Pengertian Budaya Kerja Organisasi

Pengertian budaya kerja organisasi mungkin satu hal yang dapat diperdebatkan dengan alot saat ini. Sekalipun demikian, cukup banyak yang memiliki persamaan pendapat jika budaya kerja organisasi itu memang ada dan memiliki peran penting membentuk perilaku organisasi.

Pentingnya memiliki kesamaan pemahaman akan budaya kerja akan memudahkan upaya untuk mengembangkan pendekatan analisa, menjaga atau bahkan mengubah budaya kerja organisasi. Jika Anda memiliki pemahaman akan budaya kerja maka Anda memiliki kemampuan untuk mendiagnosa munculnya masalah untuk budaya yang lebih baik. Jadi apa itu budaya kerja organisasi?

Budaya kerja organisasi merupakan bagaimana organisasi dijalankan

Budaya itu konsisten, dapat diamati dengan memiliki pola tertentu dalam sebuah organisasi. Pandangan ini melihat budaya sebagai perilaku berulang sebagai inti budaya dan mengabaikan perasaan manusia didalamnya. Pandangan ini juga fokus pada kekuatan yang membentuk perilaku organisasi

Budaya kerja organisasi merupakan produk dari kompensasi

Budaya secara nyata dibentuk dari insentif. Cara mendeteksi terbaik atas apa yang akan dilakukan sesorang adalah insentif apa yang akan orang itu dapatkan. Insentif termasuk semuanya mulai dari insentif financial, pengakuan, status, sanksi dan sebagainya untuk diterapkan pada anggota organisasi.

Budaya kerja organisasi diartikan sebagai gambaran bersama organisasi dari dalam

Pandangan ini menganggap budaya sebagai nilai dari dalam organisasi atau kolaborasi proses membuat kesadaran bersama dan memahami perbedaan individu di dalam organisasi. Pandangan ini memberikan definisi baru akan pola perilaku dalam kenyataan berorganisasi. Pengertian budaya kerja organisasi ini berpandangan bahwa tujuan penting budaya adalah untuk membawa anggotanya kepada realita dengan cara yang disepakati bersama.

Budaya kerja organisasi adalah kumpulan nilai yang menyatukan anggota organisasi

Budaya merupakan media pembawa makna. Budaya memberikan alasan. Dalam pengertian budaya kerja ini, budaya merupakan sebuah cerita dimana anggota organisasi terikat di dalamnya bersama nilai-nilainya. Pandangan ini menitikberatkan pentingnya simbol dan pemahaman akan simbol itu.

Budaya kerja organisasi adalah peradaban dalam tempat kerja

Budaya merupakan sistem kontrol sosial. Pandangan ini fokus pada peran budaya dalam menguatkan perilaku dan pola berpikir positif, memberikan sanksi atas perilaku negatif dan mempromosikan budaya itu. Kunci dari pengertian budaya organisasi ini adalah ide norma perilaku yang harus dijunjung tinggi dan terkait dengan sanksi sosial yang diterapkan kepada siapapun yang tidak mau mengikuti norma yang ditetapkan. Pandangan ini juga fokus kepada bagaimana evolusi membentuk budaya kerja. Dengan demikian, pandangan ini mempelajari bagaimana norma yang ada membantu bertahannya organisasi di masa lampau.

Budaya kerja organisasi merupakan sistem imun organisasi

Budaya merupakan bentuk perlindungan yang berevolusi dari situasi dibawah tekanan. Budaya ini mencegah perilaku negatif untuk memasuki organisasi sejak dini. Pandangan ini menjelaskan bahwa fungsi budaya kerja organisasi lebih seperti sistem imun manusia yang mencegah virus masuk ke dalam tubuh. Kendala utamanya adalah agen perubahan juga akan dianggap virus dalam pandangan ini sehingga organisasi akan menentang adanya perubahan budaya kerja, sekalipun untuk tujuan positif pada akhirnya.

Budaya kerja organisasi dibentuk oleh budaya utama dalam komunitas

Budaya kerja organisasi dibentuk dan dicampur dengan budaya lainnya khususnya dengan mayoritas budaya yang ada dalam organisasi. Pandangan ini menitikberatkan tantangan pada organisasi global untuk menjaga budaya universal ditengah keberagaman.

Budaya kerja organisasi memudahkan situasi untuk menentukan satu budaya

Ada banyak faktor yang menyebabkan variasi budaya dalam fungsi bisnis (misalkan keuangan dengan pemasaran) dan unit bisnis (misalkan divisi farmasi dengan divisi produk konsumsi). Sejarah akuisisi perusahaan juga menggambarkan budaya penting organisasi. Tergantung dari bagaimana akuisisi dan integrasi dikendalikan, warisan budaya yang diberikan kepada setiap unit bisnis dapat bertahan secara mengejutkan untuk jangka panjang.

Budaya kerja organisasi merupakan budaya hidup yang beradaptasi dengan kenyataan secepat mungkin

Pengertian budaya kerja organisasi ini memandang budaya sebagai suatu hal yang dinamis. Budaya itu bergerak sebagai respon atas perubahan di luar dan perubahan di dalam. Dengan demikian upaya untuk menilai budaya kerja organisasi diperumit dengan kenyataan bahwa Anda mencoba untuk menembak target yang berberak. Sekalipun demikian itu juga membuka kemungkinan bahwa budaya dapat berubah dan dapat dikendalikan melalui perubahan bertahap. Budaya sulit dikendalikan dengan perubahan sekaligus. Pandangan ini menyiratkan bahwa destinasi stabil tidak akan (bahkan sebaiknya tidak pernah) tercapai. Budaya kerja organisasi yang baik itu adalah budaya yang terus belajar dan berkembang.

Pengertian Budaya Kerja Organisasi Yang Mana Yang Berlaku di Tempat Anda?

Leave a Reply

CommentLuv badge

Close
HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+