Mengapa Sulit Menurunkan Peringkat Alexa Blog Saya?

Banyak blogger yang kerap menanyakan “mengapa sulit menurunkan peringkat alexa blog saya?”. Apakah makna yang terkandung dibalik pertanyaan itu?

Jika Anda perhatikan lebih jauh lagi, banyak juga blog-blog yang menampilkan peringkat alexa blog mereka di halaman depan.

Fenomena ini menunjukkan bahwa alexa memegang peran penting dalam perkembangan sebuah blog. Semakin kecil peringkat alexa yang dimiliki sebuah blog maka semakin baik. Setidaknya itulah pendapat mayoritas pengguna internet.

Pengaruh peringkat alexa sebuah blog menjadi semakin penting jika sudah melihat sisi komersial, peringkat alexa menunjukkan nilai komersial sebuah blog/website untuk tujuan bisnis.

Dimana letak komersialnya?

Tentu saja calon pembeli. Baik itu peminat untuk membeli blog itu dengan harga tertentu ataupun untuk memasang iklan di blog itu. Setidaknya itulah tujuan pemilik blog bekerja keras menurunkan peringkat alexa blog/website yang dimilikinya.

Pada dasarnya peringkat alexa bermula dari 1 sampai jutaan. Semakin besar peringkat Alexa suatu blog/website maka semakin tidak baik nilai blog itu untuk tujuan bisnis karena dianggap memiliki traffic blog yang rendah.

Ini berarti jika Anda memiliki blog dengan peringkat alexa di bawah 100.000 maka blog Anda bisa dikatakan memiliki jumlah pengunjung yang cukup baik. Jika peringkat sebuah blog adalah 3.000.000 ke atas maka bisa dikatakan blog itu relatif masih baru atau bahkan belum memiliki traffic harian yang cukup untuk menunjang sebuah bisnis online.

Jika peringkat alexa blog Anda katakanlah pada kisaran 300.000 maka Anda memiliki traffic blog 10 kali lipat lebih banyak dibandingkan blog yang memiliki peringkat alexa 3.000.000. Tapi tahukah Anda, penghitungan sederhana ini belum tentu akurat karena alexa membutuhkan waktu untuk memberikan peringkat pada sebuah blog.

Mengapa demikian? Karena peringkat alexa bergantung pada jumlah pertukaran pengunjung blog yang menggunakan alexa toolbars. Kunjungan rutin yang dilakukan oleh sebuah blog yang memiliki alexa toolbars dapat mendongkrak peringkat blog lain yang dikunjungi.

Lantas, kenapa juga bila Anda sudah menerapkan segala tips untuk melangsingkan peringkat alexa blog Anda namun kenyataannya peringkat alexa blog Anda tetap besar?

Bagaimana Menurunkan Peringkat Alexa Sebuah Blog?

Peringkat alexa blog ini sendiri mulai pada kisaran 14.000.000 sejak pertama kali dimulai pada bulan Januari 2012. Dengan frekuensi pembaharuan artikel rata-rata seminggu sekali maka peringkat alexa blog per 5 November 2012 adalah :

Memang tidak begitu signifikan, namun peringkat alexa blog dapat terus menurun secara konsisten dengan 3 tips berikut ini …..

3 Tips Menurunkan Peringkat Alexa Sebuah Blog atau Website

Pada dasarnya peringkat alexa banyak diperdebatkan khususnya berkaitan dengan kesempurnaan sistem alexa dalam memberi peringkat. Namun terlepas dari itu, peringkat alexa merupakan salah satu sistem pemeringkat terbaik yang pernah ada, dan yang lebih baik lagi adalah pembaharuan peringkat secara rutin yang dilakukan sistem alexa.

Melalui pembaharuan ini Anda dapat memantau pergerakan peringkat alexa blog/website Anda setiap saat. Nah berdasarkan pengalaman dalam mengembangkan blog ini maka saya menemukan 3 tips utama yang sangat baik untuk menurunkan peringkat alexa blog/website.

1. Tambah Link Berkualitas pada Blog Anda

Metode ini sepertinya sudah cukup banyak dilakukan namun unsur “kualitas” yang kerapkali dilupakan. Kualitas link yang didapatkan sebuah blog dan berapa sering sebuah blog mendapatkan link berkualitas memberikan dampak signifikan atas peringkat alexa sebuah blog.

Jika Anda perhatikan maka sebuah blog atau website yang memiliki link berkualitas maka peringkat alexa blog itu akan semakin menurun meskipun traffic blognya tidak terlalu besar.

Anda perlu mengetahui bahwa link di sini bukanlah link yang berasal dari mekanisme pertukaran link melainkan link yang berasal dari blog atau website berkualitas yang telah diberi peringkat baik oleh Alexa itu sendiri.

Jadi secara mudah jika Anda mendapatkan link dari blog yang memiliki peringkat alexa lebih kecil dari peringkat alexa blog Anda dan blog itu memiliki topik yang sama maka peringkat alexa blog Anda akan segera membaik.

Alexa juga bekerja seperti halnya mesin pencari dimana mereka memiliki sistem penjelajah (crawlers) dan memberi peringkat blog atau website secara harian, indikasi bertambahnya link berkualitas yang didapatkan blog Anda, maka semakin baik peringkat alexa yang didapatkan blog Anda.

2. Perbaharui Konten Blog/Website Lebih Sering

Jika Anda perhatikan cara kerja mesin pencari maka Anda bisa melihat bahwa mesin pencari akan memberi posisi yang lebih baik kepada blog/website yang selalu melakukan pembaharuan konten dibanding blog/website yang jarang melakukannya. Cara kerja ini berlaku juga untuk alexa. Semakin sering Anda melakukan pembaharuan konten semakin baik peringkat alexa blog Anda.

Tapi ingatlah, ini tidak berarti Anda dapat melakukan pembaharuan konten seenaknya tanpa memperhatikan kualitas. Kualitas konten akan membuat pengunjung selalu kembali ke blog Anda untuk selalu menikmati pembaharuan konten blog Anda.

3. Kualitas Traffic Blog

Traffic blog memang memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sebuah website/blog. Tidak terkecuali alexa, traffic memiliki pengaruh kepada peringkat alexa sebuah website/blog.

Banyak yang meragukan keakuratan sistem alexa untuk menilai banyak atau sedikitnya traffic blog yang dimiliki sebuah blog, namun terlepas dari keraguan itu, jumlah traffic blog yang Anda dapatkan memang memiliki pengaruh kepada peringkat alexa blog Anda.

Memang sistem alexa bekerja lebih cepat melalui toolbars yang digunakan dan sistem alexa juga sangat bergantung pada pengguna yang sudah menggunakan toolbars itu dan mengunjungi blog Anda. Sistem ini membuat pengunjung akan semakin sering berkunjung kepada blog-blog yang memiliki peringkat alexa sangat baik dengan berbagai tujuan, salah satu yang utama adalah membuat link melalui komentar. Jika sudah demikian maka akan semakin banyak yang menggunakan toolbars itu untuk tujuan yang sama.

Alasan lain kenapa kualitas traffic menjadi penting adalah karena sistem alexa tidak hanya menghitung jumlah pengunjung blog tapi juga jumlah pageviews dan berapa lama setiap pengunjung menghabiskan waktunya di website/blog Anda. Dan cara utama untuk mendapatkan ini adalah dengan menciptakan konten blog yang sangat berkualitas.

Itulah mengapa banyak yang mengeluhkan peringkat alexa blognya tetap besar meskipun jumlah traffic blog sangat besar. Jika blog/website Anda mengalami hal ini maka cobalah untuk menganalisa pengunjung blog/website Anda. Pelajari darimana mereka datang dan berapa lama waktu yang mereka habiskan di blog Anda. Jika Anda dapat memahami ini dan melakukan perbaikan maka Anda akan mendapatkan perubahan yang signifikan terhadap peringkat alexa blog/website Anda.

Sehingga pada dasarnya, sistem peringkat alexa tidak memberi peringkat berdasarkan jumlah pengunjung suatu blog/website melainkan kualitas pengunjung blog/website itu sendiri. Ini bisa diartikan jika Anda mendapatkan 100.000 pengunjung dalam sebulan dari facebook atau twitter masih tidak lebih baik dibandingkan dengan 1000 pengunjung dalam sebulan yang didapatkan blog lain melalui artikel tamu yang berkualias.

Selain penulis tamu, traffic blog yang berasal dari berkomentar di blog lain juga berpengaruh sangat baik atas peringkat alexa sebuah blog/website.

Apakah Peringkat Alexa itu Penting?

Secara singkat ya, peringkat alexa itu penting. Namun perlu diingat bahwa Anda perlu mengedepankan kualitas konten blog Anda dalam mengejar peringkat alexa yang Anda inginkan.

Jika Anda masih dalam tahap pengembangan sebuah blog/website maka jangan terpaku pada peringkat alexa yang didapatkan blog/website Anda.Utamakan interaksi dengan pengunjung blog dan kualitas konten blog yang Anda berikan.

Kualitas konten merupakan hal terpenting untuk meningkatkan perhatian pengunjung kepada blog Anda. Jika konten blog/website Anda berkualitas tentu pengunjung akan merekomendasikan blog Anda kepada pengunjung lainnya. Jika sudah demikian maka bukan tidak mungkin jumlah pembaca blog/website Anda akan semakin besar seiring dengan bertambahnya konten berkualitas di blog Anda.

Baca artikel lainnya :
Panduan Singkat Menjadi Penulis Tamu
Cara Membuat Artikel Yang Berpengaruh di Internet
Cara Menggunakan Google Analytics untuk Meningkatkan Traffic Blog
Cara Menambah Traffic Blog dengan Berkomentar di Blog Lain

Kami rekomendasikan Anda membaca :
Bagaimana Anda Bisa Menghasilkan Uang Lewat Blog?
Apakah Unique Selling Proposition itu?
Cara Menghasilkan $2,000 melalui Marketing Afiliasi



Nah, apakah Anda pernah mengalami kesulitan menurunkan peringkat alexa blog Anda? Apa yang Anda lakukan untuk memperbaikinya selain menggunakan toolbars alexa? Jangan sungkan untuk berbagi dengan pembaca lainnya ya :D

Panduan Gratis Mendulang Dollar Dari Internet
Comments
  1. susah bener ya menurunkan alexa. punya saya msh segitu-gitu aja.

    makasih sob dah berbagi tips mengenai alexa.
    Nakusan recently posted..Windows 7 Manager 4.1.6 FullMy Profile

    • Okto

      Sebenarnya itu perlu waktu. Yang terpenting adalah update konten berkualitas :)

      • itu ya susah bikin artikel yg berkualitas. konten yg berkualitas itu sprti apa ya bang?
        Nakusan recently posted..Windows 7 All Edition SP1My Profile

        • Okto

          Berkualitas sebenarnya relatif, artinya pendapat setiap orang bisa berbeda dalam menentukan mana yang berkualitas. Namun dalam dunia artikel online untuk blog maka ada hal-hal mendasar (menurut pengalaman saya) dalam menciptakan artikel di internet yang berkualitas :

          1. Judul “bombastis” atau spesifik : artikel online ibarat pamflet iklan. Buatlah judul berbicara banyak tentang isi artikel. Sama halnya sebuah iklan bisnis, kita hanya punya waktu sekitar 3 detik untuk mengunci kesan pembaca lewat judul artikel Anda. Semakin bombastis semakin penasaran sang pembaca untuk meneruskan membaca sampai selesai.
          2. Keterkaitan isi dengan judul “yang bombastis” : Jangan membuat pembaca seolah merasa tertipu. Banyak blogger menggunakan judul bombastis hanya untuk menarik minat pembaca (termasuk mengejar SERPs/Search Engine Rank Pages), namun setelah dibaca isi nya sama sekali tidak berkaitan.
          3. Gunakan bahasa yang baik agar pesan penulis mudah dimengerti : Ini hanyalah pilihan, Anda bisa saja memilih bahasa yang nyaman Anda gunakan. Namun jika Anda pemain baru di internet maka bahasa yang baik dan mudah dimengerti (bukan oleh Anda sendiri) merupakan cara aman untuk menarik minat pembaca sebanyak mungkin. berbeda jika Anda sudah memiliki komunitas sendiri yang menerima gaya bahasa Anda
          4. Terstruktur : Banyak yang mengabaikan hal ini. Padahal, artikel yang terstruktur dengan baik memudahkan pembaca dalam mencari manfaat yang dapat mereka ambil dari artikel Anda. Jika pembaca merasa artikel Anda bermanfaat, maka mereka akan dengan senang hati selalu kembali untuk membaca dan megambil setiap manfaat dari apa yang Anda tulis. Pada dasarnya prinsip informasi dalam sistem laporan sebuah liputan berita bisa digunakan, artinya dalam satu artikel Anda cobalah untuk memuat 5 W + 1 H (who, what, when, why, where dan how), dengan demikian pembaca mendapatkan informasi yang lengkap.

          Secara mendasar 4 hal itu yang utama, untuk lebih jelas saya akan membuat post khusus untuk itu. Terima kasih atas pertanyaan yang sangat inspiratif ini ya :). Semoga bermanfaat

  2. wah hebat donk mas okto, cuma update artikel blog seminggu sekali peringkat alexanya turun drastis dari 14 juta jadi 400 ribu dalam jangka waktu 10 bulan. kalau saya baru sebulan ngeblog alexnya baru 6 jutaan dengan frekuensi update artikel 4 kali semingu, yah lumayan daripada lu manyun hehehe..

    saya masih bingung alias belum paham kalau peringkat alexa dipengaruhi salah satunya oleh alexa toolbar. jadi timbul pertanyaan begini, peringkat alexa blog mana yang lebih cepat turunnya antara blog dengan 1000 pengujung yang memasang alexa toolbar dibandingkan dengan blog berpengunjung 10000 namun tidak memasang alexa toolbar? terimakasih atas jawabannya mas okto :)
    Denggol recently posted..Aplikasi Windows 8 TerbaikMy Profile

    • Okto

      Ya terima kasih tapi itu sebenarnya bisa diraih semua blogger bahkan ada yang lebih baik dari saya. Tulisan ini hanya untuk menjawab pertanyaan pembaca yang dikirim ke email saya :).

      Alexa toolbars? Banyak blogger baik dalam negeri maupun luar negeri yang menyarankan untuk instal alexa toolbars di blog untuk mempercepat penurunan peringkat alexa blog. Tapi pada kenyataannya toolbars saja belum cukup, kualitas konten lebih banyak berpengaruh. (saya sendiri tidak memilih untuk menginstal toolbars itu karena satu dan lain hal :) )

      Jika melihat laporan bulanan blog ini, traffic blog ini mulai stabil pada kisaran 1000 – 2000 pengunjung per bulan (baru 2 bulan terakhir). Menurut saya asal pengunjung blog, “average time visit”, “jumlah pageviews” berpengaruh sangat besar di sini dibanding alexa toolbars.

      Misal jika saya berhasil menjadi penulis tamu di blog lain yang mengulas tentang blogging, maka 100 pengunjung yang saya dapatkan dari artikel tamu itu lebih berpengaruh pada peringkat alexa dibandingkan 1000 pengunjung yang saya dapatkan dari facebook. Karena 100 pengunjung itu dinilai lebih berkualitas (berasal dari blog dengan topik sama). Hal yang sama juga berlaku pada blog commenting.

      Jika kita bisa membuat 100 pengunjung itu berlama-lama membaca artikel blog kita maka bisa dipastikan peringkat alexa blog kita akan menyusut dengan segera.

  3. memang banyak ya yang pake alexa toolbar? primbonku ini genduuut banget alexanya… :D
    Ban Jon recently posted..Padang Golf HalimMy Profile

    • Okto

      Banyak yang pakai setahu saya :)

  4. Oh ternyata gitu toh, jadi sedikit mengerti . tapi jika alexa udah mengecil pasti ada kemungkinan membengkak lagi kan? nah mau tanya juga dong. apa aja penyebabnya?

    thx’s
    ipangrock recently posted..SEJARAH MUSIKMy Profile

    • Okto

      Iya benar sekali. Penyebab peringkat alexa kembali memburuk? cara mudahnya adalah kebalikan dari penyebab membaiknya peringkat alexa. Tapi fokuslah kepada aspek kualitas.

      Misal :
      ipangrock.com.

      Jika ingin membangun trafik berkualitas, sebisa mungkin bangunlah komunitas dengan blog musik lainnya, atau hanya berkomentar pada artikel2 yang membahas tentang musik.

      Lalu bagaimana interaksi pengunjung di blog Anda. Apakah pengunjung datang dan membaca atau hanya melihat-lihat saja lalu pergi? Jika mereka membaca, berapa halaman yang dibaca (semakin banyak, maka alexa akan berpikir blog Anda semakin baik). Kemudian berapa lama waktu yang dihabiskan pengunjung? Jika Anda sudah mendapatkan waktu rata-rata misalkan 2 menit, maka jagalah waktu rata-rata itu. Jika kemudian menjadi 3 menit maka peringkat alexa Anda akan meningkat. Namun jika menurun (katakanlah menjadi 1 menit atau kurang), maka peringkat alexa Anda akan digeser oleh blog lain yang memiliki tingkat interaksi pengunjung lebih baik.

      Terima kasih kunjungannya. :)

  5. susah juga memang menurunkan traffic alexa, entah gemana caranya walaupun di google analytics pengunjung blog antara 200 sampai 300, terkadang kalo ada artikel yang laku bisa sampe 500. sayangnya peringkat alexa saya masih sekitar 2jt #sedih-juga
    Fakry Naras Wahidi recently posted..Review Tekken Tag Tournament 2My Profile

  6. jadi trafik ga terlalu ngaruh ya mas?
    oh ya, kenapa pengunjung mas lebih banyak yang di India? ato jangan2 orang india ya? hehe :D
    Bayu Susanto recently posted..Yang Bisa Blogger Pelajari dari Felix BaumgartnerMy Profile

    • Okto

      Tergantung jenis trafik-nya. Jika trafik yang didapatkan dari blog dengan tema sama, meskipun hanya 100 per bulan efeknya lebih baik dari pada 1000 trafik dari media sosial seperti facebook atau media sosial lain.

      Terima kasih kunjungannya :)

  7. ferryep

    peringkat alexa untuk saya sangat penting untuk mengetahui seberapa berkualitasnya blog yang saya buat.usaha yang saya lakukan tiap hari adalah blogwalking dan menulis artikel berkualitas yang tidak asal copas meski sulit sekali sebenarnya.
    ferryep recently posted..Cara cepat shut down di windows 8My Profile

    • Okto

      Terima kasih sudah berbagi pandangan :)

  8. izin coba sobat, jangan lupa mampir
    Anggi recently posted..R.I.P : Mitch Lucker Suicide SilenceMy Profile

  9. Alexa rank bisa sangat bermanfaat untuk menigkatkan citra positif blog.
    Alexa rank juga bisa menjadi parameter aktifitas dan kinerja sebuah blog. jadi kalu itu bisa memberi nilai tambah kenapa tidak di usahakan. Terima kasih artikelnya yang memberi pemahaman lebih.
    Zulkifli recently posted..Macau Open 2012My Profile

    • Okto

      Terima kasih sudah berbagi pendapatnya. :)

  10. Siang mas, bagaimana cara memunculkan peringkat alexa domestik (indonesia) ya? Peringkat alexa blog saya (rank in ID) tidak pernah muncul. Tolong dibagi ilmunya.
    Trimakasih sebelumnya..
    Yulistira recently posted..Kegemukan Hambat Kenikmatan SexualMy Profile

    • Okto

      Selamat sore,

      Maaf baru sempat baca setelah kesibukan rutin. Alexa domestik akan muncul dengan sendirinya (otomatis). Alexa membutuhkan waktu setidaknya 3 bulan untuk menentukan peringkat regional tertinggi. Misal, bisa dilihat peringkat alexa blog ini tertinggi adalah Indonesia, disusul India kemudian Amerika Serikat. Artinya mayoritas pengunjung blog ini datang dari Indonesia dst. sesuai peringkat negara yang ditampilkan.

      Jadi jika ingin muncul peringkat Indonesia, harus berusaha mendatangkan pengunjung asal Indonesia. Semoga berhasil

ADD YOUR COMMENT

*

CommentLuv badge