13 Hal Yang Jangan Sampai Anda Katakan Pada Orang Depresi

  • 4
    Shares

Anda pernah dengar ungkapan bahwa orang depresi hanyalah menyesali diri mereka sendiri?

Tidak hanya pernyataan itu salah melainkan itu juga menjadi sangat kejam untuk dikatakan.

Untuk mengatakan suatu hal umum tentang semua orang dengan semua kondisinya bukanlah ide yang bagus. Pernyataan seperti itu hanya akan melahirkan kesalahpahaman. Tentu saja itu merupakan suatu kemalangan. Ini karena jika seseorang depresi dan orang disekitarnya semakin menjatuhkan karena kondisi mereka, respon itu akan semakin membuat trauma.

Semua orang bisa saja mengalami depresi. Jika ada orang yang mengejek kondisi Anda bukan tidak mungkin Anda akan mengalami depresi juga. Jika mereka tetap membuat Anda tidak nyaman maka lambat laun akan tercipta jarak antara mereka dan Anda. Jarak yang tercipta merupakan proses manusiawi karena Anda ingin melindungi diri sendiri.

Depresi Merupakan Kondisi Nyata

Mungkin dokter tidak mengetahui pasti penyebab depresi. Meskipun demikian ada dua hal umum penyebab depresi yaitu fisik dan non fisik. Dalam banyak kasus, seseorang yang mengidap depresi akan membutuhkan suatu AKTIVITAS dan PERUBAHAN atas situasi mereka untuk memperbaiki atau menghilangkan depresi. Umumnya juga, menghilangkan depresi membutuhkan waktu. Jadi untuk orang-orang sekitarnya, belajar bagaimana menghadapi depresi yang dialami orang tersayang akan sangat membantu seiring dengan upaya memenuhi hidup dengan kebahagiaan.

Mendengarkan Adalah Kunci Utama

Hal baiknya adalah ada banyak cara untuk dapat terhubung dengan orang depresi tanpa terbebani dengan kesedihan mereka. Itu berarti Anda tidak perlu menjadi depresi juga untuk memahami mereka. Apa yang dibutuhkan pengidap depresi adalah kasih sayang, perhatian, dan dukungan tanpa pamrih dari orang-orang yang mereka percayai. Terkadang, sekedar mendengarkan keluhan tanpa memberikan masukan kecuali perhatian dan dukungan adalah hal utama yang diperlukan.

Meskipun demikian, jika seseorang yang depresi mulai membuka diri dan berbicara akan masalah mereka, namun Anda tidak nyaman dengan detil yang diceritakan, Anda dapat menawarkan orang lain yang mungkin dapat membantu mereka dengan lebih baik. Biarkan mereka tahu bahwa Anda ingin yang terbaik untuk mereka dan Anda akan membantu mereka mendapatkannya. Mereka tidak perlu takut untuk mencari pertolongan yang terbaik.

Apa Yang Dapat Anda Lakukan?

Untuk mendukung seseorang dalam hidup Anda yang terkena depresi, Anda dapat memulai dengan mengembangkan pandangan objektif akan situasi mereka. Ingatkan diri sendiri bahwa seseorang dengan depresi merupakan sosok individu yang kuat yang harus menjalani hidup melalui apapun yang membuat mereka depresi. Karenanya, sebenarnya mereka sudah memiliki jalan keluar untuk mengatasi depresi. Mereka tidak membutuhkan orang lain untuk “memperbaiki”. Mereka hanya perlu untuk MERUBAH kesehatan dan cara berpikir yang menjadi penyebab depresi.

Pengobatan dengan Kehadiran Kasih Sayang

Apa yang diinginkan seorang pengidap depresi umumnya adalah perasaan terhubung kepada orang yang disayang, yang diyakini tidak akan menyakiti sebagaimana mereka disakiti dalam masa lalunya. Dan paling pentingnya, mereka ingin berhenti menyakiti namun tidak tahu caranya. Itu sebabnya mereka tertahan dalam situasi depresi. Mereka tidak tahu apa yang mereka tidak tahu.

Dengan belajar bagaimana cara terhubung dengan seorang pengidap depresi, hubungan Anda akan selalu baik tanpa memaksakan kehendak. Bahkan Anda membantu penyembuhan depresinya.

Daftar berikut ini adalah hal yang jangan sampai Anda katakana pada orang depresi:

  • Kamu hanya merasa menyesal pada diri sendiri
  • Depresi hanyalah cerita hidup yang harus dilalui
  • Jangan dekat-dekat, depresi itu menular
  • Kamu gila ya
  • Kamu tidak akan bahagia
  • Kamu pecundang
  • Apa masalahmu?
  • Kamu punya masalah
  • Kamu tidak punya teman, tidak ada yang mau dekat kamu
  • Jika kamu depresi itu berarti kamu lemah
  • Cuma perempuan yang depresi
  • Ada yang salah dengan kamu
  • Kamu gak berguna dan malas

Sudah paham maksudnya? Jika menyakitkan jangan dipikirkan jangan diucapkan.

Baca: Tips Ampuh Mengatasi Kegagalan

Pernyataan Positif dan Mendukung untuk Pengidap Depresi

Aku disini jika kamu membutuhkan teman berbicara dan aku akan mendengarkan

Aku tidak akan bisa memperbaiki masa lalu kamu, namun aku disini untuk mendengarkan jika kamu ingin bicara

Tidak peduli apa yang terjadi padamu di masa lalu, sosok yang kutahu, siapa kamu, adalah orang yang luar biasa dan menyenangkan. Aku senang bisa mengenalmu dalam hidup ini.

Terus buatlah pilihan haya hidup yang menguatkan dirimu, bukan melemahkanmu. Kamu pantas untuk menjadi lebih baik

Depresi akan menjadi sementara jika kamu menginginkannya. Lanjutkanlah hidup dalam jalur kasih sayang.


  • 4
    Shares

Leave a Reply

Close
HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+