Cara Membuat Marketing Plan

Bagian 2 Belajar Internet Marketing

Jika di pembahasan sebelumnya kita sudah memahami hal paling penting di marketing yaitu kenali konsumen Anda, siapa mereka, apa yang mereka hargai dalam hidup dan apa yang menjadi sumber inspirasi mereka, apa yang membawa mereka pada bisnis Anda kini saatnya memahami cara membuat marketing plan. Berbagai daftar pertanyaan penting sudah dibahas.

Lepaskan senjata marketing Anda dan mulailah memahami dunia melalui pemangku kepentingan paling krusial Anda yaitu konsumen Anda. Ini berarti mendengar lebih sering daripada berbicara, belajar lebih banyak daripada mengajari atau menerapkan aktivitas marketing.

Visi inilah yang menyebabkan suksesnya internet marketing di dunia online.

Setelah Anda membaca bagian pertama belajar internet marketing Anda tentu sudah cukup yakin sekarang. Mungkin Anda sudah melaksanakan survey konsumen dan berharap menerima kontak dari konsumen potensial. Anda sudah menulis profil konsumen paling lengkap di bumi ini.

Pertanyaan lazim selanjutnya adalah “apa yang harus dilakukan kemudian?”

Pada tahap ini Anda perlu membuat marketing plan yang dapat diukur dan berkelanjutan. Cobalah pikirkan:

  • Anda tidak akan membangun rumah tanpa cetak birunya bukan?
  • Anda tidak akan memulai bisnis tanpa rencana bukan?
  • Anda tidak mungkin liburan jika tidak tahu tujuan bukan?
  • Anda tidak mungkin membuat rumah seharga 1 milyar jika Anda tidak tahu material apa yang Anda beli bukan?

Kenapa Marketing Plan Anda harus Berbeda?

Meskipun Anda menghabiskan 1 juta rupiah untuk iklan facebook atau 1 milyar untuk materi video edukasi konsumen Anda wajib merancang strategi dengan hati-hati. Percayalah bahwa “coba dan berdoa” saja kuranglah efektif dalam hal marketing. Setiap marketing plan perlu diawali hasil yang ingin diraih. Keuntungan investasi bukanlah permainan tebak-tebakan.

Mulai Berpikir Seperti CEO dan Yakini Angka di Hadapan Anda

Musuh terbesar marketing adalah biaya. Apa mungkin kita mengetahui secara pasti bahwa setiap upaya marketing akan menciptakan penjualan? Pahamilah bahwa internet marketing merupakan aktivitas mendatangkan keuntungan. Ini bukanlah investasi dan bukan pengeluaran. Saat diterapkan dengan baik, internet marketing akan berhasil. Kita bisa tahu itu berhasil karena kita bisa melacak semuanya dari awal terjadinya klik sampai terciptanya penjualan. Dengan media yang tepat dan sedikit kreativitas Anda dapat membuktikan nilai manfaat upaya marketing Anda.

Marketing seharusnya memiliki perhatian dan penghargaan yang sama dengan fungsi bisnis lainnya. Anda perlu merancang program di sekitar tujuan yang menjadi perhatian para CEO yaitu keuntungan dan penghasilan.

Satu hal pasti tentang para pemimpin bisnis adalah mereka tidak peduli berapa banyak trafik blog yang didatangkan. Mereka hanya fokus pada penjualan dan bisnis baru yang diciptakan dari pengeluaran biaya marketing. Jika Anda fokus mendata jumlah klik, sharing sosial media, tingkat klik email, Anda bisa kehilangan makna internet marketing sebenarnya.

Apa yang perlu dilakukan?

Buatlah strategi yang memposisikan inisiatif marketing Anda sebagai alat return on investment (ROI).

Masalahnya adalah pelaku marketing berjuang untuk membuat koneksi penting ini. Bahkan sebenarnya tidak ada satu pun bukti konten marketing berhasil mendatangkan keuntungan. Hal ini diungkap Andreas Ramos melaui blognya. Lebih lanjut ia menyimpulkan bahwa konten marketing dapat membantu kesuksesan berbagai jenis internet marketing.

Mark Spaner (dari spanner.com) memberikan studi kasus inspiratif untuk menjelaskan hal ini lebih lanjut. Inilah studinya:

Kontraktor jasa rumah bernama Clockwork Home Services di Amerika Utara merupakan terdepan di bidangnya. Perusahaan itu ingin mendapatkan lebih banyak penjualan untuk alat listrik dan pipa ledeng. Mereka juga ingin meningkatkan kemampuan tim marketing untuk mendidik kontraktor tentang keuntungan menjalin kerjasama franchise dengan Clockwork.

Target

  • Dapatkan lebih banyak penjualan untuk alat listrik dan pipa ledeng
  • Meningkatkan efektivitas dan efisiensi tim marketing
  • Mendidik kontraktor tentang manfaat Clockwork
  • Membuat marketing franchise lebih tertarget untuk kontraktor potensial
  • Fokus ke kontraktor mapan dan undang mereka ke acara Clockwork

Visi strategisnya adalah seperti ini:

  • Mendapatkan konsumen potensial melalui webinar, surat, email, dan pengumpulan data base konsumen.
  • Jaga komunikasi dengan konsumen potensial berdasarkan kemungkinan mereka membeli.
  • Bina minat konsumen potensial dan biarkan mereka memilih jalur marketing yang diinginkan. (program otomatis email marketing untuk membuat cerita sesuai minat masing-masing konsumen potensial. Kemudian berikan nilai kepada setiap konsumen atas tindak lanjut yang mereka lakukan)
  • Permudah proses pertemuan konsumen potensial dengan tim marketing.
  • Bekali tim marketing dengan profil konsumen sebelum bertemu dengan konsumen potensial tersebut untuk membuat koneksi semakin efektif dan efisien.

Dengan membuat email marketing plan, setiapkali media promosi di download, sebuah rangkain email sesuai topik akan dikirimkan secara terjadwal.

Inilah hasilnya:

  • Minat membeli konsumen meningkat 11 kali melalui email marketing, surat, dan promosi iklan.
  • 3,2% lebih banyak konsumen kategori “sangat potensial” dikirim ke bagian marketing untuk di follow up menjadi penjualan
  • Proses marketing yang lebih mapan dalam memberikan konsumen potensial kepada tim marketing untuk di follow up.

Hasilnya menggugah minat Anda? Marilah jangan tergesa-gesa. Jika Anda mengikuti panduan ini mungkin Anda baru membuat marketing plan untuk pertama kalinya. Anda bahkan mungkin tidak memiliki rencana strategis atau bahkan sesuatu yang layak dilaporkan.

Sebab utama kita sudah melangkah sejauh ini dengan panduan ini adalah untuk memberikan Anda pemahaman menyeluruh akan apa yang bisa diharapkan dari marketing plan. Panduan ini berusaha membuat Anda benar-benar memahami jenis hasil akhir yang sebaiknya diharapkan dari investasi marketing Anda.

Panduan ini berusaha mengungkap cara memulai visi besar marketing plan Anda dan melakukan secara kebalikan untuk menempatkan inisiatif yang tepat.

Tahap 1 : Memahami Makna Momentum

Kesuksesan marketing datang saat Anda mencapai konsumen yang tepat di waktu yang tepat saat proses keputusan membeli diambil konsumen itu.

Posisikan diri Anda sebagai konsumen dan pikirkan tentang terakhir kali Anda berbelanja di toko online favorit Anda.

Umpamakan Anda berbelanja untuk menyambut momen liburan dalam waktu dekat. Anda punya cukup waktu menentukan apa yang harus dibeli. Dan dalam sehari Anda mulai melihat iklan produk itu muncul di laman Facebook Feed Anda.

Hanya sebuah kebetulan? Sepertinya bukan.

Perencanaan yang matang mungkin lebih dari sekedar bayangan Anda.

Anda sudah berbelanja di sebuah toko ritel sebelumnya jadi Anda berlangganan ke mailing list mereka. Hari berlalu kemudian Anda menerima informasi diskon. Tahu akan hal itu, apakah Anda merasa tergoda untuk membeli suatu barang? Sudah pasti.

Langkah selanjutnya mungkin Anda sudah memasukan barang-barang idaman kedalam shopping chart. Saat diskon sudah tidak berlaku Anda pergi dan minggu berikutnya kembali memeriksa toko onlineritel itu. Saat Anda melakukannya satu minggu kemudian, Anda terkejut karena harga produk dalam shopping chart sudah turun.

Inilah sebuah skema marketing dan Anda siap membeli.

Bagi konsumen awam, promosi ini tampak serba kebetulan.Kenyataannya inilah internet marketing.

Dibalik layar komputer adalah seorang marketer yang dengan hati-hati menganalisa dan menjawab pola perilaku Anda. Marketer itu bukanlah seorang diri melainkan sebuah tim. Mereka telah membuat sebuah sistem disekeliling tujuan usaha untuk mengarahkan pembeli kepada jalur pembelian.

Ide ini cukup sederhana, ketahuilah cara mempromosikan produk dan merek yang tepat kepada konsumen yang tepat. Proses ini akan memaksimalkan pendapatan.

Dimanapun Anda menjalankan internet marketing baik perusahaan besar maupun kecil, momentum adalah segalanya.

Banner iklan akan lebih efektif menjual saat ditampilkan kepada mereka yang sudah menunjukkan minat membeli produk.

Kode kupon relevan untuk konsumen yang sudah tertarik berbelanja dengan merek Anda namun masih ragu untuk melakukan penjualan.

Email marketing sangat menarik bagi mereka yang sudah berlangganan ke produk atau merek Anda.

Saat merencanakan momentum, Anda perlu berpikir diluar ukuran umum seperti lama waktu di website, waktu dalam satu hari, hari dalam minggu, atau bulan dalam tahun. Yang Anda butuhkan adalah menyamakan momentum marketing dengan pandangan dan psikologi konsumen.

Tingkat analisa ini akan membantu tim marketing menyampaikan pesan marketing yang tepat di waktu yang sempurna.

Rekomendasinya adalah untuk mempelajari merek favorit dalam berbagai jalur marketing yang menarik minat konsumen untuk terhubung dengan Anda.

Tahap 2: Tetapkan Target Inti Marketing Plan

Setiap upaya marketing perlu menetapkan tujuan dengan baik. Jika tidak, Anda sama saja memanah dalam kegelapan.

Tanpa target yang jelas, sebuah marketing plan akan membawa merugikan bagi bisnis Anda.

Jika Anda belum yakin dengan apa yang ingin Anda raih dengan marketing, kemungkinkan besar Anda akan menghabiskan waktu dan uang percuma. Uang dan waktu merupakan dua komoditas langka untuk bisnis.

Jadi target seperti apa yang perlu diraih untuk bisnis Anda?

Anda perlu fokus kepada target yang berkaitan langsung dengan kembalinya investasi bisnis.

Sebagai contoh, Anda mungkin menetapkan target berupa “Mendapatkan konsumen baru”, kenapa? Karena bisnis Anda perlu pemasukan untuk tetap bertahan dan tumbuh besar.

Target lain yang mungkin adalah mendapatkan share facebook atau twitter atau media sosial lain pilihan Anda dalam jumlah besar. Kenapa? Karena media sosial membantu promosi brand bisnis anda.

Bagaimana media sosial berpengaruh ke pendapatan bisnis dan jalur penjualan Anda? Media sosial merupakan marketing gratis. Jika Anda berhasil terhubung dengan konsumen yang tepat, promosi media sosial bisa membawa konsumen baru dalam jumlah besar. Branding memiliki posisi teratas dalam jalur penjualan. Untuk membangun basis konsumen Anda perlu “dikenali” khalayak ramai akan produk atau jasa yang ditawarkan.

Untuk kali ini mari abaikan sejenak tentang media sosial karena akan ada pembahasan khusus di bagian lain dari panduan lengkap internet marketing ini.

Target sebaiknya berkaitan erat dengan sasaran pendapatan  Anda. Tidak ada satu rumus yang berguna untuk semua dalam hal menentukan ROI marketing. Anda perlu memahami lebih dalam apa sasaran yang benar-benar diinginkan pada tingkat CEO di bisnis Anda. Pendapatan dan penjualan adalah jawabnya. Target Anda bisa saja langsung ke arah pencarian konsumen potensial, kerangka penting membawa konsumen ke jalur pembelian.

Contoh diberikan NewsCred, sebuah perusahaan content management online. Perusahaan ini memiliki laman homepage informative untuk mendidik pengunjung tentang produk mereka. Di bagian bawah terdapat “ajakan” untuk mendorong konsumen potensial bertanya lebih lanjut. Ini merupakan langkah awal untuk merubah peminat menjadi pembeli.

Lainhalnya dengan CrazyEgg, target inti dari perusahaan itu adalah untuk mendorong “pendaftaran coba gratis”. Banner iklan itu akan terus mengikuti pengunjung sekalipun kursor dipencet ke bawah.

Pada pembahasan yang lalu, kita sudah memahami bahwa konsumen sangatlah penting bagi marketing plan Anda. Untuk bisa efektif mencapai mereka, Anda perlu memahami apa yang menjadi nilai hidup mereka, kebutuhan mereka, kepribadian dan minat.

Tahap 3 : Mulai Bertanya

Masih belum yakin apa yang dibutuhkan target marketing untuk bisnis Anda? Mulailah bertanya dan dengarkan baik-baik jawabannya.

Ada beberapa jenis pertanyaan penting yang perlu dijawab sebelum Anda menyelam lebih dalam saat membuat marketing plan. Pertimbangkanlah beberapa diantaranya berikut ini:

Apa marketing plan Anda saat ini?

Apakah Anda berharap untuk membangun brand awareness atau penjualan bagi bisnis Anda, atau mungkin keduanya. Penting untuk dipertimbangkan adalah bahwa beberapa marketing plan akan cocok untuk target Anda sedangkan beberapa lainnya tidak. Itu sebabnya Anda perlu memahami apa yang bisnis Anda butuhkan saat ini. Mungkin fokus mendatangkan trafik saat ini baru membuat video panduan beberapa minggu kemudian. Karena Anda baru mulai Anda perlu pastikan biaya marketing Anda.

Berapa banyak kesanggupan modal untuk mendukung marketing plan?

Sangat jarang Anda akan langsung berhasil dengan marketing plan yang pertama. Anda perlu melakukan uji coba dan pengamatan sebelum menambahkan investasi untuk marketing Anda. Berita baiknya adalah sebuah internet marketing bisa dijalankan dengan modal awal 1 juta rupiah. Dengan modal awal ini Anda bisa mempelajari, dan bisa menambah investasi untuk meningkatkan strategi marketing. Berita buruknya adalah jika tanpa arah, 1 juta rupiah di berbagai tahap marketing akan dengan mudah membengkak. Di tahap awal marketing, Anda akan mengalami kerugian untuk proses pembelajaran.

Siapa pemangku kepentingan internal bisnis Anda?

Jawablah pertanyaan ini untuk menolong tim marketing Anda memahami hasil apa yang dibutuhkan untuk maju dan memahami cara menyampaikan hasil secara efektif.

Hasil seperti apa yang dapat diharapkan secara realistis?

Jika Anda berpikir marketing dapat merubah brand Anda menjadi sukses dalam semalam, maka Anda sedang bermimpi. Sebuah promosi masif bukanlah suatu kebetulan. Itu membutuhkan rencana matang. Anda perlu menetapkan harapan nyata yang sesuai dengan kekuatan yang Anda berikan saat membuat marketing plan. Cara baik untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan riset brand lain yang memiliki kemiripan sama dengan bisnis anda. Ingatlah bahwa Anda perlu lebih dari sekedar meniru marketing plan brand lain. Anda harus menyesuaikan pendekatan marketing yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Tahap 4: Hubungkan Jalur Konsumen Anda

Tahap ini adalah momentum dimana seluruh aspek marketing plan berfungsi bersama.

Marketing yang baik seharusnya mengikuti jalur pembelian konsumen. Inilah tahap untuk menjelaskan prospek menjadi pembeli dan pembeli menjadi pelanggan.

Untuk menciptakan suasana menguntungkan tadi, ada baiknya membagi marketing plan pada beberapa kategori kunci berikut ini:

Kesadaran (awareness)

  • Hubungkan prospek kepada brand Anda
  • Pastikan konsumen setia Anda update tentang produk/layanan baru

Sebagai contoh adalah sebuah toko online yang terus mengupdate informasi berdasarkan koleksi barang baru melalui email marketing.

Berikut ini contoh iklan academichelp.net di notordinaryblogger untuk meningkatkan awareness tentang layanan menulis bagi akademisi.

Contoh Brand Awareness

Interaksi

  • Tetap buat prospek baru tertarik dengan perusahaan, produk dan layanan yang Anda berikan
  • Pastikan pelanggan terus berinteraksi dengan materi marketing Anda dan bergantung kepada usaha Anda sebagai sumber informasi terpercaya

Sebagai contoh bisa melihat provider webhosting ini. Situs itu memberikan email newsletter secara berkala untuk mendapatkan pelanggan ke website mereka secara rutin.

Marketing Plan HostGator

HostGator, penyedia jasa hosting luar negeri yang juga digunakan notordinaryblogger ini, menumbuhkan interaksi sekaligus memberikan info diskon khusus kepada pelanggan memanfaatkan email marketing.

Keputusan

  • Raih prospek baru sesuai keputusan kunci usaha Anda khususnya mempertimbangkan pesaing usaha Anda
  • Terhubung dengan pelanggan saat mereka berbelanja memanfaatkan teknologi add-on

Sebagai contoh adalah toko online yang sanggup mentarget ulang konsumen memanfaatkan facebook berdasarkan informasi produk yang diminati atau pernah dibeli.

Retensi

  • Promosikan loyalitas brand jangka panjang
  • Terhubung dengan pelanggan  saat mereka berbelanja
  • Cegah pembatalan transaksi dan manfaatkan semua tahapan jalur pembelian

Sebagai contoh aplikasi lazada memberikan diskon lebih dari 85% dan mengirim email pengingat akan hal tersebut.

Marketing Plan Lazada

Ingatlah cara kerja marketing plan ini karena Anda akan menggunakannya untuk panduan jalur marketing Anda di pembahasan panduan internet marketing berikutnya yang akan memperdalam cara dapat trafik dan optimisasi penjualan online.

Terapkan Cara Membuat Marketing Plan Ini

Sebelum kita bersama menyimak tahap selanjutnya, pastikan Anda mengingat konsep yang telah dibahas postingan ini sebagai berikut:

  • Setiap marketing plan harus menjadi bagian dari kerangka mencapai tujuan. Pahamilah apa yang ingin Anda raih sebelum terjun ke dunia uji coba internet marketing. Berusahalah sepintar mungkin dan strategis dalam mengambil keputusan bahkan jika keinginan Anda hanyalah sekedar coba-coba suatu hal baru.
  • Ingatlah selalu bahwa momentum adalah segalanya. Marketing plan yang baik dibangun mengikuti penyampaian pesan marketing kepada audiens yang tepat di saat yang tepat juga. Janganlah remehkan poin ini.
  • Mulailah dengan banyak mendengar dan bertanya. Pelajari apa yang konsumen butuhkan, dan ambil waktu untuk memahami prioritas utama usaha Anda. Tugas utama seorang pemasar adalah untuk menciptakan koneksi antara brand usaha dan konsumen.
  • Ingat juga bahwa inisiatif marketing Anda akan terpusat pada beberapa wilayah kunci ini; kesadaran (awareness), interaksi, keputusan, dan retensi. Pahami mana dari empat fungsi ini yang paling penting untuk usaha Anda dan ketahui juga alasannya kenapa bisa begitu. Pastikan bahwa upaya marketing Anda sejalan dengan tujuan yang paling penting dari usaha Anda jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

Siap membuat marketing plan Anda sendiri? Pastikan bookmark postingan ini sebagai panduan mudah Anda.

No Responses

  1. Pingback: How Do I Create Video Content for Free? Februari 3, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge

Buat Tabungan dapat Secure Credit CardTabungan Online Bank Sinarmas
+