten”, link bagian dalam konten ini lebih kentara dalam mengajak pengunjung melihat konten lainnya.

Misalkan dalam suatu konten “tips menghasilkan uang online” ditengah pembahasan tips tersebut pembaca diajak untuk mengetahui juga “marketing afiliasi”. Biasanya akan ada kalimat ajakan seperti “baca : Baca : Cara Meraih $2,000,- dalam 9 Bulan Melalui Marketing Affiliasi ” atau “ baca juga: “Baca : Cara Meraih $2,000,- dalam 9 Bulan Melalui Marketing Affiliasi”.

Daftar Konten

Seiring dengan rutinitas blog maka setelah beberapa lamanya tidak terasa blog mulai dipenuhi konten. Nah, jika sudah demikian buatlah daftar konten untuk menarik minat pengunjung mengetahui lebih dalam soal tips yang dibagikan.

Dalam membuat daftar konten sebaiknya daftar yang diberikan masih berada dalam satu topik, misalkan seperti ini:

Kita ingin berbagi tips membuat blog sukses, target pembacanya adalah mereka yang sudah memiliki blog namun memiliki masalah dengan performa blognya (masalah umum biasanya trafik blog dan peluang bisnis dalam blog itu sendiri). Maka contoh daftar konten yang bisa diberikan misalnya :

Tips Membuat Blog Sukses

Buat Daftar Kategori Konten

Dalam hal ngeblog, kita bisa mengelompokan konten-konten yang ada kedalam satu kategori yang sama. Misalkan berbagai tips tentang “pengunjung blog” berada dalam kategori “trafik blog”. Seandainya pengunjung ngeklik “trafik blog” mereka akan disuguhkan dengan berbagai konten terkait tips menambah pengunjung blog yang sudah diterbitkan di blog kita.

Buat Postingan Berseri

Postingan berseri maksudnya adalah postingan yang terdiri dari beberapa bagian. Biasanya postingan berseri tidak membahas semuanya sekaligus namun bertahap. Salah satu contoh postingan berseri yang ada di sini adalah “peluang bisnis dari rumah” yang sejauh ini sudah sampai seri ke-6 dan akan terus berlanjut.

Beri sesuatu yang menarik

Blog bukanlah sekedar tempat berbagi konten. Blog yang menarik adalah blog yang tidak saja ramai pengunjung tapi juga pengunjung itu merasa bagian dari blog tersebut. Membuat hal menarik tidaklah sesulit yang dibayangkan. Hal sederhana seperti menjawab pertanyaan pengunjung sudah cukup member daya tarik untuk sebuah blog. Hal lainnya adalah dengan berbagi “suatu proses” melalui konten-konten blog yang diterbitkan. Dengan begitu pengunjung akan merasakan nuansa yang lebih dekat dengan blog yang dikunjunginya. Hal seperti ini juga tidak terlalu sulit diciptakan, hal sederhana seperti cara saya mendapatkan 1000 pengunjung unik setiap hari selama satu bulan bisa menjadi suatu hal yang menarik untuk diikuti prosesnya dari awal sampai akhir, terlepas dari hasilnya berhasil ataupun tidak.

Aktif Promosi

Jika ingin meningkatkan jumlah pageviews blog, sebaiknya kita harus aktif mempromosikan konten-konten di blog kita. Terkadang pembaca tidak tahu apa yang ingin dibacanya, nah pada kondisi inilah promosi Anda sangat berperan dalam meningkatkan pageviews blog. Banyak tempat bisa dijadikan promosi, mulai dari media sosial sampai ribuan situs pasang iklan gratis.

Belajar SEO

Salah satu kendala dalam hal ngeblog adalah waktu. Sedikitnya waktu yang kita punya menyebabkan kita tidak bisa meluangkan waktu untuk promosi. Akhirnya, pageviews blog kita tidak terlalu mengesankan. Untuk menyiasati ini, pelajarilah SEO. Dengan pemahaman yang baik akan SEO, kita bisa secara pasif terus mendatangkan pengunjung meskipun kita tidak aktif mempromosikan konten blog. Untuk memudahkan silahkan dapatkan eBook gratis SEO artikel ini sebagai bahan bacaan.

Awal Menuju 1001 Cara Meningkatkan Pageviews Blog

Nah itulah 9 cara meningkatkan pageviews blog yang ampuh untuk dicoba. Ehhh … bentar dulu, katanya ada 1001? Saya yakin masih banyak sekali cara meningkatkan pageviews blog. Dari saya 9 cara dulu untuk pemanasan, selanjutnya rekan-rekan silahkan berbagi tips ngeblog meningkatkan pageviews lainnya di kolom komentar.

10 Comments

  1. Sisada Desember 28, 2014
  2. Eka Rangga Januari 25, 2015
  3. Jual Gorden Februari 4, 2015
  4. andylaw Januari 18, 2016
  5. Tatang Tox April 18, 2016
    • Okto April 18, 2016
  6. DIlan Deswara Juni 13, 2016
  7. Ihsan November 2, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge

Pinjam Uang Untuk Lebaran Secara Online. Aman, Nyaman, PraktisPinjam Uang
+