Cara Membuat Logo Bisnis Sendiri

Anda membutuhkan sebuah logo untuk bisnis Anda dengan cepat? Jika jawaban Anda “ya” maka postingan ini tepat untuk Anda. Postingan ini akan membahas tahap demi tahap bagi Anda untuk bisa membuat logo bisnis sendiri dengan waktu singkat tanpa keahlian desain.

Saat Anda sudah tahu bahwa Anda memerlukan sebuah logo terkadang Anda tidak memiliki ide untuk membuat logo bisnis yang bagus. Bisa saja Anda menyewa jasa desainer, namun jika Anda baru merintis usaha tentu Anda harus hemat dalam mengelola modal usaha tanpa harus menghabiskan terlalu banyak modal untuk sebuah logo bisnis. Tidak jarang seseorang harus rela merogoh kocek jutaan sampai jutaan demi sebuah logo bisnis yang bagus.

Apa yang harus dilakukan?

Di tahap inilah postingan ini berusaha membantu Anda.

Namun sebelum praktik membuat logo mari kita pahami bersama kenapa logo itu penting untuk brand bisnis Anda.

Logo merupakan wajah sebuah bisnis. Logo merupakan tampilan grafis yang mewakili bisnis dan bisa bermanfaat untuk mempromosikan brand baik online maupun offline.

Sebuah analisa data yang dilakukan DesignBuddy terhadap brand papan atas dunia mengungkap bahwa logo-logo terkenal itu memiliki cirri khas utama yang dijadikan acuan untuk Anda membuat logo bisnis sendiri yang berkelas. Apa saja cirinya?

  • Logo sebaiknya sederhana. Sebuah logo bisnis yang sederhana akan mempermudah “perkenalan” dan membuat logo mudah diingat. Logo yang baik mampu menampilkan sesuatu yang tidak dapat diduga atau unik tanpa kesan berlebihan.
  • Logo sebaiknya mudah diingat. Mengikuti dengan ketat prinsip sederhana tadi, logo yang mudah diingat akan menjadi juara di bidang bisnis pilihan Anda. Desain logo yang efektif sebaiknya mudah diingat yang diwujudkan dengan kesederhanaan sebuah logo.
  • Logo sebaiknya tahan lama. Logo yang baik seharusnya tahan lama. Logo bisnis sudah selayaknya memprediksi masa depan yang artinya membuat logo bisnis yang akan efektif untuk 10 atau 20 bahkan 50 tahun kedepan.
  • Logo sebaiknya layak. Maksud kelayakan sebuah logo adalah logo itu mampu dinfungsikan untuk mencapai tujuannya.

Nah sudah tahu kan sekarang apa pentingnya sebuah logo untuk bisnis Anda? Yuk sekarang bikin logo pertama Anda.

Caranya cukup mudah. Pertama kunjungi tempat membuat logo bisnis ini.

Panduan Membuat Logo Sendiri 1

Segera mendaftar gratis agar bisa segera membuat logo bisnis sendiri. Jika sudah mendaftar, inilah tampilan dashboard Anda:

Panduan Membuat Logo Sendiri 1a

Jika sudah sampai di tempat membuat logo (lihat ilustrasi di atas) klik “create a logo”.

Anda akan dibawa ke halaman berikut ini:

Panduan Membuat Logo Sendiri 1b

Ada 4 langkah lanjutan yang harus dipenuhi yaitu “choose your activity type”, “choose logo concept”, “edit logo concept” dan “save logo concept”. Sekarang mari bahas satu per satu:

Cara Membuat Logo Bisnis Sendiri Tahap 1

Di bagian “choose your activity type” ini Anda diberi keleluasaan menentukan nama bisnis, slogan bisnis dan jenis aktivitas (atau jenis bisnisnya). Misalkan notordinaryblogger memilih informasi tahap 1 ini sebagai berikut company name: Notordinaryblogger, slogan: Online tips in Multilanguages, activity type: Internet (lihat screenshot diatas)

Jika sudah klik “next”

Cara Membuat Logo Bisnis Sendiri Tahap 2

Di bagian ini Anda akan memilih konsep logo bisnis yang Anda inginkan sesuai rancangan otomatis yang berdasarkan data base software khusus ini. Akan ada ratusan opsi yang siap dipilih sesuai keinginan Anda. Tidak perlu buru-buru, pilihlah yang paling sesuai dengan kata hati Anda.

Untuk sekedar ilustrasi, notordinaryblogger memilih cepat langsung di opsi tersedia di halaman 1 berikut ini:

Panduan Membuat Logo Sendiri 2b

Jika sudah tinggal klik “next”. Jika belum sreg jangan khawatir karena kita bisa kembali lagi atau cancel dan ulang proses dari awal.

Cara Membuat Logo Bisnis Sendiri Tahap 3

Di tahap ini, Anda diberi keleluasaan untuk mengedit logo yang sudah dipilih.

Panduan Membuat Logo Sendiri 3

Yang menarik disini adalah konsep logo tidak hanya disediakan untuk website saja tapi juga business card sampai letter head surat perusahaan.

Jika sudah sesuai tinggal klik “save”

Cara Membuat Logo Bisnis Sendiri Tahap 4

Panduan Membuat Logo Sendiri 4

Inilah tahap terakhirnya. Anda telah selesai membuat logo bisnis sendiri dan logo buatan Anda siap di download. Perlu diingat bahwa free download akan menampilkan watermark di logo bisnis Anda sehingga tentu akan menjadi kurang profesional untuk ditampilkan.

Notordinaryblogger memilih download for screen 1024px (png.jpeg). File apa saja yang didapatkan setelah proses pembayaran selesai?

Inilah isi filenya:

Panduan Membuat Logo Sendiri 6

 

Hasilnya sangat memuaskan untuk saya yang memang tidak punya keahlian teknis sedikitpun dalam hal desain grafis. Inilah beberapa isi file hasil membuat logo bisnis sendiri tersebut:

Flat Logo

2_Flat_logo_1024

White Logo On Color

3_White_logo_on_color1_512

White Logo on Black

5_White_logo_on_black_256

Gray Scale Logo

4_Grayscale_logo_192x75

 

Selesai membuat logo bisnis sendiri ini terpikir bahwa ternyata tempat membuat logo ini tidak hanya menolong pemula tanpa keahlian (seperti saya) yang ingin memiliki logo bisnis dengan harga murah saja tapi juga bisa menjadi sumber penghasilan dengan menjadi pembuat logo untuk mereka yang membutuhkan.

Tidak sampai 20 menit sebuah logo bisnis sudah jadi.

Praktikan Cara Membuat Logo Bisnis Sendiri ini Sekarang. Periksa tempat membuat logonya. Semoga bermanfaat.

11 Comments

  1. Romy Desember 24, 2015
    • Okto Desember 24, 2015
  2. iswanto Januari 29, 2016
  3. Wijaya Raya Januari 30, 2016
  4. Mujib Februari 3, 2016
  5. Wiwi Februari 15, 2016
  6. oyong ilham Februari 18, 2016
    • Okto Februari 18, 2016
  7. restoe Februari 22, 2016
  8. danar Maret 4, 2016
  9. Khair Maret 10, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge

Buat Tabungan dapat Secure Credit CardTabungan Online Bank Sinarmas
+