Tidak Makan Malam Bisa Menurunkan Berat Badan? Apa Iya?

  • 27
    Shares

Tidak makan malam bisa menurunkan berat badan? Tidak sedikit lhoo yang meyakini hal ini. Nah, karena penasaran notordinaryblogger melakukan riset kecil sampai akhirnya merangkum beragam informasi yang didukung oleh studi. Dengan demikian kamu gak peru lagi pusing-pusing cari informasi yang membuat bingung masalah ini. Cukup baca saja artikel ini sampai tuntas.

Baca Juga: Cara Diet Tanpa Olah Raga dan Mengurangi Makan

Sudah siap?

Untuk menurunkan berat badan, kamu perlu mengkonsumsi lebih sedikit kalori dari kebutuhan tubuh. Itu sebabnya banyak meyakini jika tidak makan malam akan menurunkan berat badan secara praktis. Nyatanya, hal ini bisa berakibat kurang positif lhooo. Khususnya jika cara ini malah membuat kamu merasa kelaparan atau memakan kalori terlalu sedikit. Ada baiknya kamu konsultasi ke dokter atau ahli gizi dulu jika ingin menerapkan diet tanpa makan malam.

Bagaimana Tidak Makan Malam Bisa Menurunkan Berat Badan?

Tidak peduli strategi diet apa yang kamu lakukan untuk menurunkan berat badan, kunci untuk berhasil adalah menciptakan keseimbangan yang minus kalorinya. Misalkan ½ kg lemak sepadan dengan 3500 kalori, mengurangi asupan kalori sebanyak 500 kalori per hari akan membantu penurunan berat badan ½ kg seminggu.

Untuk contoh seorang wanita berusia 30 tahun yang tingginya 160cm, berat 90 kg dan tidak berolahraga akan membutuhkan 2100 kalori untuk menjaga keseimbangan tubuh dan 1600 kalori untuk dihilangkan.

Untuk kebanyakan orang, makan malam merupakan menu besar dalam satu hari dan melewatkan makan malam mungkin berarti memotong 500 kalori yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan. Bagaimanapun, strategi ini hanya akan berhasil jika kamu tidak mengganti “makan malam yang dilewatkan” dengan memakan lebih banyak saat sarapan dan makan siang.

Agar kalori tetap terkendali, bagilah merata antara waktu sarapan dan makan siang dan berikan ruang beberapa ratus kalori untuk cemilan. Misalkan, pada diet melangsingkan tubuh 1600 kalori, kamu bisa makan 600 kalori saat sarapan dan makan siang dan menyisakan 400 kalori untuk dua waktu cemilan.

Sarapan dan Makan Siang Sehat

Dalam diet rendah kalori, kamu akan mengkonsumsi sedikit kalori untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat. Melewatkan satu waktu makan berarti kamu harus memastikan sarapan dan makan siang terdiri dari nutrisi sehat. Komposisinya perlu berimbang tanpa berlebihan pada kalori saja. Tujuannya untuk memberikan kebutuhan tubuh sebagaimana mestinya. Tubuh akan selalu membutuhkan seimbang seperti buah, sayuran, serat, protein tanpa lemak, dan lemak sehat.

Misalkan sarapan seimbang 600 kalori mungkin mencakup ¾ gandum, sereal tanpa pemanis dan satu cangkir susu tanpa lemak, dan potongan pisang ukuran medium bersama dua telur rebus (matang), sepotong roti bakar dengan sesendok selai kacang.

Untuk makan siang, beri asupan nutrisi dengan selada ditambah 4 ons salmon, kacang walnut di cincang, buah pir, dan 7 ons yogurt vanilla rendah lemak.

Buat Pilihan Camilan Cerdas

Waktu antara makan siang dan sarapan keesokan harinya akan terlalu lama tanpa makan. Membuat camilan sangatlah penting sebagai rencana menurunkan berat badan. Sebagaimana menu sarapan dan makan siang, siapkan camilan yang rendah kalori namun kaya serat untuk mencegah rasa lapar. Kapan waktu memakan camilan terserah kamu. Pemilihan waktu camilan tidak terlalu penting saat ingin menurunkan berat badan. Kamu bisa saja mengurangi rasa lapar dengan camilan sekitar jam 3 sore dan kemudian lagi saat kamu biasanya makan malam.

Pilihan camilan yang ramah kalori misalkan satu sendok selai kacang dan buah apel ukuran sedang, secangkir sup sayuran dengan snack gandum, kentang rebus isi brokoli ukuran sedang, satu ons keju rendah lemak ditambah segelas susu rendah lemak.

Jebakan Tidak Makan Malam Bisa Menurunkan Berat Badan

Saat kamu ingin praktik tidak makan malam perhatikanlah jebakan yang bisa membuat kamu gagal meraih hasil optimal. Sebenarnya melewatkan makan malam tidak disarankan oleh para ahli kesehatan sebagai cara menurunkan berat badan. Melewatkan waktu makan cukup lama sangat mudah membuat kamu sangat lapar. Hal ini bisa mendorong kamu untuk makan berlebihan dan menunda penurunan berat badan atau malah menambah berat badan.

Melawatkan sarapan sama bahayanya karena bisa membuat kamu kekurangan kalori. Kekurangan kalori akan membuat metabolism melambat yang berarti proses berkurangnya berat badan semakin lambat atau malah tidak ada penurunan sama sekali.

Baca juga: Cara Menurunkan Kolesterol

Makan malam cenderung bermanfaat sebagai aktivitas sosial. Melewatkan makan malam bisa menjauhkan hubungan kamu dengan teman dan keluarga. Ketimbang melewatkan makan untuk menurunkan kalori, mengkonsumsi 3 kali makan dalam porsi lebih kecil dibandingkan porsi biasa, dan camilan kalori ketat akan lebih menyehatkan karena badan tidak akan shock. Siap menyikapi anggapan tidak makan malam bisa menurunkan berat badan?


  • 27
    Shares
  • 27
    Shares

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+