49 Tahapan Belajar Bisnis Sampai Sukses


Belajar bisnis untuk seseorang yang ingin membuat perubahan merupakan langkah awal yang penting. Memulai bisnis sendiri bukanlah memulai peruntungan. Hal ini bisa sangat menekan dan meminta fokus Anda. Sisi positifnya tahapan Anda merintis bisnis bisa menjadi pengalaman profesional sekaligus personal.

Bagaimana cara belajar bisnis tahap demi tahap sampai sukses? Ini dia tahapannya:

#1 Lakukan Introspeksi

Tidak semua orang memiliki kekuatan untuk memulai sebuah usaha. Ini bukan berarti ide Anda tidak cemerlang. Ini berarti Anda mungkin tidak memiliki kepribadian yang dibutuhkan untuk memperkenalkan usaha sendiri kepada publik.

Sebelum Anda melakukan investasi apapun, lakukan introspeksi. Lihat apakah Anda termasuk tipe seorang pengusaha? Apakah Anda mampu memotivasi diri sendiri? Percaya diri? Mampu beradaptasi? Dan tahan banting?

#2 Kembangkan Ide Bisnis

Janganlah memulai bisnis karena sesuatu sedang tren dan menurut Anda itu bisa dikomersilkan. Kembangkan sebuah konsep bisnis yang menjadi minat dan berkaitan dengan pengalaman Anda. Berawal dari itu, buatlah sebuah produk atau jasa yang Anda yakin akan memperbaiki hidup orang lain.

#3 Uji Coba Kemungkinannya

Saat Anda sudah menetapkan suatu ide bisnis, cari tahu bagaimana mewujudkannya jadi nyata. Apakah produk atau jasa itu merupakan sesuatu yang dicari pembeli? Bisakah Anda menciptakan keuntungan dengan menjualnya? Apakah produk Anda berfungsi?

#4 Membuat Proposal Bisnis

Sebuah proposal bisnis yang solid akan memandu Anda menuju sukses. Sebuah proposal bisnis juga bermanfaat menjelaskan ide bisnis kepada investor potensial. Proposal bisnis Anda setidaknya harus mencakup misi, ringkasan bisnis, tawaran produk, deskripsi target pasar, proyeksi finansial dan biaya operasional. Belum terpikir akan proposal bisnis? Silahkan lihat contoh proposal bisnis kafe sederhana.

#5 Kenali Pasar Bisnis Anda

Meskipun Anda telah mendeteksi beberapa minat dalam bisnis Anda, masih perlu untuk menyelesaikan beberapa tugas lainnya. Prediksi pasar Anda, fokus pada konsumen yang kemungkinan besar akan membeli. Ketahui cara menguasai pasar untuk bisnis.

# 6 Tentukan Biaya

Lakukan riset lebih jauh untuk mengetahui biaya standar dalam bidang bisnis pilihan Anda. Hal ini akan membantu Anda mengatur bisnis lebih efisien. Jika Anda ingin mencari investor, mereka akan menginginkan informasi ini.

#7 Tetapkan Budget

Anda perlu menetapkan berapa banyak uang yang akan dibutuhkan sebagai modal. Tentukan juga berapa banyak biaya dibutuhkan untuk mengembangkan produk atau jasa termasuk membuat marketing plan.

#8 Temukan Investor Yang Tepat

Anda akan membutuhkan modal untuk memulai bisnis. Baik itu tabungan, kartu kredit, mengajukan pinjaman hutang, atau pemasukan dana bentuk lainnya. Temukanlah investor yang memiliki misi sama dengan Anda. Seseorang yang Anda yakini dapat bekerjasama dalam bisnis itu.

# 9 Dengarkan Investor

Suka atau tidak, investor bisnis akan memiliki pendapat akan bisnis Anda. Sebaiknya Anda mendengar masukan dan saran para investor. Namun demikian, itu bukan berarti Anda harus melakukan apa yang mereka katakana.

#10  Dirikan Sistem Pendukung

Anda akan menginvestasikan banyak waktu dan sumber daya kedalam bisnis tersebut. Pastikan keluarga Anda mendukung. Mereka harus menyadari bahwa proses ini akan sangat menantang secara finansial dan emosional.

#11 Pikirkan Bentuk Badan Usaha

Pikirkanlah bentuk badan usaha bisnis Anda, CV, PD, PT atau apapun bentuknya.

#12 Pilih Nama Bisnis

Pilihlah nama bisnis yang terbaik menjabarkan bisnis Anda. Kemudian periksa apakah nama domain bisnis Anda tersedia secara online.

# 13 Daftarkan Nama Bisnis Anda

Jika nama bisnis pilihan Anda tersedia maka tempuhlah proses pendaftarannya. Tetapkan nama sebagai merk bisnis sesuai aturan yang berlaku.

#14 Penuhi Kewajiban Pajak

Sebagai bisnis Anda akan berhadapan dengan ketentuan pajak. Pahami pajak yang akan muncul berkaitan dengan bisnis Anda.

#15 Urus Perijinan Bisnis

Untuk bisa lancar berjalan, bisnis Anda akan memerlukan ijin terkait. Nah, pastikanlah Anda memiliki ijin melakukan bisnis itu baik secara wilayah maupun ketentuan terkait lainnya.

#16 Pertimbangkan Asuransi

Ada baiknya Anda mengatur masalah asuransi untuk bisnis Anda. Asuransi ini akan beragam tergantung dari jenis bisnis yang diplih. Jika Anda bekerja dari rumah pastikan bahwa Anda memiliki asuransi kerusakan atas aset bisnis, cidera sampai pencurian.

#17 Mulai Pembukuan



Tentukan apakah bisnis Anda menggunakan sistem pembukuan tunai atau akrual. Tentukan tahun fiskal bisnis Anda dan bentuklah sebuah sistem pembukuan yang baik.

#18 Memilih Lokasi Bisnis

Memilih lokasi yang sesuai dengan bisnis sangatlah krusial. Sebuah lokasi yang cocok akan memberi peluang bisnis untuk tumbuh ditengah kerasnya persaingan. Lokasi yang baik juga sebaiknya mudah diakses konsumen. Pelajari tips memilih lokasi bisnis strategis.

#19 Jangan Khawatirkan Kantor

Jika Anda belum menghasilkan pendapatan maka jangan khawatirkan soal kantor atau gudang.

#20 Proses Paten dapat Menunggu

Mengurus paten bisa memakan biaya besar. Tunggulah proses ini sampai Anda memiliki basis konsumen yang memadai. Sebuah paten akan menjadi beban jika Anda belum memiliki pemasukan bisnis yang stabil.

# 21 Jadilah Fleksibel

Kemungkinan besar ide bisnis Anda mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Menjadi pribadi yang mudah beradaptasi menciptakan keinginan konsumen akan menentukan sukses tidaknya bisnis Anda.

# 22 Berbagi Ide Bisnis ke Teman dan Keluarga

Sosok terdekat memiliki kecenderungan untuk jujur kepada Anda. Jangan sungkan untuk mencari masukan dari teman ataupun keluarga Anda.

#23 Abaikan Kelompok Pesimis

Pada saat proses mencari masukan, akan ada masukan yang sifatnya pesimis. Jika Anda mengalami hal ini, abaikan masukan pesimis dan hadapi dengan tenang.

#24 Tidak Perlu Marah

Jika ide Anda ditolak oleh konsumen atau investor, jangan biarkan amarah mengambil alih. Cari tahu apa yang menjadi kekurangan bisnis Anda. Lakukan penyesuaian dan sampaikan perbaikan yang sudah dilakukan. Ada kemungkinan juga bahwa waktu pengenalan produk tidak tepat. Jadi tetaplah semangat, tidak perlu marah.

#25 Rilis Produk atau Jasa dengan Cepat

Bisnis Anda merupakan pekerjaan yang sedang berkembang. Jika Anda mengenalkan produk dengan cepat, Anda akan mampu membangun komunitas konsumen yang akan memberikan masukan yang akan memperbaiki tawaran. Jika Anda tidak menerima kritikan atas rilis produk pertama Anda maka Anda terlambat melakukannya.

#26 Tawarkan Produk atau Jasa Baru

Jika Anda sudah memiliki konsumen, jaga minat mereka dengan memberikan produk atau jasa baru.

#27 Sabar

Selalu ingat bahwa sukses tidak datang dalam semalam. Akan membutuhkan waktu untuk membuat keuntungan. Sebuah bisnis yang sukses terdiri dari 99,99% kerja keras dan 0,01% keberuntungan. Pastikan bisnis  berada pada jalur 99,99%.

#28 Berikan Lebih Saat Pertama Kali

Saat Anda mendapatkan konsumen pertama, pastikan berikan yang terbaik. Beri lebih jika mungkin. Anda akan mengubah mereka menjadi konsumen setia dengan cara ini.

#29  Berbagi Setiap Saat

Jangan malu untuk berbagi capaian dan perjuangan. Konsumen akan menikmati kejujuran Anda.

#30 Hindari Sengketa dengan Rekan Bisnis

Jika Anda berselisih dengan rekan bisnis maka pererat hubungan secepat mungkin. Perselisihan internal akan membuat Anda tidak fokus mengembangkan bisnis.

# 31 Jangan Khawatirkan Dilusi

Saat investor mulai memiliki saham bisnis Anda kenali fakta bahwa pada akhirnya Anda harus berbagi dalam menjalankan bisnis. Terimalah kondisi ini dan teruslah maju.

#32 Gunakan Jasa Profesional

Kecuali Anda memiliki keahlian penulis, gunakanlah jasa profesional untuk menulis email tertarget kepada konsumen. Seorang profesional akan menyediakan rilis press dan berbagai bentuk tulisan promosi lainnya yang bermanfaat untuk brand awareness bisnis Anda.

#33 Siapkan Pertemuan

Saat Anda membuat jadwal pertemuan dengan klien, bacalah berbagai hal yang ada, perkuat diri Anda akan informasi bisnis Anda sampai persaingan bisnis.

# 34 Jangan Hindari Persaingan

Jangan takut akan persaingan saat menjelaskan kepada investor atau konsumen. Jika ingin maju, jangan meminta belas kasihan orang lain akan bisnis Anda. Ingatlah bahwa saat adanya persaingan bisnis, ada pasar untuk bisnis Anda. Gunakan pengetahuan itu sebagai inspirasi untuk mengalahkan pesaing Anda.

#35 Keuntungan Promosi Gratis

Tidak ada yang mengalahkan kepuasan konsumen. Biarkan konsumen yang puas melakukan promosi secara gratis akan bisnis Anda. Fokuslah kepada kepuasan konsumen.

#36 Jejaring

Jangan takut untuk mengenalkan bisnis kepada publik. Baik melalui konferensi atau sekedar berkumpul dengan teman di kafe. Fokuslah pada jejaring lokal karena bepergian jauh berarti biaya berlebihan.

#37 Berikan Layanan Konsumen yang Prima

Membangun interaksi dengan orang lain merupakan bagian dari tugas bisnis. Bisnis Anda akan mendapat konsumen baru karena Anda membuat mereka merasa penting. Untuk contoh adalah Zappo. Brand ini bukanlah toko sepatu online yang pertama namun bisnis itu menyempurnakan divisi layanan konsumen dan akhirnya memenangkan hati konsumen.

# 38 Pastikan Situs Bisnis Anda Berfungsi

Konsumen potensial akan memiliki rasa ingin tahu akan bisnis Anda. Kemungkinan besar mereka akan menanyakan alamat situs online bisnis Anda. Jika Anda menyediakan website pastikan itu berfungsi.

#39 Tidak Perlu Berlebihan akan Kondisi Ekonomi

Beberapa bisnis terbaik diluncurkan saat resesi ekonomi. Nyatanya, setengah dari daftar Fortune 500 pada tahun 2009 didirikan pada masa resesi.

#40 Pastikan Anda tidak Memiliki Tunggakan Pembayaran Konsumen

Pastikan Anda menerima pembayaran akan produk atau jasa yang ditawarkan. Sekalipun Anda menyediakan keringanan berupa kredit konsumen, menyediakan mekanisme pembayaran online atau kartu kredit bisa menguntungkan bisnis Anda memastikan pembayaran mudah dilakukan.

#41 Temukan Karyawan yang Tepat

Pekerjakan orang yang tepat untuk mendukung bisnis Anda. Mau tidak mau, Anda akan membutuhkan jasa orang lain mengerjakan tugas spesifik bisnis. Itulah saat dimana Anda membutuhkan orang yang memiliki kualifikasi khusus.

#42 Berikan Tanggung Jawab

Limpahkan tanggung jawab kepada karyawan. Ini merupakan bentuk manajemen efektif.

# 43 Kejujuran Merupakan Kebijakan Bisnis Terbaik

Jika ada masalah seputar tenaga kerja, pastikan hal itu terselesaikan. Tidak ada yang suka dengan gossip.

#44 Ingatlah Bahwa Beda Itu Menarik

Pekerjakan orang yang memiliki keahlian dan kepribadian berbeda dengan Anda. Mereka akan menantang Anda. Mereka juga membawa perubahan kepada bisnis dengan cara berbeda.

#45 Selamat Tinggal Zona Nyaman

Saat Anda memutuskan belajar bisnis, Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk bisnis Anda. Sekalipun Anda merencanakan kumpul dengan teman di akhir pekan, bisa saja itu batal dalam seketika. Semoga saja orang terdekat Anda bisa memahaminya.

#46 Sadari Bahwa Anda akan Menjadi orang Terakhir yang Dibayar

Sebagai pemilik bisnis, Andalah yang terakhir menerima uang. Itulah bagaimana bisnis tumbuh sampai ada cukup pemasukan keuntungan.

#47 Sampailah Pada Definisi Sukses yang Bermanfaat




Karena bisnis Anda tidak membuat Anda milyuner bukan berarti bisnis Anda gagal. Jika Anda berhasil membuat keuntungan atas sesuatu yang menjadi minat Anda, bukankah itu sebuah kesuksesan?

#48 Sadari Kapan Waktu untuk Pindah

Kegagalan tidak dapat dihindari. Jika sesuatu tidak berfungsi sebagaimana mestinya meskipun Anda sudah melakukan secara habis-habisan maka lupakan harga diri dan tutup bisnis Anda. Kondisi ini akan sulit diterima namun perlu dilakukan karena ini yang terbaik.

#49 Jangan Cuma Mengandalkan Masukan Orang Lain

Sekalipun postingan ini menawarkan banyak tips belajar bisnis yang bermanfaat, pesan terbaik adalah sesuatu yang didapat secara sulit. Saat beberapa orang menawarkan jasa bantuan memulai bisnis startup, sadari bahwa pada akhirnya Andalah orang terakhir yang memegang kunci bisnis dan bertanggung jawab penuh. Jika Anda paham apa yang berfungsi dan apa yang tidak, Anda akan menumbuhkan keahlian untuk menumbuhkan bisnis kearah sukses.

Siap Belajar Bisnis Untuk Meraih Sukses?

Itulah kesemua tips belajar bisnis yang akan membantu Anda meraih sukses tahap demi tahap. Jika Anda memiliki ketertarikan belajar bisnis, tentu Anda memiliki pendapat akan hal ini. Silahkan berbagi pendapat ataupun pengalaman Anda dalam belajar bisnis untuk meraih kesuksesan.


One Response

  1. reza ikhlasul Agustus 1, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+