Membangun Kepercayaan Online

Membangun kepercayaan online sangatlah penting terlebih saat Anda belajar internet marketing. Hal ini menjadi lumrah karena banyak yang sudah menjadi korban program-progam yang sangat menjanjikan namun hasilnya “nol”. Akibat program seperti itulah bisnis online berada dalam situasi yang tidak menguntungkan. Yaitu keadaan dimana pesimisme konsumen sangat tinggi. Oleh karena itu, Anda perlu tahu bagaimana membangun kepercayaan online itu.

Dalam setiap transaksi jual beli selalu terdapat kepercayaan yang diberikan pembeli kepada penjual. Jika kepercayaan itu tidak ada maka tidak akan pernah ada penjualan.

Dalam hal bisnis online, beberapa konsumen selalu pesimis. Golongan ini selalu mencari letak penipuan dari setiap bisnis online yang ada. Ini menjadi kepuasan tersendiri jika mereka berhasil membuktikan bahwa suatu bisnis online adalah penipuan. Sayangnya sikap seperti itu membawa mereka kepada kegagalan dalam melihat peluang dan kualitas suatu produk maupun jasa.

Terlepas dari itu, setiap pembeli memiliki hak untuk menyelidiki apakah suatu bisnis online itu legal atau tidak. Pada tingkat ini Anda perlu membuktikan bagaimana tawaran Anda dapat membuahkan hasil sesuai janji. Menerapkan cara-cara mudah yang benar-benar membuahkan hasil untuk meyakinkan calon pembeli sangat memberi perbedaan dalam hal kesuksesan atau kegagalan di bisnis online.

Tips Membangun Kepercayaan Online

Membangun kepercayaan online dapat dilakukan dengan berbagai cara, beberapa diantaranya mungkin sudah Anda lakukan sedangkan cara lainnya mungkin tidak disadari telah dilakukan.

Sebagai contoh, seorang pembeli mungkin mencari ulasan dari orang lain atas produk yang Anda tawarkan. Dalam pencarian ulasan itu bisa menjadi momen yang sangat menentukan calon pembeli apakah akan membeli produk Anda atau tidak. Selain ulasan, hal yang bisa mempengaruhi konsumen menerima tawaran Anda adalah reputasi Anda di internet.

Kepercayaan adalah sebab sebuah branding menjadi penting untuk perusahaan besar. Sebuah strategi brand awareness kerap berakhir pada membaiknya kepercayaan konsumen dimana hal ini berujung pada meningkatnya penjualan. Sebut saja Coca Cola, Pepsodent, atau Apple. Kepercayaan konsumen sangat tinggi terhadap ketiga nama produk tersebut bukan?

Sebuah usaha kecil yang sangat bergantung pada internet sebagai media penjualan, ada beberapa tips membangun kepercayaan online, sekalipun dana yang tersedia untuk itu tidaklah besar. Untuk usaha kecil tentu akan menghindari biaya iklan yang mahal seperti iklan televisi, sewa model papan atas, atau papan reklame. Yang Anda perlukan adalah menjadi diri sendiri dan memberi pertolongan sebanyak mungkin.

Berikut ini adalah tips mudah membangun kepercayaan online :

Cara paling ampuh adalah dengan menjadi sumber solusi. Jika Anda menyediakan informasi yang sangat bermanfaat, dan secara konsisten menunjukkan pemahaman atas apa yang Anda kuasai selama jangka waktu tertentu, reputasi Anda akan meningkat seiring dengan bertambahnya kepercayaan konsumen kepada Anda.

Cara Anda memberikan informasi sangatlah esensial. Memang benar bahwa menyediakan informasi bermanfaat sangatlah berguna. Namun demikian, jika informasi itu dikemas dengan cara yang membosankan atau sulit dimengerti “manfaat” tersebut bisa hilang.

Sentuhan personal sangatlah penting bagi usaha kecil yang didasarkan pada pencitraan diri. Informasi apa yang Anda buat dan cara menyampaikannya merupakan bahan utama dalam kesuksesan Anda. Untuk memberi sentuhan personal itu Anda dapat bermain melalui tampilan foto asli diri sendiri (sehingga pembaca tahu siapa dibalik informasi bermanfaat itu), penggunaan audio visual yang menampilkan pembicaraan alamiah dalam hal penyampaian pesan.

Jangan takut menunjukkan kesalahan. Manusia selalu berbuat salah. Jika Anda berbagi kesalahan dan pelajaran apa yang Anda bisa ambil, ini akan menambah kepercayaan konsumen kepada Anda. Keadaan malah bisa bertambah parah jika Anda tidak pernah mengakui kesalahan, atau berusaha menyalahkan orang lain jika itu menimpa Anda.

Evaluasi hasil dari konsumen Anda. Ini merupakan cara terbaik dalam membangun kepercayaan online. Jika Anda membuat evaluasi atas hasil yang diperoleh konsumen atas produk Anda dan memaparkan hasilnya akan menignkatkan kepercayaan online. Karena konsumen sadar bahwa orang lain (tanpa kebohongan) telah memperoleh hasil nyata.

Berikan pelayanan prima. Kedepankanlah kualitas pelayanan atas setiap calon konsumen yang datang kepada Anda atau menunjukkan ketertarikannya kepada produk yang Anda tawarkan. Jangan memaksa namun berikanlah manfaat yang ditawarkan. Jika memungkinkan, berikanlah bukti.

Hal utama dalam membangun kepercayaan online adalah (jujur) dalam menjadi diri sendiri dan niat sungguh-sungguh dalam memberi manfaat. Jika hal ini Anda terapkan dalam prinsip bisnis online khususnya melalui facebook, blog, twitter atau media sosial lainnya, sangat sulit konsumen untuk tidak mempercayai Anda. Satu-satunya penyebab kegagalan adalah Anda tidak melakukannya sekarang juga.

Siap Membangun Kepercayaan Online untuk Bisnis Anda?

Saat ini jangan pernah berpikir konsumen mudah ditipu, disisi lain banyaknya program online yang bersifat penipuan membuat sulit untuk membangun kepercayaan online. Namun, jika Anda melakukan ini dengan benar, dari sepuluh orang yang menuduh Anda penipu dalam bisnis online akan ada ratusan konsumen potensial yang memberi kepercayaannya kepada Anda dan bisnis yang Anda jalankan. Selmat mencoba.

Image courtesy of www.gantibaju.com

2 Comments

  1. adi pradana Maret 26, 2013
  2. alfajri Maret 26, 2013

Leave a Reply

CommentLuv badge