Yuk Ukur Kekuatan SEO Blog Sendiri

Tips Mudah Ukur Kekuatan SEO Blog Sendiri

Internet memang membuat penyebaran informasi sangat cepat dan ketersediaan informasi begitu besarnya. Dalam hal tips ngeblog, hal ini membuat banyak pemula bingung memilih untuk mengikuti tips ngeblog yang mana yang paling tepat untuk blog mereka.

Informasi tentang tips membuat blog tentu sudah banyak sekali tersedia, namun ternyata yang menjadi persoalan lanjutan dari banyak blogger baru adalah “so what?” atau lantas apa langkah selanjutnya yang harus saya lakukan? Jawaban atas pertanyaan tersebut akan ditemukan jika kita tahu cara mengukur kekuatan blog sendiri. Nah, disinilah notordinaryblogger ingin berbagi tips praktis nan teruji.

Tips SEO yang Bermanfaat

Mungkin ada yang beranggapan tips SEO tidak terlalu ampuh karena tidak terbukti dalam sebuah “Kontes SEO”. Jika ini ada dalam benak Anda tentu itu merupakan sebuah kesalahpahaman. Tips SEO sangatlah bermanfaat untuk membantu tumbuh kembang sebuah blog baru. Tips SEO dapat membantu blog baru menangkap “sejumlah pengunjung” dari mesin pencari untuk “kata kunci” tertentu. Di sinilah SEO dapat bermanfaat untuk menangkap “kata kunci-kata kunci” yang tingkat persaingannya rendah. Berbeda dengan situasi dalam kontes SEO yang jelas-jelas tingkat persaingan SEO-nya sangatlah tinggi.

Nah, jadi jangan salah sangka dengan tips-tips SEO yang beredar di internet. Tips SEO yang ada sangatlah bermanfaat jika kita terapkan dengan baik. Jika Anda masih dalam pencarian panduan SEO silahkan cek eBook gratis SEO artikel ini.

Evaluasi Praktis SEO Blog

Tahukah Anda bahwa sebuah konten blog pasti akan diindeks oleh mesin pencari? Yang membedakan adalah konten blog itu terindeks untuk kata kunci apa dan pada halaman ke berapa di laman mesin pencari (Baca : Tips mudah muncul di halaman awal Google Search)

Cara paling ampuh adalah menggunakan Google analytics (GA) namun ternyata masih banyak yang merasa bingung menggunakan media GA, jika Anda juga bingung silahkan lihat cari cara instal Google analytics ini.

Nah untuk mudahnya sebenarnya setiap platform blog sudah dilengkapi dengan media statistik pengukur performa blog. Misalkan untuk blog baru pilihpeluangusaha.com di bawah wordpress, bisa dengan mudah menggunakan Jetpack dan melihat statistik situs guna mendapatkan informasi sumber trafik, jumlah pageviews sampai kata kunci yang menjadi kekuatan blog. Lihat ilustrasi berikut ini:

Sumber Trafik (pilihpeluangusaha.com)

Sumber Pengunjung Pilihpeluangusaha

Jumlah Pageviews Yang Diterima (pilihpeluangusaha.com)

Pageviews Blog Baru Pilihpeluangusaha

Kata Kunci Unggulan Sementara (pilihpeluangusaha.com)

Kekuatan SEO Blog Baru Pilihpeluangusaha

Tindak Lanjut Hasil Evaluasi

Dari semua teori yang ada tahap ini sangatlah penting. Jika kita sudah tahu konten yang banyak dilihat (jumlah pageviews), sumber pengunjung, dan kata kunci yang mendatangkan pengunjung organik maka ada beberapa hal yang perlu dicatat sebagai pegangan pribadi kita seperti:

  • Konten yang banyak dilihat berarti “gaya” penyampaian konten di blog kita diterima pengunjung
  • Sumber pengunjung berarti strategi pemasaran konten yang digunakan membuahkan hasil
  • Kata kunci yang menghasilkan trafik berarti strategi SEO yang diterapkan cukup efektif

Itulah 3 kekuatan SEO blog yang bisa diukur berdasarkan data statistik situs yang didapatkan. Berdasarkan data tersebut maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan konten blog di masa mendatang:

  1. Terus membuat konten unik dan berkualitas dengan strategi SEO yang sudah terbukti keefektifannya
  2. Membuat beberapa konten sebagai topik lanjutan atas konten-konten yang sudah memiliki SERPs berdasarkan “kata kunci” yang mendatangkan pengunjung organik, atau
  3. Membuat beberapa konten sebagai topik lanjutan atas konten-konten yang memiliki pageviews tinggi sebagai cara memperbaiki bounce rate blog yang akan berujung pada membaiknya SERPs blog kita.

Untuk sebuah blog baru mana yang terbaik dilakukan? Tentu semua terserah Anda sebagai pemilik blog, namun untuk notordinaryblogger akan memilih opsi pertama, yaitu membuat konten-konten baru dengan strategi belajar SEO yang sudah diterapkan. Nah … begitulah notordinaryblogger mengukur kekuatan SEO blog baru pilihpeluangusaha.com. Postingan ini bukan untuk mengajari namun sekedar berbagi informasi. Semoga bermanfaat.

27 Comments

  1. Taruna Psikologi Februari 5, 2015
  2. kang Jum Februari 6, 2015
  3. islam di dadaku Februari 6, 2015
  4. deb Februari 8, 2015
  5. Salman Faris Februari 9, 2015
  6. enlard Februari 10, 2015
  7. IndoSosBook Februari 12, 2015
  8. friska Nirwana Februari 13, 2015
  9. Manish_BHr Februari 13, 2015
    • Okto Februari 14, 2015
  10. muzi Februari 15, 2015
    • Okto Februari 16, 2015
  11. Lutfi Wardi Februari 17, 2015
  12. Lutfi Wardi Maret 15, 2015
  13. Okto Maret 15, 2015
  14. muhammad isra Maret 19, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+