Categories: Kesehatan

Pengobatan Ginjal? Ini Anda Perlu Tahu

Share

Pengobatan ginjal dimulai dengan diagnosis lebih dahulu. Sebagai langkah pertama menuju diagnosis penyakit ginjal, dokter mungkin mendiskusikan riwayat pribadi dan keluarga Anda. Antara lain, dokter mungkin bertanya tentang apakah Anda telah didiagnosis dengan tekanan darah tinggi, jika Anda telah minum obat yang dapat mempengaruhi fungsi ginjal, jika Anda telah melihat perubahan dalam kebiasaan buang air kecil Anda, dan apakah Anda memiliki anggota keluarga yang memiliki penyakit ginjal.

Selanjutnya, dokter melakukan pemeriksaan fisik, juga memeriksa tanda-tanda masalah dengan jantung atau pembuluh darah Anda, dan melakukan pemeriksaan neurologis.

Untuk diagnosis penyakit ginjal, Anda mungkin juga memerlukan tes dan prosedur tertentu, seperti:

• Tes darah. Tes fungsi ginjal mencari tingkat produk limbah, seperti kreatinin dan urea, dalam darah Anda.

• Tes urine. Menganalisis sampel urin untuk mengungkapkan kelainan yang mengarah pada gagal ginjal kronis dan membantu mengidentifikasi penyebab penyakit ginjal kronis.

• Tes pencitraan. Dokter mungkin menggunakan USG untuk menilai struktur dan ukuran ginjal Anda. Tes pencitraan lain dapat digunakan dalam beberapa kasus.

• Menghapus sampel jaringan ginjal untuk pengujian. Dokter mungkin merekomendasikan biopsi ginjal untuk mengambil sampel jaringan ginjal. Biopsi ginjal sering dilakukan dengan anestesi lokal menggunakan jarum panjang dan tipis yang dimasukkan melalui kulit Anda dan ke dalam ginjal Anda. Sampel biopsi dikirim ke laboratorium untuk diuji guna membantu menentukan apa yang menyebabkan masalah ginjal Anda.

Baca: Vitamin Otak, Bernarkah Berfungsi?

Page: 1 2 3 4 5 6