8 Pengingat untuk Sukses Memulai Bisnis Kuliner


Setiap orang dalam kondisi normal tentu harus makan setiap harinya, karena itu makanan akan selalu dibutuhkan. Sebagai orang Indonesia dengan kekayaan budaya yang berdampak pada kekayaan kuliner juga tentu tiada habisnya jika dijadikan sebagai bisnis. Sehingga tidak heran jika potensi bisnis kuliner membuat banyak orang ingin memulai bisnis kuliner. Nah, bagi Anda yang akan memulai sebuah bisnis kuliner atau mulai tertarik dengan bisnis ini, tidak ada salahnya untuk membaca pengingat untuk sukses memulai bisnis kuliner ini untuk setidaknya memastikan hal-hal penting sudah Anda lakukan untuk menjamin langkah usaha Anda menuju sukses berbisnis kuliner.

Potensi Bisnis Kuliner Indonesia

Kuliner Indonesia dari Sabang- Merauke merupakan kekayaan alam yang tidak bisa tidak disyukuri, bayangkan saja kita bisa menikmati berbagai macam jenis makanan dan berbagai ragam pula cara mengolahnya sehingga dalam satu jenis makanan bisa dimasak dengan cara yang berbeda dan bumbu yang berbeda. Berbicara soal bumbu memang menjadi suatu hal utama dalam kuliner Indonesia. Bumbu adalah ciri khas tiap daerah sesuai dengan kondisi dan kekayaan alam sekitarnya.

Anggap saja ikan, tiap daerah bisa saja cara pengolahan hanya dibakar dan di goreng bisa dipepes (dengan bumbu khasnya) atau di daerah Medan dengan cara di Arsik. Sedangkan untuk bumbu ikan bakar juga banyak jenisnya yang menghasilkan berbagai macam keragaman dan kekayaan rasa dalam kuliner Indonesia.

Nah, jika anda akan berbisnis kuliner tentu saja ini adalah kesempatan yang baik bagi anda. Mungkin anda akan bingung akan berbisnis apa ya? Anda mulai berpikir makanan kesukaan anda sesuai dengan latar belakang anda. Lalu kemudian memikirkan marketing dan biayanya. Dengan begitu banyaknya kuliner Indonesia, bisa jadi anda semakin bingung dalam memutuskan akan berbisnis makanan apa?

Pengingat Penting untuk Sukses Memulai Bisnis Kuliner

Mulai sekarang anda tidak perlu begitu cemas jika akan memulai bisnis kuliner, kami akan memberikan beberapa tips yang akan membantu anda lepas dari masalah kebingungan. Berikut adalah beberapa pengingat untuk sukses bisnis kuliner:

  1. Konsep adalah hal utama dalam memulai bisnis apapun. Anda harus memiliki bayangan akan membuat apa dan seperti apa. Jangan pernah berkata “Jalani aja dulu”. Hey, ini bukan dalam permainan jika konsep anda tidak matang, ditengah jalan anda akan mengalami kebingungan, stagnansi bahkan kebangkrutan. Karena itu matangkan konsep anda sebaik mungkin.
  2. Lingkungan yang dimaksud adalah tempat anda akan melakukan bisnis kuliner bukan lingkungan kerja atau personalianya. Karena ini adalah bisnis kuliner anda harus cermat dalam memilih kuliner apa yang akan ada jajakan kepada masyarakat sekitar. Misalnya anda tinggal di daerah yang masyarakatnya dominan suku X, anda dapat membidik makanan khas suku X tersebut. Atau anda tinggal di daerah yang anak mudanya banyak sekali dan suka nongkrong. Ini adalah kesempatan emas bagi anda untuk membuat bisnis cafe, lengkap dengan musik dan makanan ringan. Salah menganalisis lingkungan bisa berdampak buruk pada bisnis anda karena tidak semua orang akan suka dengan makanan yang sama sekali baru apalagi orang tua.
  3. Untuk masalah dana perlu dipikirkan darimana sumbernya dan bagaimana pembukuannya. Jangan bermain-main dengan pembukuan karena bisa berakibat fatal. Anda tidak perlu repot-repot menyewa profesional untuk pembukuan. Anda bisa membuat pembukuan sederhana. Pembukuan akan membantu Anda mengetahui berapa uang masuk dan keluar serta keuntungan dan belanja kedepannya.
  4. Di zaman yang serba elektronik ini anda tidak perlu kuatir untuk promo barang dagangan anda. Anda perlu untuk cerdas dalam melakukan promosi. Promosi itu penting tetapi sesekali anda perlu melakukan strategi marketing seperti sold out, dan diskon yang tidak berlebih. Ini ditujukan agar dagangan anda tidak terlihat mahal. Biarkan bisnis kuliner anda menjadi suatu hal yang dicari-cari setiap orang. Dengarkan masukan serta saran dari pembeli anda dengan sabar.
  5. Anda harus bisa memasak. Nah ini mungkin hal penting juga jika anda ingin menggarap bisnis kuliner. Hal utama yang harus anda miliki adalah anda harus bisa memasak. Beda tangan akan beda rasa. Meski bukan anda yang akan menjadi koki dalam bisnis ini namun anda harus memiliki keahlian yang satu ini. Setidaknya anda harus jago dalam urusan mencicipi masakan. Dua hal tersebut jika dipadukan akan menjadi kesempurnaan bagi anda dalam melakukan bisnis kuliner. Jika anda tidak punya keduanya setidaknya anda punya salah satunya. Dengan demikian bisnis anda akan terjamin keberlangsungannya soal rasa.
  6. Nah perhatikan juga soal harga kuliner yang anda tawarkan kepada masyarakat. Masyarakat akan memperhatikan sekali harga apalagi anda berbisnis di lingkungan mahasiswa. Harga adalah hal pertama yang dilihat baru kemudian rasa dan kebersihan. Harga yang anda tawarkan harus sebanding dengan kualitas dan kuantitas makanan yang anda jual. Pembeli yang merasa puas akan datang lagi kepada anda. Jika anda mengecewakan pembeli apalagi pada pelayanan pertama, anda akan rugi banyak. Pembeli yang kecewa pasti akan bercerita kepada temannya. Demikian pula jika anda memberikan pelayanan yang memuaskan. Pembeli yang puas bisa membantu anda jadi tim promosi bahkan mengajak teman-temannya. Jika demikian anda harus memberikan diskon sesekali dengan pemesananan banyak. Bisa juga melebihkan porsi sedikit agar menarik hati si pembeli.
  7. Tempat yang nyaman akan menarik hati pembeli. Zaman sekarang orang cari makanan bukan Cuma untuk makan, bisa saja sambil rapat, diskusi atau berbisnis juga. Karena itu jika anda ingin tempat anda rame lakukan strategi yang berbeda dengan orang lain soal kenyamanan. Kenyamanan merupakan sesuatu yang tidak dapat dinilai dengan uang.
  8. Selain tujuh hal diatas anda harus mampu membuat bisnis anda unik yang lain sehingga diminati oleh masyarakat sekitarnya. Namun dalam keunikan ini anda harus membatasinya sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku. Nama baik akan sangat berguna bagi bisnis anda sekalipun anda bangkrut. Jika anda memiliki reputasi yang baik akan lebih mudah untuk membangun bisnis yang lain. Karena itu jangan sekali-sekali merusak nama baik anda. Bisnis bisa berputar seperti roda namun nama baik akan selalu bermanfaat bagi kehidupan anda.

Menu Laris untuk Usaha KulinerKedelapan hal diatas bisa menjadi modal dasar anda dalam memulai bisnis kuliner. Jangan lupa juga jika berbisnis itu harus dilakukan sungguh-sungguh dengan hati. Jika anda berbisnis tanpa hati maka usaha anda hanya dilakukan sebatas untuk mencari uang. Dan jika itu terjadi bisnis kuliner yang anda jalankan tidak akan berhasil. Karena bisnis apapun harus dijalankan dengan sabar, pakai hati. Pebisnis terkenal dan terkaya sekalipun tentu mempunyai prosesnya sendiri dalam menggapai kejayaan dalam membangun kerajaan bisnisnya. Jika anda berbisnis hanya untuk gaya-gayaan maka lebih baik anda jangan melakukannya, karena itu hanya menunggu waktu menuju kebangkrutan.

Lain hal jika anda melakukannya dengan hati. Semua usaha anda akan terlihat lebih hangat dan menarik. Akan banyak muncul ide briliant dan kreatif karena anda menjadikannya pusat perhatian bukan hanya sebagai ladang uang.

Demikianlah tips yang dapat diberikan, jika Anda ingin sukses memulai bisnis kuliner lakukanlah dengan penuh perencanaan dan jangan kuatir karena bisnis kuliner eksis sepanjang masa.

Siap Sukses Memulai Bisnis Kuliner?

Artikel ini merupakan karya penulis freelance notordinaryblogger, Yenglis Dongche Damanik dan terbit pertama kali di notordinaryblogger.com pada hari Sabtu, 30 Januari 2016

Penulis Lepas Yenglis DongceYenglis Dongche Damanik adalah penulis freelance kelahiran 17 Desember 1992 yang memiliki minat di topik Sosial Politik, Ekonomi, Kuliner dan Pendidikan.  Saat ini Kuliah di Universitas Padjadjaran dan aktif dalam aktivitas sosial. Selain menulis di berbagai media lokal dan nasional ia juga memiliki hobi membaca, berbagai aktivitas sosial seperti Taman Bacaan dan Sekolah Rakyat (Sebagai pengajar).


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+