Apa Syarat UMKM Mendirikan PT


Syarat UMKM mendirikan PT penting diketahui bagi Anda yang mulai tertarik melangkah sebagai pengusaha. Pada saat sekarang ini, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sudah bisa mendirikan Perseroan Terbatas (PT) dengan syarat yang mudah. Seperti yang diketahui, UMKM merupakan usaha yang dimiliki oleh perorangan atau badan usaha dari perorangan. Untuk mendirikan PT bagi UMKM, pemerintah pada saat ini sudah memberikan kemudahan. Dimana pada awalnya pemerintah memberikan syarat kepada UMKM yang ingin mendirikan PT, dengan modal awal atau modal dasar dengan dana sekitar Rp.50 juta. Sekarang ini, untuk UMKM yang ingin mendirikan PT mendapatkan pengecualian atas modal awal tersebut. Untuk jumlah modal awal dari pendirian PT bagi UMKM, sepenuhnya diserahkan kepada pihak-pihak yang berwenang. Dengan begini, pengusaha di sektor UMKM bisa mendirikan PT dengan sangat mudah.

Aturan mengenai modal awal untuk mendirikan PT ini sudah di hapus oleh pemerintah, sehingga bagi siapa saja pelaku UMKM bisa mendirikan PT dengan modal yang dimilikinya. Aturan tersebut hanya berlaku bagi para pelaku UMKM saja, tidak berlaku bagi pelaku bisnis yang lainnya. Dengan menghapusnya aturan tersebut, pemerintah saat ini tengah gencar untuk merealisasikan kemudahan dalam berbisnis. Untuk mendirikan PT bagi UMKM, ada beberapa syarat. Berikut syarat tersebut:

  1. Setoran modal

Dalam mendirikan sebuah PT, tentunya Anda membutuhkan modal. Seperti penjelasan diatas, untuk pelaku usaha UMKM setoran modal awal tidak ada batas minimalnya. Dengan begini, setiap pelaku usaha UMKM lebih mudah untuk mendirikan PT. Hal ini tentunya terakit dengan, dihapusnya aturan mengenai setoran modal awal yang terasa sangat memberatkan bagi pelaku usaha UMKM. Pada saat ini, setiap pelaku UMKM bisa mendirikan PT dengan tanpa setoran modal yang ditetapkan.

  1. Struktur pengurus

Struktur pengurus di dalam mendirikan suatu perusahaan tentunya harus ada, untuk memudahkan perusahaan dalam menjalankan usahanya. Pada pelaku usaha UMKM, struktur pengurus perusahaan dibikin lebih sederhana dan sesuai dengan modal dan kebutuhan dari PT.

Siap Majukan UKM Anda ke bentuk PT?

Dua syarat diatas, merupakan sebagian dari syarat UMKM mendirikan PT. Kemudahan yang diberikan oleh pemerintah ini, berdasarkan banyaknya UMKM yang terdapat di Indonesia yang masih belum berbentuk PT. Maka dari itu, untuk permasalahan modal dan struktur pengurus pemerintah memberikan kemudahan bagi pelaku usaha UMKM. Dengan begini industri kecil dan menengah yang ada di Indonesia, di prediksikan akan lebih berkembang.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+