Categories: Properti

Pintu Harmonika Bekas atau Baru? Apa Yang Perlu Diperhatikan

Pintu harmonika bekas bukan tidak mungkin menarik perhatian Anda untuk dibeli. Maklum saja pintu merupakan fitur keamanan penting untuk sebuah aset properti. Keamanan merupakan hal yang sangat penting untuk anda perhatikan.

Apalagi keamanan tersebut mengarah kepada para pengusaha toko kelontong di pinggir jalan besar. Ada beberapa kiat agar toko kita tetap aman, yaitu dengan memasang cctv, memasang gerbang, menggunakan pintu anti bobol dan lain sebagainya. Salah satu cara untuk menambah keamanan kita ialah dengan memasang pintu harmonika atau pintu harmonika.

Kita tahu bahwasanya folding gate atau biasa disebut dengan pintu harmonika identik dengan toko kelontong atau ruko (rumah toko). Pintu jenis ini dinilai sangat aman dan mudah untuk digunakan. Pintu harmonika ialah pintu yang terbuat dari besi baja yang aman dari pembobolan.

Jika anda memiliki sebuah toko, ruko, tempat usaha, kantor atau yang lainnya, maka disarankan menggunakan pintu harmonika. Selain memiliki desain yang unik, pintu harmonika juga tidak banyak memakan tempat. Sehingga sangat cocok untuk tempat yang minimalis.

Beli Pintu Harmonika Bekas atau Baru?

Untuk memilih pintu harmonika, anda harus memperhatikan beberapa hal seperti ketebalan, ukuran, dan ketinggian dari pintu harmonika itu sendiri. Pintu harmonika yang tebal akan lebih awet, entah itu dari benturan atau pembobolan.

Selain itu, anda harus memilih warna yang sesuai dengan properti yang hendak anda pasangi pintu harmonika. Untuk warnanya sendiri, anda bisa mengecatnya sesuai dengan selera anda.

Nah, jika anda tertarik untuk membeli pintu harmonika untuk keamanan properti anda, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum anda membeli pintu harmonika.

1. Slat daun(Ketebalan, ketinggian, dan ukuran pintu harmonika)

Ketebalan merupakan unsur yang harus anda perhatikan sebelum anda membeli sebuah pintu harmonika. Carilah pintu harmonika dengan ketebalan anti bobol dan tentunya harus sesuai dengan budget yang anda miliki. Bukan hanya itu saja, carilah slat daun yang presisi dengan lebar pintu anda. Slat daun juga berfungsi sebagai penambah nilai estetika pada bangunan anda.

2. Silangan

Silangan pada pintu harmonika berfungsi untuk membentuk kerangkang pintu harmonika ketika dilipat. Silangan ini sendiri terletak di bagian UNP dan Slat daun. Silangan sendiri disusun berjejer mengikuti slat daun, kerangka pintu atau lebar pintu. Silangan juga bisa berfungsi untuk pengamanan ganda serta membuat pintu harmonika semakin kokoh dari perubahan bentuk.

3. Roda

Roda merupakan komponen yang sangat mendukung pintu harmonika itu baik atau tidak. Tidak ada artinya jika pintu harmonika yang kita miliki, memiliki masalah pada bagian roda. Entah itu seret lah, macet, atau peyok. Oleh karena itu carilah bearing bearing roda yang memiliki kualitas bagus agar pintu harmonika mudah digerakan. Apabila bagian roda anda mengalami kerusakan, maka anda harus menggantinya dengan yang baru. Cara mengganti bearing juga tidaklah mudah, karena pintu harmonika harus dibuka dahulu.

4. Profil atas

Mungkin anda tidak memperdulikan mengenai profil atas pada pintu harmonika. Profil atas pada pintu harmonika berfungsi untuk memberikan sanggahan atau sebagai penyangga pintu harmonika agar tidak terlepas dari jalurnya. Biasanya jika pintu harmonika anda mengalami kerusakan (susah bergerak), maka anda harus mengecek pada bagian profil atas dan roda. Karena mungkin salah satu diantaranya mengalami masalah dan harus diperbaiki.

5. Handle

Handle sendiri ialah pegangan untuk menarik atau mendorong pintu harmonika. Berfungsi untuk membantu kita dalam membuka atau menutup pintu harmonika. Tak ada salahnya anda harus mencari handle yang kuat dan kokoh. Jika handle anda mengalami kerusakan, anda bisa menggantinya dengan yang baru.

6. Kunci dan Kupingan

Kedua unsur ini tak kalah penting untuk anda perhatikan, karena keduanya berfungsi untuk menambah keamanan pintu harmonika anda. Kunci ini terletak di samping atau bawah handle, dan anda akan diberikan kunci untuk mengunci pintu harmonika dari dalam maupun luar. Sedangkan untuk kupingan, berfungsi untuk menambah kunci tambahan semisal seperti gembok. Anda bisa memasang gembok pada kupingan untuk memperkuat kuncian pintu harmonika.

7.UNP

UNP merupakan sebuah besi yang berfungsi untuk menghubungkan dan melekatkan silangan dengan slat daun. Selain itu, fungsi lain dari UNP ialah untuk menyangga agar pintu harmonika bisa berdiri kokoh dan memberikan nilai estetika sendiri. Ukuran UNP harus anda sesuaikan dengan properti anda. Fitur ini cukup penting untuk pintu harmonika bekas ataupun baru.

8. CNP

Terakhir yang harus anda perhatikan ialah CNP. Sama halnya dengan profil atas, CNP berfungsi untuk menyangga pintu harmonika agar tidak jatuh. Namun yang membedakan ialah profil atas di pasang di bagian atas dan berbentuk horizontal. Sedangkan CNP di pasang di bagian samping kanan kiri pintu harmonika dan berbentuk vertikal. CNP yang kuat akan membuat pintu harmonika tetap awet.

Baca: Izin Usaha Barbershop Apa Saja?

Jadi Beli Pintu Harmonika Bekas atau Baru?

Di atas merupakan hal yang harus anda perhatikan sebelum membeli pintu harmonika. Carilah pintu harmonika atau pintu harmonika yang memiliki kualitas bagus. Sehingga pintu harmonika itu nantinya bisa tahan lama dan awet. Sehingga nantinya anda tidak harus sering sering memperbaiki pintu harmonika anda yang rusak. Karena nantinya anda malah mengeluarkan biaya tambahan lagi untuk menyewa jasa perbaiki pintu harmonika bukan?

Bukan hanya sekedar ditinjau dari segi keamanannya saja, anda juga harus meninjau dari segi estetika. Semisal saja carilah UNP yang bagus atau bahkan unik sesuai dengan keinginan anda.

Atau anda juga bisa memberikan warna pada pintu harmonika anda sesuai selera anda. Pemberian warnanya pun juga harus sepadan dengan properti anda. Semisal saja properti anda berwarna gelap, maka saran saya anda jangan memberikan warna yang gelap pula kepada pintu harmonika bekas atau baru pilihan anda. Karena hal ini malah membuat properti anda terlihat semakin gelap.

Mungkin anda memiliki bakat dalam hal seni, anda bisa menuangkannya ke pintu harmonika anda dengan menggambar lukisan. Tentu hal ini menambah daya tarik tersendiri bagi orang disekitar property atau toko anda.

Disamping memperhatikan unsur di atas, ada beberapa unsur lain yang harus anda perhatikan juga ketika hendak membeli pintu harmonika. Unsur unsur tersebut adalah:

  • Harga
  • Penjual
  • Kualitas

Ketiga unsur di atas harus anda perhatikan betul. Untuk dari segi harga, carilah pintu harmonika yang terjangkau dengan budget anda, namun tentunya juga berkualitas. Jangan sampai anda tertipu dengan iming iming pintu harmonika yang murah namun tidak berkualitas.

Carilah penjual pintu harmonika yang terpercaya dan telah melayani banyak pembeli. Mengingat pengalaman merupakan nilai yang sangat berharga, tak ada salahnya anda mempertimbangkan kualitas kerja penjual pintu harmonika dari pelanggan sebelumnya. Mungkin anda juga bisa meninjau dari segi pembuatan kerangka pintu harmonikanya.

Yang terakhir ialah anda juga harus melihat terlebih dahulu kualitas yang ditawarkan oleh penjual. Mengingat harga dari sebuah pintu harmonika juga tidak murah, jadi anda harus benar benar memperhatikan kualitasnya. Jangan sampai anda kena tipu dengan barang tiruan, terutama tiruan dari pintu harmonika.