Categories: Properti

Bagaimana Cara Memperbaiki Plafon Rumah Bocor

Share

Plafon rumah bocor jelas tidak sekedar merusak pemandangan saja melainkan juga dapat menyebabkan masalah besar lainnya di rumah Anda. Jika Anda mengalami atap bocor, inilah bagaimana cara memperbaikinya.

Mengidentifikasi Kebocoran

Lantai basah dan bercak cokelat atau hitam pada plafon rumah merupakan tanda adanya kebocoran. Plafon rumah bocor jugadapat menyebabkan cat menggelembung dan dinding yang basah. Jika Anda mengidentifikasi beberapa tanda ini, selesaikanlah segera. Mengabaikan kebocoran bukanlah hal yang bijak karena dapat mengarah kepada kerusakan struktur bangunan dan jamur.

Menemukan Sumber Kebocoran

Sumber kebocoran akan menentukan bagaimana cara memperbaikinya. Sayangnya, menemukan sumber kebocoran tidaklah mudah. Air dapat berpindah cukup jauh sebelum akhirnya menggenang dan menetes. Berikut ini 3 tips yang akan membantu Anda menemukan sumber kebocoran.

Intensitas Kebocoran: Frekuensi tetesan air merupakan indikator bagus akan lokasi kebocoran. Tetesan yang identik dengan hujan merupakan tanda kebocoran di bagian atap rumah. Jika Anda mendeteksi kebocorannya konstan, kemungkinan dikarenakan masalah pipa saluran air.

Warna kebocoran : warna tetesan air dari plafon rumah juga dapat membantu lokasi kebocoran. Kotor atau kecokelatan adalah tanda bocornya atap rumah. Air yang mengalir ke dalam rumah dari atap membawa debu dan kotoran lainnya. Tetesan air yang bersih merupakan tanda kebocoran berasal dari pipa saluran air. Kebocoran dari pipa itu umumnya tidak kotor airnya.

Tingkat kekeringan insulasi: insulasi yang ada di bagian loteng juga dapat membantu Anda mengidentifikasi sumber kebocoran. Masuklah ke loteng dan rasakan bagian atas insulasi yang melapisi bagian kebocoran pada plafon. Jika kering, maka kebocoran bersumber dari bawah insulasi. Pindahkan indulasinya dan periksa kelembaban atau tanda kerusakan. Jika bagian atas insulasi itu basah, kebocoran sangat mungkin berasal dari atas insulasi di atap atau di dinding.

Memperbaiki Kebocoran

Setelah Anda memastikan lokasi kebocoran, waktunya untuk menemukan dengan tepat sumber kebocoran dan memperbaikinya. Inilah caranya:

Kebocoran pada atap. Mulai lihat tanda-tanda pasti kerusakan atap. Gunakan penanda, misalkan kawat, untuk menandai lubang atau retakan sehingga Anda dapat melihatnya dengan mudah dari luar atap. Ini akan membantu mengidentifikasi bagian yang rusak dari atap rumah selama perbaikan. Jika tidak ada tanda jelas akan kerusakan, periksa plafon loteng dan dinding loteng untuk noda air yang muncul. Lacak tanda apapun seperti air mengalir kembali ke asalnya dan tandai area aliran itu, penyebab masalah kebocoran itu kemungkinan akibat masalah lapisan atap (flashing/shingles) atau tepian lubang udara di atap.

Anda harus periksa bagian atap untuk memeriksa lokasi kebocoran. Ganti bagian yang rusak. Terkadang memperbaiki atap bukanlah pekerjaan yang dapat dilakukan sendiri. Kebocoran pada bagian yang tidak biasa atau terkait dengan kerusakan struktural bangunan lebih baik diserahkan kepada ahlinya. Memperbaiki kerusakan serius dapat menyebabkan kebocoran lainnya dan mengancam keselamatan rumah jika Anda kurang ahli.

Kebocoran pipa saluran air: rumah umumnya dipenuhi oleh pipa saluran air yang dapat menyulitkan deteksi sumber kebocorannya. Inilah beberapa tips cepat untuk mendeteksi masalah umum kebocoran pipa saluran air dan bagaimana cara memperbaikinya

Kebocoran di kamar mandi

Jika kebocoran berada tepat di bawah kamar mandi, beberapa fitur yang melibatkan saluran air seperti shower dan closet akan menjadi kambing hitamnya. Periksa kamar mandinya untuk mengidentifikasi saluran pipa air yang berkaitan dengan kebocoran. Tandai bagian yang terkena dampak kebocoran dari plafon. Pastikan Anda tidak secara kebetulan memotong kabel atau pipa lain. Gantikan bagian yang rusak, bagian dinding dan lihat tanda kebocoran. Kerusakan air ini akan terpusat pada sekitaran fitur rumah yang bermasalah.

Kebocoran bathtub: Mulailah dengan memeriksa bathtub Anda atau shower dari adanya retakan. Jika Anda tidak dapat melihat adanya kerusakan, gunakan bathtub atau shower dan periksa apakah ada kebocoran plafon. Jika Anda melihat adanya resapan, kemungkinan besar Anda mengalami masalah di sekitar tepi saluran air. Ganti saluran shower yang lama dan periksa sambungannya. Jika sambungannya sudah tua atau hilang, gantilah dengan yang baru. Hubungi tenaga ahli jika kebocoran masih terjadi.

Kebocoran pada shower: sempeotkan air melalui shower dan periksa plafon Anda. Adanya rembesan air mengkonfirmasi masalalah pada bagian karet segel pintu sekat shower Anda. Kebanyakan desain sekarang adalah tinggal tempel saja dan berikan dempul silikon di sepanjang basis shower-nya. Jika pintu dorong shower yang bocor, berikan juga dempul silikon disepanjang dasarnya. Hubungi tenaga profesional jika kebocoran tetap terjadi, itu sangat mungkin pertanda masalah serius atas saluran air di kamar mandi

Kebocoran toilet: Toilet menggunakan segel wax (semacam lilin) untuk menghubungkan toilet ke sistem pipa air rumah. Seiring berjalannya waktu segel itu mungkin saja longgar atau rusak. Untuk memastikan segel toilet Anda masih layak kondisinya, tekan panel siram toilet dan periksa apakah masih ada kebocoran.

Jika masih bocor maka sangat mungkin ada masalah pada bagian segel toilet ini. Gantilah segel wax toilet untuk menghentikan kebocoran. Jika kebocoran tetap terjadi hubungilah tenaga profesional.

Jalur Pipa Air

Jalur pipa di rumah Anda mungkin saja berkarat atau rusak dan menyebabkan kebocoran. Jika kebocoran tidak terjadi dibawah peralatan penting di rumah, mungkin itu akibat masalah pipa. Cobalah bongkar dinding yang terkena masalah kebicoran untuk melihat kondisi pipanya.

Periksa pipa untuk mencari tanda-tanda kerusakan. Air dapat mengalir sepanjang kabel/pipa jadi mungkin saja Anda perlu mencari sumber utamanya.

Setelah Anda menemukan pipa yang jadi masalah, ganti pipa yang rusak dengan alat pemotong pipa. Pastikan pemotongnya sesuai untuk jenis pipa Anda. Ukur dan pasang bagian pipa yang baru, jika Anda mengganti pipa tembaga maka siapkanlah solder. Menyolder akan membutuhkan material yang medukung. Jika Anda tidak yakin melakukannya, hubungi tenaga ahli. Kesalahan menyolder dapat menyebabkan kebakaran, luka bakar serius, dan kebocoran tambahan