14 Strategi Pemasaran Startup Indonesia Yang Ampuh Datangkan Profit

Saat berbicara akan bisnis, apalagi bisnis startup Indonesia, aspek promosi bisa mengangkat startup setinggi langit atau sebaliknya terkubur dalam bumi dengan semua kerumitan yang dialami sebuah rintisan bisnis. Sekalipun startup diawali dengan kecil, sebuah bisnis startup tanpa strategi ibarat lomba F1 tanpa arena balap, Anda tidak akan pernah tahu kapan berhasil atau gagal apa yang salah mana yang baik.

Sebuah strategi pemasaran secara umum bergantung pada beberapa aspek seperti pasar, produk Anda dan model bisnis. Namun kecenderungan akhirnya selalu berujung pada uang. Sepertinya tidak ada yang akan membantah bahwa strategi pemasaran startup Indonesia akan dipengaruhi ketersediaan uangnya.

Tidak diragukan lagi bahwa strategi pemasaran sebaiknya disiapkan secara spesifik. Oleh karena itu, ada tiga nilai universal dalam setiap pemasaran bisnis antara lain:

Dengan tiga hal mendasar tadi Anda bisa menterjemahkan sebuah strategi pemasaran startup Indonesia untuk tumbuh besar. Apa saja?

#1 Fokus

Pilihlah target konsumen Anda. Jangan mencoba untuk mendapatkan semuanya karena itu menunjukkan bisnis startup Anda tidak memiliki arah yang jelas.

Mulailah dengan satu hal kecil, fokus dan kembangkan kemudian. Facebook dimulai oleh beberapa orang mahasiswa universitas namun lihat apa jadinya saat ini? Kita, teman Anda, orang tua bahkan sampai kakek dan nenek juga memiliki akun facebook. Ini merupakan contoh nyata akan fokus bisnis startup yang benar.

#2 Media Sosial

Interaksi langsung dengan konsumen yang ada atau bahkan prospek bisnis startup Anda melalui media sosial merapakan cara yang berharga untuk memulai langkah pemasaran produk atau bisnis Anda. Membangun brand  melalui interaksi personal merupakan sebuah praktik yang akan bermanfaat secara jangka panjang.

#3 Konten Berkualitas

Konten informatif, menarik, dan bermanfaat merupakan fondasi pemasaran online dan pemasaran media sosial. Jawablah pertanyaan ini : “Apakah konten Anda layak untuk dibicarakan?” Pengunjung perlu alasan untuk mau melihat bisnis Anda, dan konten berkualitas merupakan alasan terbaiknya.

Promosi online masuk sebagai strategi pemasaran startup Indonesia Anda? Pastikan konten promosi berkualitas.

#4 Perkuat Brand Bisnis

Sebuah strategi pemasaran akan sulit tumbuh besar tanpa adanya identitas brand yang baik. Dalam hal startup, penggunaan SEO, media sosial dan konten berkualitas sangatlah baik untuk memperkuat brand bisnis.

Sebuah bisnis startup sebaiknya mengidentifikasi lebih dulu siapa mereka sebelum menulis konten apapun di website promosi mereka karena sudah sewajarnya brand bisnis akan mempengaruhi cara komunikasi dan model bisnis Anda.

Konsumen akan mengingat sebuah brand sama seperti mereka mengingat teman, kerabat dan keluarga. Jika seseorang tidak yakin siapa mereka, maka tidak akan ada yang menghiraukannya, dan orang itu akan kesulitan mendapatkan teman. Hal yang sama terjadi pada sebuah brand bisnis yang tidak konsisten.

Mari ingat lagi hal penting internal apa saja yang menumbuhkan brand bisnis seperti produk, visi, misi, tujuan, target konsumen, dan persepsi karyawan Anda. Sedangkan hal eksternal adalah pendapat orang lain akan bisnis Anda.

Tentu saja Anda bisa membayar untuk kampanye brand, namun dalam hal bisnis startup Indonesia biaya bisa menjadi pertimbangan utama. Cara mudah mengatasi masalah ini adalah dengan menentukan pertanyaan penting apa yang Anda ingin jawab dan jalankan survey sederhana untuk mendapatkannya.

Pertanyaan sederhana itu seperti: Kenapa bisnis startup Anda lahir?, Apa yang dilakukan bisnis startup Anda, Siapa konsumen Anda? Siapa pesaing utama Anda? Apa produk Anda? Masalah utama apa yang diselesaikan produk Anda? Apa prediksi Anda atas bisnis startup Anda 5 tahun kedepan? Bagaimana Anda menjelaskan budaya kerja bisnis startup Anda?

Pertanyaan diatas dapat dijalankan jika bisnis startup Anda belum memiliki satu orang konsumen sekalipun.

Saat survey sederhana dijalankan, Anda dapat melihat bagaimana Anda ingin terlihat di depan umum. Anda sudah seharusnya mampu menyasar segmen pasar bisnis startup Anda dari pendekatan ini dan membuat sebuah profil konsumen yang akan membantu Anda mengirim pesan marketing yang sesuai segmen pasar.

#5 Mulai Dari Dasar

Saat Anda hanya mencoba meluncurkan bisnis startup, sebaiknya Anda jangan langsung mengejar ide besar. Mulailah dengan keunikan nilai jual bisnis startup Anda. Fokuslah pada karakteristik unik produk bisnis startup Anda dibandingkan pesaing lainnya.

Di tahap awal, sangatlah direkomendasikan agar Anda fokus kepada kelompok tertentu atas segmen pasar mulai dari komentar, masukan, dan permintaan. Perhatikan dan analisa perilaku konsumen Anda. Selanjutnya tidak akan menjadi masalah besar untuk menemukan jalur pendekatan kepada konsumen potensial bisnis startup Anda. Buatlah semuanya sesederhana mungkin.

#6 Perencanaan Anggaran yang Efektif

Ingatlah bahwa modal bisnis startup akan habis sebelum Anda sadari jika Anda tidak merencanakan anggaran bisnis startup dengan baik. Tidaklah menjadi masalah cara Anda mendekati konsumen namun cobalah untuk menggunakan anggaran dengan efektif. Jangan menggunakan prediksi. Jika Anda bisa mengetahui berapa biaya secara pasti yang harus dikeluarkan maka pastikanlah. Ini merupakan cara terbaik untuk efisiensi anggaran dan upaya pencegahan atas ancaman yang mungkin menerpa bisnis startup Anda di masa mendatang.

#7 Inbound Marketing

Cara ini penting jika Anda ingin mendapatkan konsumen berkualitas. Ingin tahu cara memulainya? Perkenalkan diri Anda sebagai seorang ahli dengan menulis berbagai hal sesuai bidang bisnis Anda melalui blog. Anda juga bisa menjadi penulis tamu atau membuat konten dalam berbagai bentuk untuk dibagikan kebanyak pihak.

#8 Jadilah Pintar bukan Pamer

Target Anda adalah untuk menjadi pintar dalam bisnis startup bukan untuk pamer kepada pesaing lainnya. Misalkan Anda menciptakan sebuah kisah menarik seputar produk bisnis atau kampanye marketing Anda. Untuk mendukung itu, pastikan produk Anda benar-benar memberikan janji sesuai dengan kampanye marketing yang dijalankan.

#9 Memahami Sumber Pertumbuhan Ekonomi Bisnis

Sampai tahap ini Anda sudah bisa memahami nilai konsumen. Ini akan memberi Anda informasi akan biaya sebuah transaksi bisnis kemudian jalur marketing, dan akhirnya sumber pertumbuhan bisnis dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Anda akan memahami cara apa yang benar-benar ampuh mendatangkan konsumen yang benar-benar membeli produk yang ditawarkan.

#10 Bangun Kepercayaan

Sebuah bisnis startup akan membutuhkan banyak dukungan dari konsumen dimana hal ini bisa didapat jika ada rasa percaya. Pahami nilai bisnis startup Anda dan sampaikan dengan cara sesingkat mungkin. Anda tidak akan membuat sebuah komunitas atas sebuah produk aplikasi yang bagus tapi Anda pasti membangun komunitas atas kepercayaan konsumen akan kualitas aplikasi yang diproduksi bisnis startup Anda.

#11 Marketing Bermula dan Berakhir pada Konsumen

Fokus hanya kepada produk berkualitas tidak akan berfungsi dalam dunia bisnis sebenarnya karena tidak akan ada konsumen yang akan membeli dengan segera. Anda akan membutuhkan segmentasi untuk memahami potensi pertumbuhan bisnis. Kelompokanlah konsumen berdasarkan piliha yang mereka buat.

Setelah Anda memahami beberapa kelompok yang potensial untuk pertumbuhan bisnis startup, Anda harus memilih kelompok mana yang akan ditarget untuk proses pemasaran. Disinilah Anda akan di coba untuk tidak tergoda mentarget kelompok dengan jumlah terbesar. Anda harus menyesuaikan kapasitas bisnis dengan target segmen pasar.

#12 Menjaga Kepuasan Konsumen

Untuk sukses dengan bisnis startup, terapkanlah media yang paling efisien dalam hal biaya untuk berkomunikasi dan berikan produk bisnis sesuai dengan ekspektasi konsumen. Cobalah untuk selalu terhubung dengan konsumen-konsumen yang sudah menyatakan “puas” akan produk bisnis startup Anda.

Jangan menyerah jika ada konsumen yang tidak puas, hadapilah, identifikasi dan respon mereka dengan penuh perhatian.

#13 Terapkan Uji Coba

Uji coba bisa bermakna segalanya. Mulailah dengan sebuah perencanaan yang matang sebelum memulai sebuah strategi apapun.

#14 Pendekatan Komprehensif “Bottom-Up

Pendekatan ini dilakukan untuk menemukan produk bisnis startup yang tepat sebelum menggelontorkan dana tambahan baik itu untuk marketing ataupun pengembangan produk lebih lanjut. Mulailah dari konsumen, kemudian jalur marketing yang cocok dan baru masukan produk yang tepat.

Itulah kesemua strategi pemasaran startup Indonesia yang ampuh datangkan profit

Sebelum mempraktikan strategi pemasaran startup ini ingatlah bahwa jika Anda berbicara tentang pemasaran maka pemain terbaik bukanlah seorang “bintang” dan sebaliknya, seorang “bintang” tidak selalu menjadi pemain terbaik dalam dunia pemasaran startup. Tujuan marketing adalah untuk mengenal dan memahami konsumen sebaik mungkin agar produk atau jasa dapat sesuai kebutuhan konsumen dan “menjual” dengan sendirinya.

Leave a Reply

CommentLuv badge

XL PAKET DATA KAMU MAU HABIS TUHH! 19GB CUMA RP73RB (DISKON 18%) CEPETAN ISIBELI SEKARANG
+