5 Cara Dapat Uang Dari Tulisan Tanpa Ngeblog

Menulis memang menjadi suatu aktivitas yang gampang-gampang susah. Kegiatan ini semakin menarik setelah banyak orang mengetahui potensi finansial yang bisa dihasilkan dari tulisan karena kebanyakan orang berpikir betapa mudahnya menulis itu dan betapa menguntungkannya bisa menghasilkan uang dari menulis.

Nah, bagi Anda yang baru tertarik untuk mengetahui cara dapat uang dari tulisan, postingan kali ini akan membahas bagaimana Anda bisa mewujudkannya dan apa saja yang harus dipersiapkan untuk itu. Cara yang paling banyak direkomendasikan banyak orang adalah ngeblog.

Menurut pandangan penulis, ngeblog bukanlah cara yang disukai semua orang karena ngeblog membutuhkan waktu yang tidak sedikit, komitmen untuk terus menulis, dan dedikasi untuk mempromosikan blog. Melihat ketiga aspek ini saja banyak pemula yang ingin berbisnis dengan tulisan sudah berpikir dua sampai tiga kali. Belum lagi investasi nama domain dan web hosting yang harus dikeluarkan jika ingin memulai cara dapat uang dari tulisan dengan ngeblog. Apa saja caranya?

Cara Dapat Uang dari Tulisan

Cara Dapat Uang Dari Tulisan Tanpa Ngeblog

Menulis kolom khusus media cetak

Jika kita memiliki keahlian yang spesifik, kita bisa menulis kolom khusus di media cetak. Media cetak akan membayar penulis yang memberikan tulisan berkualitas dan bermanfaat untuk pembaca media cetak tersebut. Banyak aspek bisa diselami jika ingin diterima sebagai penulis lepas di media cetak ini mulai dari politik, hukum, sosial budaya sampai gaya hidup. Besaran honor menulis setiap media cetak berbeda-beda misalkan untuk kolom opini Kompas mendapatkan bayaran sekitar Rp 800 ribu sampai Rp 1,5 juta,  Jawa Pos Rp 750 ribu sedangkan Jakarta Post Rp 1 juta.

Dapat uang dari tulisan di media cetak sangat menguntungkan karena kita tidak perlu mengeluarkan modal untuk bisa melakukannya. Namun sayangnya, hal tersebut tidak mudah dilakukan karena para editor media cetak akan menilai kualitas tulisan dan kredibilitas penulisnya. Meskipun sulit, mendapatkan uang dari tulisan di media cetak seperti koran, majalah, atau tabloid memang benar adanya.

Jasa menulis skripsi atau tugas menulis lainnya

Banyaknya lembaga pendidikan membuat bidang usaha jasa menulis skripsi banyak bermunculan. Instansi pendidikan akan mewajibkan para muridnya membuat sebuah tugas menulis untuk mendapatkan nilai yang dipersyaratkan.

Jika Anda memiliki keahlian dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis di perkuliahan, bisa jadi ini merupakan cara dapat uang dari tulisan yang menguntungkan. Anda tidak membutuhkan blog untuk memulainya.

Untuk sukses dalam bisnis menulis skripsi atau tugas menulis lainnya, Anda harus memperbanyak teman. Selain itu harus ada bukti karya Anda memang berkualitas sehingga calon klien semakin percaya untuk menggunakan jasa menulis Anda. Harga tulisan sangatlah fleksibel, oleh karenanya Anda bisa menegosiasikannya dengan calon klien.

Untuk memperluas koneksi, Anda harus rajin mempromosikan jasa menulis ini agar semakin banyak orang tahu dan bagi mereka yang tertarik dapat dengan mudah menghubungi Anda.

Menterjemahkan tulisan

Dapat uang dari tulisan bisa menjadi kenyataan jika kita memiliki kemampuan menulis dan kemampuan bahasa asing yang baik. Banyak perusahaan-perusahaan asing membutuhkan bantuan untuk menterjemahkan dokumen-dokumen tertentu untuk kelangsungan aktivitas perusahaannya.

Tingkat bayaran atas jasa menterjemahkan dokumen ini sangat bervariasi mulai dari Rp 50 ribu sampai ratusan ribu per lembar dokumen yang diterjemahkan.

Modal yang dibutuhkan adalah promosi jasa ke berbagai tempat potensial seperti iklan baris sampai media online.

Beberapa anggota pasar online seperti fiverr pun sudah mulai menawarkan jasa menterjemahkan dengan biaya sangat murah yaitu $5 per lembar dokumen.

Anda juga bisa bergabung di pasar online khusus untuk bisa mendapatkan tawaran pekerjaan menterjemahkan dokumen dari seluruh dunia dengan tingkat bayaran yang berbeda-beda mulai dari $35 sampai $ ratusan.

Kerja menulis artikel online

Artikel online adalah artikel-artikel yang digunakan untuk media online. Topiknya bisa beragam tergantung dari kebutuhan penyedia lapangan pekerjaan.

Di Indonesia, terdapat beberapa website yang mencari penulis untuk menghasilkan konten bermanfaat. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Content Writer. Topik tulisan khusus untuk bidang-bidang computer, teknologi informasi dan blogging dalam bahasa Inggris maupun Indonesia. Lowongan ini tertutup untuk pelamar dari wilayah domisili tertentu.
  • Mjeducation. Topik tulisan yang diminta khusus untuk bidang pendidikan, tutorial (panduan) dan sosial kebudayaan.
  • Tokomesin. Topik tulisan seputar tips bisnis.
  • Astamediagroup. Topik tergantung pilihan redaksi
  • Notordinaryblogger. Topik seputar bisnis online, peluang bisnis, tips sukses, media sosial, blog, internet dan teknologi terkini

Berbagi penghasilan atas penerbitan artikel online

Beberapa website seperti squidoo atau hubspot memberi peluang kepada penulis untuk menyumbangkan artikel terbaiknya untuk diterbitkan di situs tersebut. Atas setiap artikel yang terbit dapat dimonetisasi dengan adsense atau amazon afiliate. Situs-situs tersebut memiliki page rank yang tinggi dengan demikian jumlah pengunjung pun sangat tinggi, alhasil, tingkat penghasilan yang didapatkan penulis dari sistem bagi hasil lumayan jumlahnya.

Dalam hal ini, salah satu situs terbaik adalah infobarrel. Di situs ini, penulis tidak perlu direpotkan untuk memiliki akun adsense atau amazon. Penulis hanya perlu mengirimkan artikel terbaiknya untuk diterbitkan. Jika disetujui admin dan diterbitkan, situs tersebut menyediakan alat pelacak sehingga kita dengan mudah dapat memantau pendapatan atas artikel yang sudah diterbitkan.

Terapkan Cara Dapat Uang Dari Tulisan Tanpa Ngeblog

Cara terbaik untuk mulai cara dapat uang dari tulisan tanpa ngeblog adalah dengan melihat apakah situs-situs itu benar-benar membayar. Cari buktinya melalui “bukti pembayaran”, atau pengakuan orang-orang yang sudah pernah menggunakan situs tersebut untuk menghasilkan uang. Dengan demikian waktu yang kita investasikan untuk menulis tidak sia-sia karena kita benar-benar menghasilkan uang dari jerih payah kita menulis.

Tips Penting lainnya:

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+