Mengembangkan Usaha Kecil dengan Blog

Mengembangkan usaha kecil dengan blog mungkin dilakukan. Blog merupakan kegiatan online yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha kecil jika menerapkan tips ngeblog yang efektif. Dengan sedikit sentuhan keorganisasian sebuah usaha kecil dapat mengembangkan bisnisnya melalui sarana blog. Dalam hal tertentu ini bisa berarti efisiensi baik dari segi biaya maupun tenaga.

Kegiatan mengembangkan usaha kecil dengan blog dapat dilakukan dengan biaya minim untuk memberi tampilan dengan desain memukau dan konten berkualitas. Anda bisa saja membayar jasa orang lain untuk itu. Pada akhirnya fungsi utama blog bagi usaha kecil adalah untuk mendukung pemasaran dan layanan konsumen.

Blog dapat sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha kecil dengan modal minim. Melalui media ini Anda bisa saja mendapatkan konsumen yang tidak mungkin Anda dapatkan sebelumnya atau bahkan memangkas mahalnya biaya promosi yang biasa Anda habiskan.

Bagaimana blog bisa menguntungkan untuk usaha kecil?

Usaha kecil dapat berkembang melalui blog dengan melihat berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan melalui aktivitas ini. Kegiatan melalui blog dapat memberikan beberapa keuntungan untuk mengembangkan usaha kecil diantaranya :

  • Blog Anda bisa berfungsi sebagai sebuah wadah bagi para pemilik usaha kecil untuk membicarakan berbagai hal yang berkaitan dengan usaha kecil. Misalnya produk yang dipasarkan, pangsa pasar, perkembangan bidang industri yang Anda geluti dengan cara-cara mudah dan murah
  • Blog memungkinkan pemilik usaha kecil memiliki sarana baru untuk promosi berbagai kepentingan bisnis. Bisa produk terbaru Anda, pengumuman terkait usaha kecil Anda atau apapun informasi penting yang ingin Anda sampaikan kepada calon konsumen.
  • Blog juga bisa memberi pemilik usaha kecil pencitraan sebagai ahli di bidangnya. Dengan demikian bisa jadi Anda sebagai pelaku usaha kecil menjadi sumber rujukan atas permasalahan bisnis yang dihadapi pelaku usaha kecil lainnya. Pelaku usaha kecil tentu saja ahli di bidangnya dan tidak ada salahnya Anda mendapat keuntungan dari keahlian yang Anda miliki.

Misalkan sebut saja Anda pemilik blog tentang busana muslim dimana Anda juga pelaku usaha kecil di busana muslim. Dengan semua keahlian dan pengalaman yang Anda miliki untuk mengembangkan usaha kecil Anda bisa juga menjawab berbagai tantangan yang dihadapi pelaku usaha kecil busana muslim lainnya. Anda bisa menjadi narasumber bisnis bagi pelaku usaha kecil lainnya yang sangat kredibel, karena Anda memang benar-benar melakoni sendiri usaha kecil Anda.

  • Blog memudahkan usaha kecil untuk langsung terkoneksi dengan klien (pembeli atau pelaku usaha kecil lainnya), calon konsumen atau pembaca. Keuntungan bila Anda memiliki sebuah blog adalah sifatnya yang dinamis dalam interaksi. Salah satu contoh nyata dalam interaksi ini adalah munculnya percakapan melalui kolom komentar. Munculnya dialog dalam blog Anda dapat menjadi faktor pembentuk kredibilitas Anda sebagai pemilik blog sekaligus pelaku usaha kecil.
  • Blog bisa menumbuhkan kepercayaan konsumen. Seperti sudah sedikit diungkap sebelumnya bahwa blog bisa memberikan Anda kredibilitas di sisi lain blog bisa menumbuhkan kepercayaan konsumen kepada Anda sebagai pemilik usaha kecil. Kemudahan konsumen untuk berdiskusi secara langsung dengan pemilik usaha (melalui blog) itulah kuncinya. Konsumen akan semakin percaya jika dapat langsung berbicara dengan Anda selain itu Anda juga semakin mengerti apa yang sebenarnya diinginkan konsumen atas produk usaha kecil Anda.

Setidaknya itulah bagaimana Anda bisa mengembangkan usaha kecil dengan blog. Namun demikian, tanpa bermaksud menakut-nakuti Anda, blog merupakan suatu bentuk media sosial, karenanya ada kewaspadaan yang harus Anda ketahui bila membuat blog untuk mengembangkan usaha kecil. Berikut ini kewaspadaan yang perlu Anda tahu itu

Kritisi konsumen atas kualitas produk

Jika konsumen menganggap produk Anda kurang berkualitas atau apapun kritisi dari mereka tentu para konsumen akan dengan mudah menyebarkan kritisi itu dengan mudah melalui berbagai paltform media sosial yang ada. Bisa twitter, facebook atau platform lainnya.

Jika ini terjadi maka Anda harus siap menghadapinya.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah blog Anda bisa berfungsi sebagai pelindung. Jika Anda berhasil membangun komunitas konsumen yang loyal melalui blog Anda tentu kritisi itu dapat terjawab dengan sendirinya oleh komunitas yang loyal kepada blog Anda.

Atau Anda dapat mencatat berbagai kritisi yang muncul dan memberi penjelasannya melalui blog Anda agar dapat diketahui oleh publik. Dengan demikian Anda sebagai pemilik usaha kecil menunjukkan kepedulian atas kepuasan konsumen. Pada akhirnya kepercayaan konsumen akan semakin terpusat kepada produk Anda karena mereka melihat bahwa Anda peduli dan aktif melalui blog Anda dalam menjawab keperluan mereka.

Waktu yang kurang tepat untuk kampanye produk

Masih berkaitan dengan “kritisi”. Jika memang terjadi maka ada baiknya Anda fokus pada menanggapi kritisi itu terlebih dahulu. Meskipun Anda memiliki jadwal untuk launching produk baru atau berbagai kampanye produk lainnya.

Misalkan, sangatlah berdampak buruk jika produk Anda sedang bermasalah di pasaran dan konsumen sudah melancarkan protes di berbagai media sosial namun Anda malah melakukan pengumuman produk baru melalui blog Anda. Waktunya kurang tepat. Ini menunjukkan betapa tidak pedulinya Anda kepada konsumen. Jadi fokuslah pada peningkatan kepuasan konsumen dengan menanggapi kritisi yang muncul.

Siap Mengembangkan Usaha Kecil dengan Blog?

Memulai sebuah blog untuk tujuan mengembangkan usaha kecil tidak selalu menghabiskan biaya besar. Hampir semua informasi yang Anda butuhkan untuk memulai sebuah blog tersedia secara gratis di internet. Yang perlu Anda lakukan adalah memilih sumber yang terpercaya dan mudah untuk dipahami.

Kunci utama dalam mengembangkan usaha kecil dengan blog adalah ketekunan dan konsistensi dalam melakukan pembaharuan konten blog Anda. Konten blog bisa berupa apa saja, bisa artikel tentang kegiatan Anda pada hari tertentu, permasalahan yang sedang Anda hadapi dalam usaha kecil Anda, bagaimana Anda mengatasi masalah yang Anda hadapi, sampai foto atau video kegiatan yang dapat menarik minat pengunjung blog.

Jika sudah demikian blog Anda akan semakin disukai mesin pencari dan bukan tidak mungkin akan didatangi banyak pengunjung yang berasal dari mesin pencari. Dengan demikian blog bisa menjadi sarana lengkap untuk mengembangkan usaha kecil Anda, blog berfungsi sebagai sarana pemasaran, menangkap minat konsumen, ide pengembangan produk baru, layanan konsumen dan sebagainya.

Jadi bagaimana menurut Anda? Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar yang tersedia atau mungkin Anda adalah salah satu orang yang mengembangkan usaha kecil dengan blog dan ingin menambahkan sesuatu? Kami dengan senang hati akan membahasnya.

Artikel ini bermanfaat? Beri dukungan dengan “like” pada fanpage kami

Ingin menyumbang pemikiran Anda melalui artikel di blog ini? Silahkan kirimkan karya tulis Anda (seputar bisnis online atau internet) ke kontak kami dan biarkan pesan Anda disimak oleh ribuan pengunjung harian blog ini.

Image courtesy of jscreationzs at FreeDigitalPhotos.

3 Comments

  1. Pingback: APA ITU NICHE BLOGGING : arman-share Februari 26, 2013
  2. Pingback: Cara Menulis Blog Yang Menarik I Agustus 18, 2013
  3. fidi Desember 24, 2013
  4. bag kinantan Desember 26, 2014

Leave a Reply

CommentLuv badge