Categories: Kesehatan

Pengobatan Ginjal? Ini Anda Perlu Tahu

Share

Pengobatan ginjal dimulai dengan diagnosis lebih dahulu. Sebagai langkah pertama menuju diagnosis penyakit ginjal, dokter mungkin mendiskusikan riwayat pribadi dan keluarga Anda. Antara lain, dokter mungkin bertanya tentang apakah Anda telah didiagnosis dengan tekanan darah tinggi, jika Anda telah minum obat yang dapat mempengaruhi fungsi ginjal, jika Anda telah melihat perubahan dalam kebiasaan buang air kecil Anda, dan apakah Anda memiliki anggota keluarga yang memiliki penyakit ginjal.

Selanjutnya, dokter melakukan pemeriksaan fisik, juga memeriksa tanda-tanda masalah dengan jantung atau pembuluh darah Anda, dan melakukan pemeriksaan neurologis.

Untuk diagnosis penyakit ginjal, Anda mungkin juga memerlukan tes dan prosedur tertentu, seperti:

• Tes darah. Tes fungsi ginjal mencari tingkat produk limbah, seperti kreatinin dan urea, dalam darah Anda.

• Tes urine. Menganalisis sampel urin untuk mengungkapkan kelainan yang mengarah pada gagal ginjal kronis dan membantu mengidentifikasi penyebab penyakit ginjal kronis.

• Tes pencitraan. Dokter mungkin menggunakan USG untuk menilai struktur dan ukuran ginjal Anda. Tes pencitraan lain dapat digunakan dalam beberapa kasus.

• Menghapus sampel jaringan ginjal untuk pengujian. Dokter mungkin merekomendasikan biopsi ginjal untuk mengambil sampel jaringan ginjal. Biopsi ginjal sering dilakukan dengan anestesi lokal menggunakan jarum panjang dan tipis yang dimasukkan melalui kulit Anda dan ke dalam ginjal Anda. Sampel biopsi dikirim ke laboratorium untuk diuji guna membantu menentukan apa yang menyebabkan masalah ginjal Anda.

Pengobatan Ginjal

Tergantung pada penyebab yang mendasarinya, beberapa jenis penyakit ginjal dapat diobati. Namun, seringkali penyakit ginjal kronis tidak dapat disembuhkan.

Perawatan biasanya terdiri dari langkah-langkah untuk membantu mengendalikan tanda dan gejala, mengurangi komplikasi, dan memperlambat perkembangan penyakit. Jika ginjal Anda menjadi sangat rusak, Anda mungkin perlu perawatan untuk penyakit ginjal tahap akhir.

Mengobati penyebabnya

Dokter akan bekerja untuk memperlambat atau mengendalikan penyebab penyakit ginjal. Opsi perawatan bervariasi, tergantung pada penyebabnya. Tetapi kerusakan ginjal dapat terus memburuk bahkan ketika kondisi yang mendasarinya, seperti tekanan darah tinggi, telah dikontrol.

Mengobati komplikasi

Komplikasi penyakit ginjal dapat dikendalikan untuk membuat Anda lebih nyaman. Perawatan mungkin termasuk:

• Obat tekanan darah tinggi. Penderita penyakit ginjal mungkin mengalami tekanan darah tinggi yang memburuk. Dokter dapat merekomendasikan obat-obatan untuk menurunkan tekanan darah – umumnya inhibitor angiotensin-converting enzyme (ACE) atau penghambat reseptor angiotensin II – dan untuk menjaga fungsi ginjal. Obat tekanan darah tinggi pada awalnya dapat menurunkan fungsi ginjal dan mengubah kadar elektrolit, sehingga Anda mungkin perlu melakukan tes darah untuk memantau kondisi tubuh. Dokter kemungkinan juga akan merekomendasikan pil air (diuretik) dan diet rendah garam.

• Obat untuk menurunkan kadar kolesterol. Dokter dapat merekomendasikan obat yang disebut statin untuk menurunkan kolesterol. Orang dengan penyakit ginjal kronis sering mengalami kadar kolesterol jahat yang tinggi, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

• Obat untuk mengobati anemia. Dalam situasi tertentu, dokter dapat merekomendasikan suplemen hormon erythropoietin, terkadang dengan tambahan zat besi. Suplemen Erythropoietin membantu produksi lebih banyak sel darah merah, yang dapat menghilangkan kelelahan dan kelemahan yang terkait dengan anemia.

• Obat untuk meredakan pembengkakan. Orang dengan penyakit ginjal kronis dapat menahan cairan. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan di kaki, serta tekanan darah tinggi. Obat yang disebut diuretik dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh Anda.

• Obat untuk melindungi tulang Anda. Dokter mungkin meresepkan suplemen kalsium dan vitamin D untuk mencegah tulang lemah dan menurunkan risiko patah tulang. Anda juga dapat minum obat yang dikenal sebagai pengikat fosfat untuk menurunkan jumlah fosfat dalam darah, dan melindungi pembuluh darah dari kerusakan karena deposit kalsium (kalsifikasi).

• Diet rendah protein untuk meminimalkan produk limbah dalam darah. Saat tubuh Anda memproses protein dari makanan, itu menghasilkan produk limbah yang harus disaring ginjal dari darah Anda. Untuk mengurangi jumlah pekerjaan yang harus dilakukan ginjal , dokter mungkin merekomendasikan untuk mengonsumsi lebih sedikit protein. Dokter mungkin juga meminta Anda untuk bertemu dengan ahli gizi yang dapat menyarankan cara untuk menurunkan asupan protein sambil tetap makan makanan yang sehat.

Dokter  dapat merekomendasikan pengujian lanjutan secara berkala untuk melihat apakah penyakit ginjal Anda tetap stabil atau berkembang.

Pengobatan Ginjal untuk penyakit ginjal tahap akhir

Jika ginjal Anda tidak dapat mengikuti pembuangan limbah dan cairan sendiri dan Anda mengalami gagal ginjal lengkap atau hampir lengkap, Anda memiliki penyakit ginjal tahap akhir. Pada titik itu, Anda perlu cuci darah atau transplantasi ginjal.

• Dialisis. Dialisis secara artifisial menghilangkan produk limbah dan cairan ekstra dari darah Anda ketika ginjal Anda tidak lagi dapat melakukan hal ini. Dalam hemodialisis, mesin menyaring limbah dan cairan berlebih dari darah Anda. Dalam dialisis peritoneum, tabung tipis (kateter) yang dimasukkan ke perut Anda mengisi rongga perut Anda dengan larutan dialisis yang menyerap limbah dan cairan berlebih. Setelah jangka waktu tertentu, larutan dialisis mengalir keluar dari tubuh Anda, membawa limbah bersamanya.

• Transplantasi ginjal. Transplantasi ginjal melibatkan pembedahan menempatkan ginjal yang sehat dari donor ke dalam tubuh Anda. Ginjal transplantasi dapat berasal dari donor yang sudah meninggal atau masih hidup. Anda harus minum obat selama sisa hidup Anda untuk menjaga tubuh Anda dari resistensi organ baru. Anda tidak perlu menjalani dialisis untuk menjalani transplantasi ginjal.

Bagi beberapa yang memilih untuk tidak melakukan cuci darah atau transplantasi ginjal, pilihan ketiga adalah mengobati gagal ginjal dengan langkah-langkah konservatif. Namun, begitu Anda mengalami gagal ginjal total, harapan hidup Anda umumnya hanya beberapa bulan.

Potensi perawatan di masa depan

Obat regeneratif memegang potensi untuk sepenuhnya menyembuhkan jaringan dan organ yang rusak, menawarkan solusi dan harapan bagi orang yang memiliki kondisi yang saat ini tidak dapat diperbaiki.

Pendekatan pengobatan regeneratif meliputi:

• Meningkatkan kemampuan alami tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri

• Menggunakan sel, jaringan, atau organ yang sehat dari donor yang hidup atau yang sudah meninggal untuk menggantikan yang rusak

• Memberikan jenis sel atau produk sel tertentu ke jaringan atau organ yang sakit untuk memulihkan jaringan dan fungsi organ

Untuk orang dengan penyakit ginjal kronis, pendekatan pengobatan regeneratif dapat dikembangkan di masa depan untuk membantu memperlambat perkembangan penyakit.

Gaya hidup dan pengobatan ginjal mandiri

Sebagai bagian dari perawatan Anda untuk penyakit ginjal kronis, dokter dapat merekomendasikan diet khusus untuk membantu mendukung ginjal Anda dan membatasi pekerjaan yang harus mereka lakukan. Tanyakan kepada dokter Anda untuk rujukan ke ahli diet yang dapat menganalisis diet Anda saat ini dan menyarankan cara untuk membuat diet Anda lebih bersahabat bagi ginjal Anda.

Tergantung pada situasi, fungsi ginjal, dan kesehatan Anda secara keseluruhan, ahli gizi Anda dapat merekomendasikan beberapa hal ini:

• Hindari produk dengan garam tambahan. Turunkan jumlah natrium yang Anda makan setiap hari dengan menghindari produk-produk dengan garam tambahan, termasuk banyak makanan enak, seperti makan frozen food, sup kalengan, dan makanan cepat saji. Makanan lain dengan tambahan garam termasuk makanan ringan asin, sayuran kaleng, dan daging olahan dan keju.

• Pilih makanan kalium rendah. Ahli diet dapat merekomendasikan agar Anda memilih makanan kalium yang lebih rendah pada setiap kali makan. Makanan tinggi kalium termasuk pisang, jeruk, kentang, bayam dan tomat. Contoh makanan rendah kalium termasuk apel, kol, wortel, kacang hijau, anggur dan stroberi. Ketahuilah bahwa banyak pengganti garam mengandung kalium, jadi Anda umumnya harus menghindarinya jika Anda mengalami gagal ginjal.

Batasi jumlah protein yang Anda makan. Ahli gizi akan memperkirakan jumlah gram protein yang tepat yang Anda butuhkan setiap hari dan membuat rekomendasi berdasarkan jumlah itu. Makanan berprotein tinggi termasuk daging tanpa lemak, telur, susu, keju dan kacang-kacangan. Makanan rendah protein termasuk sayuran, buah-buahan, roti, dan sereal.

Mengatasi Stress dan Menjaga Asa

Menerima diagnosis penyakit ginjal kronis bisa mengkhawatirkan. Anda mungkin khawatir tentang apa arti diagnosis itu bagi kesehatan Anda di masa depan. Untuk membantu Anda mengatasi perasaan Anda, pertimbangkan untuk mencoba:

• Terhubung dengan orang lain yang memiliki penyakit ginjal. Orang lain dengan penyakit ginjal kronis memahami apa yang Anda rasakan dan dapat menawarkan dukungan unik. Tanyakan kepada dokter tentang kelompok pendukung di daerah Anda.

• Pertahankan rutinitas normal Anda, bila memungkinkan. Cobalah untuk mempertahankan rutinitas normal, melakukan kegiatan yang Anda sukai dan terus bekerja, jika kondisi Anda memungkinkan. Ini dapat membantu Anda mengatasi perasaan sedih atau kehilangan yang mungkin Anda alami setelah diagnosis.

• Aktiflah hampir setiap hari dalam seminggu. Dengan saran dokter Anda, ambil setidaknya 30 menit aktivitas fisik hampir setiap hari dalam seminggu. Ini dapat membantu Anda mengatasi kelelahan dan stres.

• Berbicara dengan orang yang Anda percayai. Hidup dengan penyakit ginjal kronis bisa membuat stres, dan mungkin membantu untuk membicarakan perasaan Anda. Anda mungkin memiliki teman atau anggota keluarga yang merupakan pendengar yang baik. Atau Anda mungkin merasa terbantu untuk berbicara dengan pemimpin agama atau orang lain yang Anda percayai. Mintalah dokter Anda untuk rujukan ke pekerja sosial atau konselor.

Mempersiapkan Janji Anda dengan Dokter untuk Pengobatan Ginjal

Anda mungkin akan mulai dengan menemui dokter perawatan primer jika Anda memiliki tanda atau gejala penyakit ginjal. Jika tes laboratorium mengungkapkan Anda memiliki kerusakan ginjal, Anda mungkin dirujuk ke dokter yang berspesialisasi dalam masalah ginjal (nephrologist).

Apa yang bisa Anda lakukan?

Untuk bersiap-siap dengan janji Anda, tanyakan apakah ada yang perlu Anda lakukan sebelumnya, seperti membatasi diet Anda. Kemudian buat daftar:

• Gejala Anda, termasuk yang tampaknya tidak terkait dengan ginjal atau fungsi saluran kemih Anda

• Semua obat dan dosis, vitamin, atau suplemen lain yang Anda gunakan

• Riwayat medis utama Anda, termasuk kondisi medis lainnya

• Pertanyaan untuk ditanyakan kepada dokter Anda, daftarkan yang paling penting terlebih dahulu jika waktu berjalan singkat

Bawa serta anggota keluarga atau teman, jika mungkin. Terkadang sulit untuk mengingat semua yang Anda bicarakan dengan dokter Anda, dan seorang kerabat atau teman mungkin mendengar sesuatu yang Anda lewatkan atau lupa.

Untuk pengobatan ginjal kronis, beberapa pertanyaan dasar untuk ditanyakan kepada dokter Anda meliputi:

• Apa tingkat kerusakan ginjal saya?

• Apakah fungsi ginjal saya memburuk?

• Apakah saya perlu lebih banyak tes?

• Apa yang menyebabkan kondisi saya?

• Dapatkah kerusakan pada ginjal saya disembuhkan?

• Apa pilihan perawatan saya?

• Apa efek samping potensial dari setiap perawatan?

• Saya memiliki kondisi kesehatan lain ……. ini. Bagaimana saya bisa beradaptasi dengan penyakit ginjal ini?

• Apakah saya perlu makan makanan khusus?

• Dapatkah Anda merujuk saya ke ahli gizi yang dapat membantu saya merencanakan makanan?

• Haruskah saya menemui spesialis?

• Apakah ada alternatif umum untuk obat yang Anda resepkan?

• Apakah ada brosur atau bahan cetak lain yang bisa saya miliki? Situs web apa yang Anda rekomendasikan?

• Seberapa sering saya perlu diuji fungsi ginjal saya?

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan lain selama janji temu Anda saat hal itu terjadi pada Anda.

Dokter Anda mungkin bertanya kepada Anda, seperti:

• Apakah Anda mengalami gejala, seperti perubahan kebiasaan buang air kecil atau kelelahan yang tidak biasa?

• Berapa lama Anda memiliki gejala?

• Sudahkah Anda didiagnosis atau dirawat karena tekanan darah tinggi?

• Pernahkah Anda memperhatikan adanya perubahan dalam kebiasaan buang air kecil Anda?

• Apakah ada anggota keluarga Anda yang memiliki penyakit ginjal?

• Obat apa yang sedang Anda gunakan? Dosisnya bagaimana?

Semoga ulasan pengantarpengobatan ginjal ini bermanfaat untuk membantu Anda , teman, saudara atau kerabat mendapatkan kesembuhan.

Disclaimer: informasi kesehatan ini hanya untuk pengantar umum agar pengetahuan dan pemahaman Anda terbuka, bukan sebagai sumber utama Anda ataupun jaminan hasil pengobatan.