Categories: Properti

Cara Mengecat Tembok Dapur Agar Tahan Lama

Share

Cara mengecat tembok dapur tentu tidak bisa asal-asalan. Tujuan utamanya jelas agar cat tembok dapur Anda tampil maksimal dan awet. Jika sudah demikian tentu dompet Anda pun akan selamat dari pemborosan.

Bagaimana cara melalukannya dengan benar? Simak saja tips mudah dan bermanfaat mengecat tembok dapur berikut ini:

Langkah 1 – Siapkan dapur

Sebelum memainkan kuas dan kaleng cat, luangkan waktu untuk menyiapkan ruang. Simpan semua peralatan meja, dekorasi gantung dan aksesoris. Jika ada meja dan kursi di dapur, simpan juga, bersama dengan furnitur lain yang bisa dilepas. Tutupi semua lemari dapur dan lantai dengan kain lap. Terapkan selotip ke semua area yang tidak perlu dicat dan lepaskan outlet listrik dan sakelar penutup.

Hapus cat yang mengelupas dengan amplas. Bersihkan dinding dengan pembersih khusus, perhatikan untuk menghilangkan semua kotoran yang menempel, atau cat baru Anda tidak melekat dengan sempurna.

Jika ada celah dan lubang besar, tutup dengan dempul atau kumpon, kemudian amplas untuk menghaluskan permukaan. Bersihkan semua debu dan kotoran dan biarkan dinding benar-benar kering lebih dahulu sebelum ke tahap selanjutnya.

Langkah 2 Cara Mengecat Tembok Dapur – Lapisi dinding

Lapisan (Primer) digunakan untuk membuat dasar yang kuat untuk cat, dan langkah ini sangat penting jika Anda bertujuan untuk mencapai hasil yang terlihat profesional.

Related Post

Proses pelapisan yang tepat meningkatkan cakupan cat, memungkinkan Anda menggunakan lebih sedikit cat untuk mencapai hasil akhir yang memuaskan. Langkah ini penting jika Anda membuat perubahan warna yang dramatis atau jika Anda mengecat dinding kosong.

Dimungkinkan untuk melewatkan langkah jika mengecat dengan warna yang sama atau saat melakukan pekerjaan ulang yang hanya sedikit. Pengingat penting untuk maksimal terapkan cara mengecat tembok dapur.

Langkah 3 – Cat dinding

Cara terbaik untuk menata ulang dapur adalah dengan mengecat dulu hiasan di sekitar jendela, pintu, dan lemari dapur dengan kuas. Kemudian, beralihlah ke roller dan lanjutkan dengan mengecat terlebih dahulu langit-langit dan kemudian dinding.

Gunakan kuas untuk menghaluskan sudut dan tepi dan biarkan lapisan pertama mengering seperti yang diperintahkan oleh pabrik.

Oleskan lapisan kedua mengikuti prosedur yang sama dan biarkan cat untuk menyerap setidaknya 24 jam sebelum menyentuhnya. Ketika semuanya selesai, lepaskan semua selotip dan kain lap dengan hati-hati, dan berikan sentuhan akhir jika diperlukan.

Kuasai Cara Mengecat Tembok Dapur

Itulah 3 langkah mudah mengecat tembok dapur. Perhatikan tahapannya dengan seksama agar dapur Anda tampil menawan dan warna cat menonjol sesuai kepribadian Anda. Semoga bermanfaat.