Cara Menulis Blog Yang Menarik

Blog bisa dibilang sebagai salah satu bentuk jurnal online yang bisa dimanfaatkan untuk catatan pribadi sampai memberi manfaat pengguna internet yang mencari informasi tersebut. Dalam konteks ini banyak orang menulis blog untuk membuat rekam jejak perjalanan hidup mereka sampai alasan bisnis.

Apapun alasannya penting bagi blogger untuk mengetahui tips ngeblog terkait cara menulis blog yang menarik agar konten blog yang diberikan tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri tapi juga bermanfaat untuk siapapun yang melihatnya.

Apa saja cara menulis blog yang menarik itu?

Jangan Biarkan Pembaca Bosan, Kembangkan Inspirasi

Ingat bahwa blog merupakan komunikasi dua arah. Jagalah agar percakapan tetap hidup dalam konten blog Anda. Beri sesekali pertanyaan atau kalimat yang menggugah pembaca untuk ikut berpikir atas apa yang Anda tulis. Dengan demikian pembaca tidak akan jenuh menikmati konten blog Anda.

Baca : Bagaimana Cara Menemukan Gaya Penulisan Blog Yang Berkualitas?

Pertimbangkan siapa kira-kira pengunjung blog Anda nantinya. Jika blog Anda merupakan blog personal dan prediksi pengunjungnya adalah teman-teman dekat Anda maka penggunaan “bahasa teman” mungkin lebih baik diterapkan ketimbang bahasa formal.

Coba lihat blog lain. Coba berkunjung ke blog lain yang menurut Anda sama dengan minat Anda akan blogging. Coba baca beberapa postingan dan perhatikan panjang pendek postingan, intensitas penerbitan konten baru, gaya penulisan dan pembahasan masalahnya. Anda mungkin sekali menemukan inspirasi untuk blog sendiri setelah melihat konten blog lain.

Perbaharui Konten Blog

Blog yang menarik perhatian pembaca adalah blog yang konsisten memperbaharui kontennya. Pembaca selalu haus akan informasi oleh karenanya sudah menjadi tugas blogger memberikan informasi itu. Jika Anda ingin memulai sebuah blog, persiapkan diri untuk meluangkan waktu menulis lebih sering dalam sehari, dua hari atau tiga hari. Jika Anda ingin ngeblog maka Anda harus ngeblog secara rutin. Jika Anda merasa tersiksa membuat satu postingan, mungkin blog bukan hal yang tepat untuk Anda.

Anda dapat melakukan pembaharuan konten secara terjadwal atau setidaknya pastikan Anda melakukannya. Terkadang semangat menulis tidak selalu datang maka dari itu memastikan ada postingan baru entah itu dalam seminggu atau sebulan atau bahkan tiga kali dalam sehari lakukan saja terlebih dahulu. Inspirasi tidak datang setiap saat, maka dari itu lebih baik Anda melakukan update kapanpun Anda siap daripada tidak sama sekali.

Undang Interaksi

Seperti sudah dibahas sedikit di atas. Blog merupakan komunikasi dua arah. Jadi pastikan ada interaksi dalam blog Anda. Interaksi dapat berupa dua hal. Pertama sinyal sosial. Sinyal sosial melalui pemberian “tombol sosial” seperti facebook like, tweet dsb atas setiap konten Anda sehingga pembaca yang ingin berbagi konten blog Anda dengan temannya akan dengan mudah melakukannya. Kedua melalui komentar. Kolom komentar memberi kemudahan pembaca untuk langsung berkomentar atas apa yang dilihatnya. Pemilik blog pun akan dengan mudah membalas komentar secara spesifik kepada penanya.

Kolom komentar merupakan cara terbaik untuk meningkatkan interaksi dalam blog Anda. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan kolom komentar pastikan Anda memperhatikannya. Fitur komentar blog ini memungkinkan siapapun meninggalkan komentar di blog Anda dan kemungkinan Anda tidak selalu suka atas komentar-komentar yang diberikan. Sebagai contoh : pembuat komentar spam akan mencari keuntungan dengan meninggalkan komentar yang tidak perlu di blog Anda. Sebuah software (misalnya akismet) dapat memudahkan Anda menghilangkan komentar seperti itu, atau jika tanpa software, Anda juga dapat melakukan pengawasan komentar secara manual.

Siap Menulis Blog?

Inilah tips mudah untuk menulis blog lebih baik lagi. Semoga bermanfaat.

*Postingan ini membantu? Beri like pada fanpage kami.

Image courtesy of FreeDigitalPhotos

Punya pengalaman dalam menulis blog? Punya cara menulis blog yang lebih baik lagi? Silahkan berbagi komentar dengan pembaca lainnya.

 

5 Comments

  1. bayu Agustus 18, 2013
  2. Yos Beda Agustus 19, 2013
    • Okto Agustus 19, 2013
  3. Megi Tristisan Agustus 21, 2013
    • Okto Agustus 21, 2013

Leave a Reply

CommentLuv badge