Categories: Properti

Menggunakan Balok Kayu dalam Dekorasi Rumah

Share

Balok kayu dapat menjadi elemen struktural dekoratif dari desain rumah atau tambahan di masa mendatang untuk keperluan ornamen. Apapun pilihannya, bahan balok kayu memiliki daya tarik pedesaan, nuansa alam dan menawarkan tampilan umur panjang. Anda memiliki beberapa cara untuk memasukkan balok ke langit-langit, pintu, dan bagian lainnya.

Kesan Pembuka

Bahkan ketika mereka tidak diperlukan dalam desain rumah, balok yang tampaknya menahan atau membentuk pintu terbuka dapat terlihat seolah-olah mereka selalu ada di sana. Pertimbangkan kayu yang dipahat dengan tangan atau lapuk, seperti yang didaur ulang dari rumah atau gudang tua, untuk pesona Dunia Lama.

Di rumah minimalis atau modern, kayu kasar memberikan sentuhan yang tak terduga. Balok atas yang membentang lebar penuh dengan balok samping mendukungnya menawarkan pernyataan dramatis. Satu balok dapat mereplikasi pilar. Semakin tebal balok, semakin lama dan kuat pengencang yang dibutuhkan untuk membuatnya tetap di tempatnya. Diskusikan dengan kontraktor, pengecer balok atau produsen tentang pemakaian balok ini. Bicarakan aplikasi struktural dengan kontraktor atau ahli untuk hasil maksimal.

Built-in

Gunakan kayu baru atau lama sebagai elemen dekoratif di dinding yang mengelilingi rak buku built-in atau dapur terbuka, misalnya. Diperbaiki dengan aman ke dinding dan dengan sisi memegang bagian atas, jenis sekitarnya menawarkan ide cetakan. Pilih balok yang lebih kecil, seperti empat per empat, yang tidak akan terlalu menonjol. Kayu tua hadir dengan pesona siap, tetapi jika menggunakan kayu baru, gelap atau warnai dengan noda. Noda membantu melestarikan dan melindungi kayu. Mereka datang dalam warna cokelat atau kayu biasa, serta warna trendi, seperti biru, hijau dan abu-abu.

Plafon

Balok terbuka dengan panjang plafon memberikan tampilan yang baik secara struktural, meskipun hanya dekoratif. Tetapi dengan menjalankannya di ruang yang panjang, ruang tersebut dapat terlihat lebih nyaman dan tidak seperti lorong. Di sisi lain, dengan menjalankannya ke arah dinding terpanjang ruang pendek, Anda dapat membuat garis yang lebih panjang atau ilusi yang lebih panjang. Balok yang digunakan dalam konstruksi rumah jelas akan berjalan sesuai rencana dalam desain; berbicara dengan kontraktor atau insinyur bangunan Anda tentang perubahan dan opsi. Balok dekoratif dan struktural membutuhkan gantungan yang kokoh untuk menahannya.

Proyek Kecil

Jelajahi cara-cara untuk menggunakan balok aneka sisa atau panjang acak. Gunakan balok sederhana, cemara kasar sebagai perapian, misalnya. Kerajinan balok ke kaki meja, ornament jendela, bingkai tempat tidur, blok daging dan tegakan tanaman. Di luar, buatlah langkah-langkah bertingkat di dalam tanah, dudukan kotak surat, lengkungan teralis atau batas taman dari sisa makanan yang kokoh. Gunakan perangkat keras yang diperlukan seperti paku, sekrup, dan gantungan logam, tergantung pada proyeknya. Beberapa barang luar dan pedesaan bisa menjadi awal dari apa yang ada di dalam ruangan.

Fitur Balok Kayu Imitasi

Kayu selalu memiliki pesona pedesaan tertentu yang sulit ditolak. Estetika yang hangat dan ramah sedang dinikmati di luar rumah pedesaan. Dekorasi modern dan perkotaan sekarang mencari cara kreatif untuk menggabungkan tampilan kayu ke dalam ruang kontemporer. Salah satu cara ini sedang dilakukan adalah melalui balok kayu imitasi. Balok imitasi dirancang menyerupai kayu asli dalam tampilan, ukuran, dan tekstur. Berkat teknologi, pabrikan dapat menggunakan material yang berbeda untuk menciptakan tampilan tiruan balok kayu yang akurat termasuk warna, pola, dan serat.

Mereka mungkin terlihat berat, tetapi balok kayu imitasi sebenarnya cukup ringan (dibandingkan dengan balok kayu asli), berkat bahan yang digunakan untuk membuatnya. Bahkan, sebagian besar memiliki desain inti berlubang, yang membantu mengurangi harga dan berat. Ini membuat transportasi dan pemasangannya mudah dan lebih murah.

Untuk Siapa Balok Kayu Tiruan?

Apakah Anda terus iri dengan dekorasi balok kayu terbuka yang Anda lihat di majalah dan situs web perbaikan rumah? Banyak pemilik rumah akan menyukai tampilan yang sama, tetapi terhambat oleh biaya dan kompleksitas instalasi. Balok kayu asli tidak murah dan mempertimbangkan beratnya, mereka juga tidak mudah dipasang. Jika Anda berada dalam situasi yang sama, sinar ini cocok untuk Anda. Mereka tidak akan merusak tabungan Anda seperti kayu asli dan pemasangannya cukup mudah dengan bantuan kontraktor yang terampil. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir bahwa balok akan membusuk, retak, atau melengkung, seperti halnya kayu biasa.

Dari apa balok kayu imitasi itu?

Sebagian besar balok kayu imitasi terbuat dari poliuretan berkepadatan tinggi. Anda juga akan menemukan yang lain yang terbuat dari Styrofoam. Balok busa tidak sekuat atau tahan lama seperti balok imitasi berbasis poliuretan.

Ide Dekorasi

Karena ringan, balok imitasi dapat digunakan dalam berbagai cara dan gaya. Anda dapat menggunakannya secara horizontal atau vertikal. Beberapa dapat digunakan di luar maupun di dalam dan sebagainya. Jadilah kreatif dan bertujuan untuk gaya yang membuat Anda bahagia. Berikut 9 ide untuk membantu Anda memulai.

1. Balok Langit-langit

Tempat paling populer untuk memasang balok kayu imitasi adalah di langit-langit. Balok langit-langit imitasi menciptakan karakter elegan, namun hangat. Mereka dapat digunakan di kamar tidur, ruang tamu atau dapur. Dengan begitu banyak opsi finishing yang tersedia, Anda memiliki cara tak terbatas untuk menata plafon Anda. Banyak pemilik rumah menyukai tampilan tua, di mana balok kayu imitasi dirancang agar terlihat seperti kayu tua dan lapuk.

Anda juga dapat memilih warna gelap, terutama jika Anda ingin membuat kontras dengan langit-langit dan dinding putih cerah. Periksa stok yang dimiliki stok tertentu dan bandingkan di antara gaya finishing yang tersedia untuk menemukan yang sempurna untuk rumah Anda.

Di luar warna, Anda juga dapat memilih bentuk balok. Sebagian besar balok langit-langit imitasi membentang lurus melintasi langit-langit. Jika Anda ingin sedikit karakter, gunakan balok langit-langit melengkung. Untuk desain yang lebih penuh hiasan, gunakan kombinasi balok melengkung, miring, dan lurus.

2. Dekorasi Transisi

Rumah-rumah modern semakin menggunakan desain terbuka dengan dekorasi transisi dan pergerakan tanpa batas dari satu ruang ke ruang lainnya. Tetapi masih penting untuk memiliki pemisahan visual antara dua atau lebih ruang yang berbeda, seperti dapur dan ruang tamu, ruang makan, dan ruang duduk. Balok kayu tiruan dapat digunakan untuk membuat demarkasi ini. Misalnya, Anda dapat menggunakan balok langit-langit imitasi hanya di ruang tamu, meninggalkan langit-langit dapur kosong. Anda juga dapat menggunakan gaya balok langit-langit yang berbeda di kedua ruang. Trik lain adalah membingkai jalan masuk yang lebar antara dapur dan ruang tamu menggunakan balok imitasi. Ini menciptakan efek pemisahan yang terbuka namun jelas. Gagasan lain adalah dengan menggunakan balok vertikal untuk memotong sebagian area makan dari area duduk.

3. Dekorasi Dinding

Balok kayu imitasi dapat digunakan secara horizontal maupun vertikal. Misalnya, Anda dapat membuat dinding aksen menggunakan balok kayu faux yang tebal. Mereka bahkan bisa menjadi kelanjutan dari balok langit-langit, yang pada dasarnya menciptakan aliran yang tidak terputus dari langit-langit ke dinding. Bicaralah dengan kontraktor Anda tentang bagaimana Anda dapat membuat dinding Anda menggelegar menggunakan balok kayu imitasi.

4. Jubah Pendukung

Balok pendukung dapat merusak pemandangan dan dekorasi ruangan. Ini adalah masalah yang sangat umum di ruang bawah tanah. Satu ide jenius adalah untuk menutupi balok penyangga dengan balok kayu imitasi. Tiba-tiba ruang tersebut terlihat berornamen, hangat dan bahkan mewah. Pastikan Anda memilih finishing yang memadukan atau kontras dengan dekorasi yang ada.

5. Dekorasi Eksterior

Balok kayu imitasi tidak hanya untuk digunakan di dalam rumah. Sebagian besar balok poliuretan yang digunakan juga dapat diletakkan di bagian luar, tetapi pastikan untuk memeriksa spesifikasi sebelum memaparkan balok ke elemen. Anda dapat menggunakan balok kayu imitasi di teras, dapur luar ruangan, atau untuk menciptakan gaya unik pada dinding eksterior Anda.

6. Pintu Berbingkai

Jika Anda memiliki pintu masuk tanpa pintu yang besar (seperti dari dapur ke ruang tamu), beri lebih banyak karakter dengan membingkainya dengan balok kayu imitasi.

7. Pilar Non-Dukungan Dekoratif

Jika Anda menyukai tampilan pilar penyangga kayu tepat di tengah ruang tamu Anda, Anda dapat mencapai gaya yang sama menggunakan balok kayu imitasi. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa balok akan murni dekoratif tanpa tanggung jawab beban sama sekali.

8. Tambahkan Pencahayaan ke Balok Anda

Ketimbang menggantung pencahayaan Anda dari langit-langit, pasanglah di atas balok kayu imitasi. Anda dapat menggunakan trik ini di atas area kerja dapur Anda atau di atas meja makan.

9. Jadikan Lorong Anda Lebih Menarik

Balok kayu imitasi tidak harus dibatasi di dalam ruang utama, seperti ruang tamu atau kamar tidur. Jika Anda memiliki lorong yang membosankan yang bisa menggunakan dekorasi, balok kayu imitasi adalah pilihan yang aman dan berbiaya rendah. Anda dapat memilih untuk menjalankan serangkaian balok langit-langit di sepanjang langit-langit lorong atau untuk menemukan cara menempatkannya di dinding.

Tren imitasi dengan cepat menangkap dekorasi rumah. Dari ubin imitasi hingga balok kayu imitasi, teknologi telah menjadi penyelamat nyata, memungkinkan pemilik rumah menikmati gaya kelas atas dengan biaya terjangkau.