7 Cara Mencari Uang Bermain Game

Cara mencari uang bermain game akan menarik minat banyak gamer. Sepertinya cukup lumrah jika dibilang hampir semua orang suka bermain game. Ini bisa dipahami karena tentu semua orang perlu hiburan untuk diri sendiri dan bermain game merupakan sarana hiburan yang paling mudah di era teknologi saat ini.

Bagi mereka yang sudah menyelami dunia game secara profesional bisa jadi menjadikan dunia game sebagai sumber penghasilannya. Sudah banyak kompetisi game yang diselenggarakan dengan tawaran hadiah uang yang tidak sedikit.

Lantas bagaimana jika Anda ingin mencari uang bermain game untuk sekedar menambah penghasilan tanpa mengharuskan Anda menjadi gamer profesional?

Jika Anda memperhatikan forum-forum video game mungkin sudah banyak informasi kisah sukses mendulang banyak uang dari kompetisi game yang beredar, namun tentu uang hanya didapatkan oleh para juara saja.

Jangan sangka cara mencari uang bermain game adalah cara cepat kaya. Jika memang benar tentu semua orang di dunia akan memilih mencari uang bermain game.

Terlepas dari kisah-kisah sukses para gamer profesional menjuarai kompetisi game, berikut ini adalah beberapa gambaran bagaimana Anda bisa merubah kebiasaan bermain game setiap hari menjadi mesin penghasil uang tambahan.

Koleksi Benda Virtual

Dalam dunia game canggih saat ini tidak jarang pemain bisa memiliki koleksi benda-benda virtual yang ada dalam game yang dimainkan. Nah, dalam beberapa jenis game yang beredar terdapat mekanisme lelang dimana pemain bisa menjual koleksi benda virtualnya.

Salah satu game yang memungkinkan cara ini adalah Diablo III, tokoh permainan dalam game ini disediakan dalam 5 kategori yaitu Barbarian, Monk, Wizzard, Witch Doctor atau Demon Hunter dengan tugas utama mengalahkan Diablo sang penguasa terror.

Pencipta game ini, Blizzard akan menarik fee $1 atas setiap penjualan dan tambahan fee 15% jika pembayaran dilakukan melalui paypal. Beberapa pemain mengungkap telah berhasil mendapatkan $10,000 dengan mengembangbiakan benda virtual tertentu yang kemudian dijual melalui lelang dalam game tersebut.

Seorang pengguna Reddit dengan nama akun WishboneTheDog bahkan tidak sungkan menampilkan screenshot akun Paypalnya untuk membuktikan bahwa ia benar-benar telah berhasil mencari uang bermain game tersebut.

Sayangnya Blizzard telah menghentikan fitur lelang tersebut dari game Diablo III dengan alasan telah menghilangkan esensi sebenarnya dari permainan itu.

Meskipun sekarang tidak lagi memungkinkan mencari uang bermain game Diablo III namun tentu kondisi tadi telah memberi Anda gambaran bagaimana pemain game bisa mendapatkan uang dari game yang dimainkannya setiap hari.

Uji Coba Game

Hal ini sudah lazim dipraktikan oleh produsen game-game besar yang menyewa keahlian para game tester. Para tester ini akan menguji dengan memainkan game yang disodorkan untuk melaporkan permasalahan yang muncul.

Bagi para gamers mungkin sangat menginginkan pekerjaan ini, namun ketahuilah bahwa Anda tetap harus waspada jika ingin mencari uang bermain game dengan cara ini.

Beberapa game tester mengaku tidak dibayar sebagaimana mestinya atau bahkan tidak disodorkan game-game sesuai kesenangannya.

Pada umumnya para game tester akan menandatangani sebuah perjanjian khusus. Perjanjian khusus inilah yang harus benar-benar diperhatikan.

Para game tester harus kuat mental karena menjadi seorang game tester akan sangat menjemukan. Ibarat Anda menonton film favorit namun hanya 30 bagian dari film favoritnya saja. Hal ini terus dilakukan selama 12 jam sehari, setiap hari selama 2 bulan. Salah satu penyedia program ujicoba game yang membayar para gamernya adalah gametester.

Panduan Bermain Game Tidak Resmi

Siapa sangka bahwa panduan bermain game bukan menghancurkan game itu sendiri malah dicari banyak orang.

Jika Anda ahli bermain sebuah game kenapa tidak menuangkan langkah demi langkah game yang Anda mainkan dalam sebuah ebook kemudian menjualnya sebagai panduan di internet atau melalui blog buatan Anda sendiri.

Sebuah panduan bermain game misalkan untuk panduan game Lord of the Rings bisa mencapai ratusan halaman oleh karena itu jangan berpikir bahwa ini pekerjaan sepele. Jika panduan game ciptaan Anda bagus tentu akan banyak yang merekomendasikan dan semakin banyak pembelinya.

Buat Walkthrough Video

Agak mirip dengan membuat panduan game dalam bentuk PDF, kali ini Anda membuatnya dalam bentuk video. Caranya adalah dengan merekam sebuah game yang Anda mainkan kemudian mengupload video tersebut ke situs seperti YouTube dan cari uang dari Youtube atas video buatan Anda tadi.

Jika Anda ingin mencoba cara ini, satu hal yang harus diperhatikan adalah video rekaman permainan game Anda harus disertai komentar sepanjang video permainan, jangan sekedar rekaman permainan video pada umumnya.

Hal ini secara tegas dijelaskan dalam ketentuan youtube: “Video game content may be monetized if the associated step-by-step commentary is strictly tied to live the action being shown and provides instructional or educational value

Untuk bisa menghasilkan uang dari rekaman video yang diunggah ke YouTube ini Anda harus perhatikan jumlah views atas video Anda. Seorang pengguna Youtube dengan nama akun PewDiePie dari Swedia berhasil menarik 16 juta subscribers dengan 1 juta views atas video-videonya. Namun tidak diketahui berapa banyak uang yang dia hasilkan dari video hasil ciptaanya itu.

Video Game Sebagai Media Membangun Karir

Sepertinya cara ini paling jarang dicoba para gamers. Dalam sejumlah kasus tertentu di dunia, cara ini ternyata pernah dicoba meskipun tidak semuanya berhasil.

Kisah sukses mencari uang bermain game dengan metode ini terjadi pada seorang remaja Cardiff yang terobsesi dengan game balapan Grand Tourismo hingga akhirnya ia memutuskan ikut kompetisi balapan virtual.

Setelah berhasil mengalahkan 90.000 peserta balapan virtual dia berhasil meraih posisi di GT Academy (sebuah kompetisi yang disponsori oleh Nissan dan Sony) dan memenangkan kesempatan mengendarai Nissan dalam Dubai 24 Hour Race.

Ia berhasil menempati posisi ketiga dikelasnya dan ikut di kejuaraan balap lain seperti British GT Championship, Toyota Racing Series di New Zealand dan European Formula Three Championship.

Kisah kegagalan terjadi pada remaja 25 tahun yang memutuskan mendaftar untuk menjadi pelatih klub sepakbola Inggris, Middlesbrough pada tahun 2006 atas dasar pengalamannya bermain Football Manager 2005 yang berhasil membawa Nuneaton Borough ke Kejuaraan Utama dalam 8 musim. Sang ketua klub Middlesbrough waktu itu memutuskan untuk menolak minat pemuda tersebut menjadi pelatih dengan dalih bahwa dengan keahlianyang dimiliki remaja itu tentu ia hanya akan sebentar melatih Middlesbrough karena akan menjadi incaran klub-klub sepakbola elit eropa.

Menjual Karakter Video Game

Beberapa jenis game cocok untuk cara mencari uang bermain game yang satu ini. Salah satunya adalah World of Warcraft dimana karakter pilihan gamer bisa dikembangkan mulai dari senjata, keahlian, kekuatan, sampai kemampuan individunya sehingga memberikan kepuasan berbeda dalam permainan.

Meskipun tentu saja, praktik menjual karakter World of Warcraft dilarang dalam aturan bermain game tersebut, cukup sering sebuah karakter game dijual mulai dari kisaran beberapa puluh dolar sampai $10,000.

eBay telah melarang praktik penjualan karakter game atau benda virtual game namun beberapa website lain seperti Player Auctions atau Armory Bids tetap eksis memfasilitasi jual beli karakter maupun benda virtual dalam dunia game ini.
Gabung di Program Paid Game Player

Program ini memungkinkan para membernya untuk mencari uang bermain game sesuai yang disediakan dalam situs-situs penyedia.

Setelah Anda mendaftar sebagai member bisa langsung mencoba gratis kompetisi untuk mendapat uang yang tersedia. Di sini Anda akan berkompetisi dengan pemain lainnya dalam 25 macam game yang berbeda untuk mendapatkan uang atau hadiah lainnya.

Sebanyak 500 jenis game bisa dicoba dengan durasi masing-masing maksimal 1 jam. Setiap selesai bermain game member akan menerima poin yang bisa digunakan untuk mencoba kontes harian, mingguan sampai bulanan.

Poin juga bisa didapatkan dengan melengkapi sejumlah “offers” meliputi daftar di sebuah program member, melihat iklan video, melengkapi survey online untuk mendapatkan 1000 sampai 2000 poin. Website paidgameplayer mengklaim bahwa para membernya bisa memenangkan uang dari kontes harian, mingguan atau bulanan sejumlah $100 sampai $1000. Lihat paid game player.

Siap Mencari Uang Bermain Game?

Itulah kesemua cara yang memungkinkan Anda bisa mencari uang dari video game. Tentu saja banyak orang suka bermain video game. Tentu jika Anda bisa mencari uang dari kesenangan yang dilakukan setiap hari akan membuat hidup Anda semakin menarik bukan? Cara mana yang Anda paling suka atau pernah coba dalam mencari uang bermain game?

2 Comments

  1. fendy Mei 14, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge

Ubah Bakatmu Jadi Uang: Menulis, Desain Grafis, Programing, dll. Cetak Uang Sekarang
+