728x90

Mengapa Sulit Menurunkan Peringkat Alexa Blog Saya?

Banyak blogger yang kerap menanyakan “mengapa sulit menurunkan peringkat alexa blog saya?”. Apakah makna yang terkandung dibalik pertanyaan itu?

Jika Anda perhatikan lebih jauh lagi, banyak juga blog-blog yang menampilkan peringkat alexa blog mereka di halaman depan.

Fenomena ini menunjukkan bahwa alexa memegang peran penting dalam perkembangan sebuah blog. Semakin kecil peringkat alexa yang dimiliki sebuah blog maka semakin baik. Setidaknya itulah pendapat mayoritas pengguna internet.

Pengaruh peringkat alexa sebuah blog menjadi semakin penting jika sudah melihat sisi komersial, peringkat alexa menunjukkan nilai komersial sebuah blog/website untuk tujuan bisnis.

Dimana letak komersialnya?

Tentu saja calon pembeli. Baik itu peminat untuk membeli blog itu dengan harga tertentu ataupun untuk memasang iklan di blog itu. Setidaknya itulah tujuan pemilik blog bekerja keras menurunkan peringkat alexa blog/website yang dimilikinya.

Pada dasarnya peringkat alexa bermula dari 1 sampai jutaan. Semakin besar peringkat Alexa suatu blog/website maka semakin tidak baik nilai blog itu untuk tujuan bisnis karena dianggap memiliki traffic blog yang rendah.

Ini berarti jika Anda memiliki blog dengan peringkat alexa di bawah 100.000 maka blog Anda bisa dikatakan memiliki jumlah pengunjung yang cukup baik. Jika peringkat sebuah blog adalah 3.000.000 ke atas maka bisa dikatakan blog itu relatif masih baru atau bahkan belum memiliki traffic harian yang cukup untuk menunjang sebuah bisnis online.

Jika peringkat alexa blog Anda katakanlah pada kisaran 300.000 maka Anda memiliki traffic blog 10 kali lipat lebih banyak dibandingkan blog yang memiliki peringkat alexa 3.000.000. Tapi tahukah Anda, penghitungan sederhana ini belum tentu akurat karena alexa membutuhkan waktu untuk memberikan peringkat pada sebuah blog.

Mengapa demikian? Karena peringkat alexa bergantung pada jumlah pertukaran pengunjung blog yang menggunakan alexa toolbars. Kunjungan rutin yang dilakukan oleh sebuah blog yang memiliki alexa toolbars dapat mendongkrak peringkat blog lain yang dikunjungi.

Lantas, kenapa juga bila Anda sudah menerapkan segala tips untuk melangsingkan peringkat alexa blog Anda namun kenyataannya peringkat alexa blog Anda tetap besar?

Bagaimana Menurunkan Peringkat Alexa Sebuah Blog?

Peringkat alexa blog ini sendiri mulai pada kisaran 14.000.000 sejak pertama kali dimulai pada bulan Januari 2012. Dengan frekuensi pembaharuan artikel rata-rata seminggu sekali maka peringkat alexa blog per 5 November 2012 adalah :

Memang tidak begitu signifikan, namun peringkat alexa blog dapat terus menurun secara konsisten dengan 3 tips berikut ini …..

3 Tips Menurunkan Peringkat Alexa Sebuah Blog atau Website

Pada dasarnya peringkat alexa banyak diperdebatkan khususnya berkaitan dengan kesempurnaan sistem alexa dalam memberi peringkat. Namun terlepas dari itu, peringkat alexa merupakan salah satu sistem pemeringkat terbaik yang pernah ada, dan yang lebih baik lagi adalah pembaharuan peringkat secara rutin yang dilakukan sistem alexa.

Melalui pembaharuan ini Anda dapat memantau pergerakan peringkat alexa blog/website Anda setiap saat. Nah berdasarkan pengalaman dalam mengembangkan blog ini maka saya menemukan 3 tips utama yang sangat baik untuk menurunkan peringkat alexa blog/website.

1. Tambah Link Berkualitas pada Blog Anda

Metode ini sepertinya sudah cukup banyak dilakukan namun unsur “kualitas” yang kerapkali dilupakan. Kualitas link yang didapatkan sebuah blog dan berapa sering sebuah blog mendapatkan link berkualitas memberikan dampak signifikan atas peringkat alexa sebuah blog.

Jika Anda perhatikan maka sebuah blog atau website yang memiliki link berkualitas maka peringkat alexa blog itu akan semakin menurun meskipun traffic blognya tidak terlalu besar.

Anda perlu mengetahui bahwa link di sini bukanlah link yang berasal dari mekanisme pertukaran link melainkan link yang berasal dari blog atau website berkualitas yang telah diberi peringkat baik oleh Alexa itu sendiri.

Jadi secara mudah jika Anda mendapatkan link dari blog yang memiliki peringkat alexa lebih kecil dari peringkat alexa blog Anda dan blog itu memiliki topik yang sama maka peringkat alexa blog Anda akan segera membaik.

Alexa juga bekerja seperti halnya mesin pencari dimana mereka memiliki sistem penjelajah (crawlers) dan memberi peringkat blog atau website secara harian, indikasi bertambahnya link berkualitas yang didapatkan blog Anda, maka semakin baik peringkat alexa yang didapatkan blog Anda.

2. Perbaharui Konten Blog/Website Lebih Sering

Jika Anda perhatikan cara kerja mesin pencari maka Anda bisa melihat bahwa mesin pencari akan memberi posisi yang lebih baik kepada blog/website yang selalu melakukan pembaharuan konten dibanding blog/website yang jarang melakukannya. Cara kerja ini berlaku juga untuk alexa. Semakin sering Anda melakukan pembaharuan konten semakin baik peringkat alexa blog Anda.

Tapi ingatlah, ini tidak berarti Anda dapat melakukan pembaharuan konten seenaknya tanpa memperhatikan kualitas. Kualitas konten akan membuat pengunjung selalu kembali ke blog Anda untuk selalu menikmati pembaharuan konten blog Anda.

3. Kualitas Traffic Blog

Traffic blog memang memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sebuah website/blog. Tidak terkecuali alexa, traffic memiliki pengaruh kepada peringkat alexa sebuah website/blog.

Banyak yang meragukan keakuratan sistem alexa untuk menilai banyak atau sedikitnya traffic blog yang dimiliki sebuah blog, namun terlepas dari keraguan itu, jumlah traffic blog yang Anda dapatkan memang memiliki pengaruh kepada peringkat alexa blog Anda.

Memang sistem alexa bekerja lebih cepat melalui toolbars yang digunakan dan sistem alexa juga sangat bergantung pada pengguna yang sudah menggunakan toolbars itu dan mengunjungi blog Anda. Sistem ini membuat pengunjung akan semakin sering berkunjung kepada blog-blog yang memiliki peringkat alexa sangat baik dengan berbagai tujuan, salah satu yang utama adalah membuat link melalui komentar. Jika sudah demikian maka akan semakin banyak yang menggunakan toolbars itu untuk tujuan yang sama.

Alasan lain kenapa kualitas traffic menjadi penting adalah karena sistem alexa tidak hanya menghitung jumlah pengunjung blog tapi juga jumlah pageviews dan berapa lama setiap pengunjung menghabiskan waktunya di website/blog Anda. Dan cara utama untuk mendapatkan ini adalah dengan menciptakan konten blog yang sangat berkualitas.

Itulah mengapa banyak yang mengeluhkan peringkat alexa blognya tetap besar meskipun jumlah traffic blog sangat besar. Jika blog/website Anda mengalami hal ini maka cobalah untuk menganalisa pengunjung blog/website Anda. Pelajari darimana mereka datang dan berapa lama waktu yang mereka habiskan di blog Anda. Jika Anda dapat memahami ini dan melakukan perbaikan maka Anda akan mendapatkan perubahan yang signifikan terhadap peringkat alexa blog/website Anda.

Sehingga pada dasarnya, sistem peringkat alexa tidak memberi peringkat berdasarkan jumlah pengunjung suatu blog/website melainkan kualitas pengunjung blog/website itu sendiri. Ini bisa diartikan jika Anda mendapatkan 100.000 pengunjung dalam sebulan dari facebook atau twitter masih tidak lebih baik dibandingkan dengan 1000 pengunjung dalam sebulan yang didapatkan blog lain melalui artikel tamu yang berkualias.

Selain penulis tamu, traffic blog yang berasal dari berkomentar di blog lain juga berpengaruh sangat baik atas peringkat alexa sebuah blog/website.

Apakah Peringkat Alexa itu Penting?

Secara singkat ya, peringkat alexa itu penting. Namun perlu diingat bahwa Anda perlu mengedepankan kualitas konten blog Anda dalam mengejar peringkat alexa yang Anda inginkan.

Jika Anda masih dalam tahap pengembangan sebuah blog/website maka jangan terpaku pada peringkat alexa yang didapatkan blog/website Anda.Utamakan interaksi dengan pengunjung blog dan kualitas konten blog yang Anda berikan.

Kualitas konten merupakan hal terpenting untuk meningkatkan perhatian pengunjung kepada blog Anda. Jika konten blog/website Anda berkualitas tentu pengunjung akan merekomendasikan blog Anda kepada pengunjung lainnya. Jika sudah demikian maka bukan tidak mungkin jumlah pembaca blog/website Anda akan semakin besar seiring dengan bertambahnya konten berkualitas di blog Anda.

Baca artikel lainnya :
Panduan Singkat Menjadi Penulis Tamu
Cara Membuat Artikel Yang Berpengaruh di Internet
Cara Menggunakan Google Analytics untuk Meningkatkan Traffic Blog
Cara Menambah Traffic Blog dengan Berkomentar di Blog Lain

Kami rekomendasikan Anda membaca :
Bagaimana Anda Bisa Menghasilkan Uang Lewat Blog?
Apakah Unique Selling Proposition itu?
Cara Menghasilkan $2,000 melalui Marketing Afiliasi



Nah, apakah Anda pernah mengalami kesulitan menurunkan peringkat alexa blog Anda? Apa yang Anda lakukan untuk memperbaikinya selain menggunakan toolbars alexa? Jangan sungkan untuk berbagi dengan pembaca lainnya ya 😀

23 Comments

  1. Nakusan November 5, 2012
    • Okto November 6, 2012
      • Nakusan November 9, 2012
        • Okto November 10, 2012
  2. Denggol November 6, 2012
    • Okto November 6, 2012
  3. Ban Jon November 6, 2012
    • Okto November 6, 2012
  4. ipangrock November 7, 2012
    • Okto November 7, 2012
  5. Fakry Naras Wahidi November 11, 2012
  6. Bayu Susanto November 13, 2012
    • Okto November 13, 2012
  7. ferryep November 15, 2012
    • Okto November 15, 2012
  8. Anggi November 18, 2012
  9. Zulkifli Desember 2, 2012
    • Okto Desember 2, 2012
  10. Pingback: Evaluasi Keywords dengan Alexa Statistic April 16, 2013
  11. Yulistira Mei 21, 2013
    • Okto Mei 21, 2013
      • yulistira Mei 22, 2013
  12. Sisada Desember 29, 2014

Leave a Reply

CommentLuv badge