Perkembangan Industri Sepatu di Indonesia, Seperti Apa?


Perkembangan industri sepatu di Indonesia semakin pesat. Indonesia kini masuk sebagai produsen terbesar kelima dunia untuk produk sepatu. Tahun 2016 saja, tingkat pertumbuhan industri ini mencapai 8,15% sesuai konfirmasi dari Direktur Jenderal Industri Kimia, Tekstil dan Aneka, Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono.

Indonesia kini dikenal sebagai produsen alas kaki dan sepatu berkelas dunia. Berada di urutan kelima dengan urutan China, India, Vietnam, Brasil, baru Indonesia.

Perkembangan industri sepatu di Indonesia bahkan melebihi pertumbuhan industri non migas yang berjumlah 4,42% pada tahun 2016.

Dalam hal ekspor, nilai ekspor sepatu naik 2,95% dengan surplus mencapai US$ 4,15 miliar. Tidak heran jika industri sepatu masuk kedalam industri utama dan andalan periode 2015-2035. Jumlah tenaga kerja yang terserap di industri sepatu mencapai 700ribu tenaga kerja.

Didukung dengan system perdagangan terbuka, pendekatan yang harus dilakukan oleh industri sepatu adalah meningkatkan daya saing produk.

Pemerintah melalui Kementerian perindustrian mendukung lahirnya brand sepatu lokal berdaya saing global yang diproduksi oleh industri kecil menengah domestik. Pihak Kemenperin sekarang ini mempunyai Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) yang akan berperan untuk meningkatkan standar kompetensi para sumber daya manusia di industri ini. Selanjutnya juga BPIPI berperan dalam menumbuhkan kewirausahaan serta mendorong kegiatan national branding untuk sektor industri alas kaki.

Potensi untuk mengembangkan industri kecil menengah sepatu lokal sangat besar dikarenakan meningkatnya konsumsi per kapita masyarakat Indonesia dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Jika dulunya konsumsi sepatu masyarakat hanyalah dua pasang dalam setahun kini menjadi lebih dari tiga pasang dalam satu tahun.

Proyeksi Perkembangan Industri Sepatu di Indonesia

Di masa mendatang, diprediksi jumlah konsumsi alas kaki di Indonesia akan naik beriringan dengan semakin baiknya daya beli masyarakat ditambah pertumbuhan jumlah penduduk.

Anda berminat untuk mendalami usaha alas kaki saat ini? Tentu saja kondisi ini merupakan sinyal positif untuk Anda lebih serius dalam mengembangkan usaha alas kaki. Jika memang berminat di bidang usaha ini jangan lupa untuk tingkatkan daya saing kualitas produknya ya.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+