Manfaat Penting Sarapan Pagi Bagi Kecerdasan Otak Menurut Ahli

  • 3
    Shares

Manfaat penting sarapan pagi kira kira apa ya? Karena sudah rutin jadi jarang dipikirkan ya? Mungkin Anda pernah mendengar ungkapan, “Sarapan bagaikan raja, makan siang bagaikan pangeran dan makan malam bagaikan pengemis.” Ya, dari pada makan siang atau makan malam, sarapan pagi selalu lebih diutamakan.

Namun sarapan pagi kerap menjadi hal yang terlupakan oleh sebagian orang. Entah dengan alasan malas, terburu-buru, termasuk juga tidak suka. Padahal sarapan memiliki banyak manfaat khususnya bagi kesehatan dan kecerdasan otak.

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Menurut sebuah ulasan penelitian yang diterbitkan oleh “Italian Journal of Pediatrics” pada tahun 2013, menyebutkan bahwa mereka yang sarapan pagi memiliki konsumsi gizi keseluruhan yang lebih baik, bersamaan dengan peningkatan fungsi dan kerja kognitif yang meliputi memori dan fokus yang lebih baik daripada mereka yang tidak sarapan pagi.

Salah satucara sarapan pagi meningkatkan asupan gizi adalah dengan cara mengganggu penipisan nutrisi yang terus digunakan tubuh sambil memberikan yang dibutuhkan oleh sistem saraf pusat.

Meningkatkan Daya Ingat

Seperti yang dilansir oleh makalah yang diterbitkan“British Journal of Nutrition” pada tahun 2012, menyebutkan bahwa manfaat sarapan pagi bagi memori dan fokus akan ditingkatkan pada remaja yang makan sarapan pagi rendah glisemik dari pada mereka yang memiliki indeks glisemik tinggi atau melewatkan sarapan pagi. Itulah kenapa, saat sarapan pagi, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks seperti roti gandum, oatmeal dan makan berserat tinggi lainnya.

Baca: Tidak Makan Malam Bisa Menurunkan Berat Badan?

Daya ingat seseorang juga akan meningkat jika menambahkan asam lemak omega-3 dalam menu sarapannya, seperti biji rami. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan ceri dan beri berwarna gelap ke dalam menu sarapan, yang dapat meningkatkan daya ingat karena kandungan flavonoid-nya yang tinggi.

Kalian memang bisa mengonsumsi apa pun sebagai sarapan pagi. Karena kalori yang dikonsumsi saat sarapan dapat membantu memicu otak dan meningkatkan ingatan jangka pendek. Namun jika kalori yang di konsumsi saat sarapan terlalu banyak, hal itu justru akan berakibat pada menghambatnya kemampuan konsentrasi, seperti yang dilaporkan “Journal of Adolescent Health”. Makanan yang terlalu berat dapat membuat Anda mengantuk, lesu sehingga akan menyebabkan Anda kesulitan berkonsentrasi dan mengingat hal-hal penting.

Baca: Manfaat Minum Air Hangat Untuk Jantung

Setuju Dengan Manfaat Penting Sarapan Pagi Bagi Kecerdasan Otak Menurut Ahli?

Itulah ulasan manfaat sarapan paginya. Bagaimana menurut Anda? Adakah manfaat yang terlewatkan? Silahkan berbagi pendapat dan jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman Anda.


  • 3
    Shares
  • 3
    Shares

One Response

  1. Sagar Nandwani November 29, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+