Bagaimana Harga Properti di Indonesia Dipengaruhi Suku Bunga?

  • 1
    Share

Sejak 17 Maret 2016 Bank Indonesia telah mengurangi nilai suku bunga dasar sebanyak 25 poin menjadi 6,75%. Tahukah Anda bahwa harga properti di Indonesia dipengaruhi suku bunga? Jika Anda berniat membeli sebuah property baik untuk tempat tinggal ataupun untuk investasi, postingan ini akan sangat bermanfaat untuk tambahan pertimbangan Anda sebelum membeli properti di Indonesia.

Lantas, bagaimana harga properti di Indonesia dipengaruhi suku bunga?

Jawabanya tidak semudah membalik telapak tangan. Pada dasarnya perubahan suku bunga dasar memiliki efek berantai atas nilai pendapatan sebuah produksi seperti properti, Tidak hanya properti, kendaraan pun akan ikut terpengaruh.

Tidak sedikit yang keliru dengan memfokuskan perubahan suku bunga Kredit Pemilikan Rumah untuk menentukan nilai sebuah property di Indonesia.

Pada dasarnya suku bunga dasar yang ditetapkan akan turut mempengaruhi perpindahan modal, permintaan dan penawaran modal termasuk berapa banyak yang diperoleh investor saat melakukan investasi. Itu sebabnya sebuah suku bunga akan membawa perubahan harga properti dengan banyak ragamnya.

Penilaian Dasar

Pemahaman serupa dengan analisis arus kas diskon, dipakai untuk nilai obligasi dan ekuitas. Penilaian diawali dengan memprediksi nilai pendapatan yang dihasilkan melalui suatu properti dengan mengkalkulasikan pembayaran sewa dikali biaya rata-rata setiap kamar.

Kemudian sebuah nilai biaya properti, mencakup dana belanja melalui analisa ini dapat dilihat berapa nilai pendapatan bersih operasional atau mudahnya, sisa uang dari seluruh biaya yang dikeluarkan.

Jika Anda tidak menghiraukan semua biaya modal, Anda dapat melihat jumlah bersih arus kas. Melalui perhitungan arus kas dalam sebuah periode investasi, maka sebuah nilai properti bisa dipastikan.

Perpindahan Modal

Sebuah perbedaan dalam arus modal akan memberi dampak langsung bagi permintaan dan penawaran properti. Biaya untuk mendapatkan modal serta ketersediaan modal akan memberi dampak penawaran yang ada.

Memasukan tambahan modal bisa dipakai untuk pembuatan properti termasuk memberi dampak pada kemungkinan pembelian masyarakat umum. Kedua aspek itu akan saling terkait dan memberi efek dalam penentuan harga sebuah properti di Indonesia.

Potongan Harga

Mengingat kita berada dalam kompleksitas ekonomi saat ini, maka terdapat hal utama yang menjadi faktor penting sebagai penentu harga properti.

Satu akibat nyata dari kenaikan suku bunga dapat dilihat dari derivasi potongan harga. Investor akan meningkatkan premi resiko untuk tingkat resiko bebas dalam menentukan hasil resiko yang tepat dan dibutuhkan dalam setiap investasi.

Saat pendapatan yang semestinya diperoleh melalui investasi pengganti mendapat penambahan, harga properti akan rendah, sama halnya saat suku bungan turun maka harga properti cenderung naik.

Jadi Bagaimana Harga Properti di Indonesia Dipengaruhi Suku Bunga?

Tingkat suku bunga akan memberi efek pada kemudahan modal dan menambah permintaan melakukan investasi. Arus penambahan modal ini akan berdampak pada permintaan dan penawaran properti, termasuk harga properti.

Suku bunga juga akan memberi efek pada keuntungan investasi pengganti dan kenaikan harga sebagai penghitungan resiko dalam investasi properti.

Saat investor memperkirakan ada penambahan volatilitas di masa mendatang atau di tingkat yang beresiko, sebuah premi resiko akan meningkat dan kondisi itu akan mendorong turunnya harga properti.

Pemerintah memahami bahwa menurunkan suku bunga mungkin belum memberi efek signifikan pada perkembangan ekonomi namun pada dasarnya kendali atas inflasi akan terus dilakukan termasuk mendukung dorongan untuk pembangunan dan menjamin perubahan struktural yang memadai aka nada sebagai cara memelihara pertumbuhan berkelanjutan ekonomi secara jangka panjang.


  • 1
    Share
  • 1
    Share

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+