5 Obat Dan Antibiotik Terbukti Ampuh Untuk Mencegah Dan Mengobati Bisul

  • 2
    Shares

Salah satu contoh jenis penyakit kulit yang banyak terjadi ialah bisul. Bisul merupakan peradangan kulit di bagian folikel/akar rambut yang disebabkan oleh infeksi dari kuman bernama staphylococcus aureus. Bisul menyerang siapa saja, tidak pandang usia dan jenis kelamin. Kerap kali bisul tumbuh di daerah-daerah yang mengandung kelenjar keringat diantaranya wajah, punggung, lipatan paha termasuk pada daerah tubuh yang sering digaruk.

Bisul memiliki bermacam-macam jenis, diikuti dengan gejalanya. Adapun faktor pemicu dari tumbuhnya bisul diantaranya: kurangnya menjaga kebersihan, tinggal di wilayah dengan udara panas sehingga lebih sering berkeringat, dan menurunnya daya tahan tubuh.

Baca: Cara Mengecilkan Perut Buncit Pria

Kebiasaan masyarakat adalah menganggap remeh adanya penyakit bisul sehingga membiarkannya sampai matang lalu mencoba mengeluarkan nanahnya dengan cara disodet hingga pecah. Cara seperti ini tidak benar, karena akan mengakibatkan menimbulnya bekas luka berbentuk lekukan di kulit.

Lalu bagaimana cara mengobati bisul? Karena dipicu oleh infeksi bakteri, maka pengobatannya pun harus menggunakan obat-obatan yang mengandung antibiotik. Berikut 5 antibiotik untuk bisul.

  1. Gentamicin

Gentamicin entah itu dalam bentuk krim ataupun salep, terbukti ampuh dalam mengatasi infeksi kuman staphylococcus yang menyebabkan bisul. Obat antibiotik untuk bisul ini bekerja dengan cara menghentikan proses sintesis protein bakteri. Dan terbukti cepat karena memiliki kelebihan yakni mudah diserap dalam kulit.

  1. Asam Fusidat (fucidic acid)

Ada pun obat antibiotik untuk bisul lainnya yakni Asam Fusidat. Asam Fusidat merupakan antibiotik untuk bisul yang ampuh karena bekerja dengan membunuh sel-sel bakteri dan menghambat perkembangan bakteri dengan sifat bakteriostatik-nya.

  1. Klindamisin

Obat antibiotik untuk bisul ini berbentuk tablet yang diminum 2 kali sehari sebanyak 1 kapsul. Cara kerja obat ini adalah dengan menembus jaringan lunak kulit sehingga efektif menyembuhkan bisul bernanah. Obat ini bisa dibeli di apotek dengan harga kurang lebih Rp 17.000

  1. Flucloxacillin

Antibiotik untuk bisul yang bisa dibeli dengan harga Rp 5.000 ini merupakan antibiotik yang lebih kuat dari antibiotik lainnya. Antibiotik ini mempunyai daya hambat yang kuat terhadap pertumbuhan bakteri, sehingga mampu membunuh bakteri yang bersifat resisten atau yang memiliki kekebalan tinggi.

  1. Amoxicillin

Amoxicillin bekerja dengan dengan cara membunuh bakteri penyebab bisul. Berbentuk tablet dengan harga Rp 5.000 per strip-nya. Cara mengonsumsinya adalah dengan meminumnya 1 tablet per hari.

Selain menggunakan obat-obatan di atas, ada juga antibiotik alami untuk mengobati bisul. Diantaranya adalah bawang putih, daun ubi jalar, parutan mentimun, serta daun bayam. Kandungan zat antibakteri yang dimiliki 4 bahan alami itu terbilang cukup ampuh digunakan sebagai antibiotik untuk bisul.


  • 2
    Shares

Leave a Reply

Close
HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+