20+ Tips Ngeblog untuk Pemula dan Blogger Profesional

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sudah banyak tips ngeblog untuk pemula dan blogger profesional yang beredar di internet. Kurang lebihnya, semua tips ngeblog itu mirip sekali sampai-sampai Anda mungkin akan mudah untuk menghafalnya.

Untuk seorang blogger tentu ingin tahu pasti tips ngeblog mana yang benar-benar berfungsi dengan baik. Sekalipun penulis sudah ngeblog sejak 2012 lalu tetap saja ada kalanya penulis sendiri merasa seperti blogger pemula.

Tidak jarang pikiran untuk berhenti ngeblog menghampiri. Seiring berjalannya waktu, semakin penulis sadar bahwa banyak hal akan tips ngeblog yang belum dipahami. Itu sebabnya untuk mengingatkan diri sendiri, postingan ini dibuat.

Untuk rekan pembaca yang bisa dibilang baru mengenal aktivitas ngeblog atau sudah ngeblog cukup lama, inilah tips ngeblog yang bisa menjadi pengingat (atau mungkin panduan)

Jangan coba meniru. Banyak blogger mencoba untuk meniru blogger lain. Janga lakukan ini. Jadilah pribadi yang unik dengan menawarkan apa yang Anda miliki.

Apa adanya. Jangan mengada-ada. Kepercayaan akan Anda dapatkan perlahan dan mudah sekali hilang.

Jadilah keren. Sudah banyak blogger biasa di luar sana. Jangan tambahkan diri Anda kedalamnya dan lakukanlah sesuatu yang luar biasa.

Bersyukur. Sabarlah. Hasil positif membutuhkan waktu untuk sampai pada diri Anda. Jangan lupa bersyukur karena keahlian ngeblog Anda sudah jauh lebih baik sekarang.

Tentukan satu tema. Meskipun Anda sudah memilih satu tema yang sesuai, ingatlah bahwa pembaca akan ada disekitar Anda karena “keaslian” Anda bukan tema blog Anda.

Jangan mengukur statistik terlalu dini. Wajar jika Anda terobsesi angka statistik perkembangan blog setelah beberapa bulan ngeblog. Berilah waktu yang cukup sebelum Anda melakukan evaluasi atas statistik. Manfaatkan google analytics.

Buat postingan blog mudah dibagikan. Kemungkinan besar pembaca Anda memiliki akun media sosial seperti twitter, facebook, atau google plus. Pastikan artikel Anda mudah dibagikan ke media sosial untuk mereka bagikan ke teman-temannya.

Undang interaksi. Ajak pembaca untuk membuat bahasan lanjutan atas topik yang disampaikan.

Jangan remehkan pentingnya networking. Jika Anda tidak terhubung dengan pembaca secara rutin, Anda akan kehilangan hal bermanfaat.

Penulis tamu. Jangan sia-siakan kesempatan menjadi penulis tamu.

Menulis konten abadi. Agar blog cepat tumbuh buatlah artikel pilar, yaitu konten yang dapat dijadikan sumber rujukan informasi karena lengkapnya bahasan yang disajikan.

Menulis secukupnya. Sekarang ini banyak yang menyarankan untuk menulis konten sampai ribuan kata (termasuk penulis sendiri). Namun sebenarnya tergantung dari target kata kunci yang diinginkan dalam kasus tertentu menulis 500 kata lebih dari cukup untuk mendatangkan trafik konsisten setiap bulan.

Beri sudut pandang pembahasan. Jangan cuma menumpahkan kata-kata kepada pembaca. Berikan sudut pandang bahasan agar pembaca tertarik memahaminya.

Menulis penuh keyakinan. Yakinlah dengan apa yang Anda tulis. Jika Anda salah, akui hal tersebut.

Kalimat pendek ramah SEO. Jangan berikan kalimat terlalu panjang. Tips SEO Algoritma Yoast menyarankan satu kalimat tidak lebih dari 20 kata.

Jangan menyerah. Blogger yang tahan banting akan menjadi pemenang.

Menulis sesering mungkin. Buatlah tulisan sebanyak mungkin untuk menjadi konten blog. Tidak semua tulisan harus terbit dalam satu waktu. Simpanlah tulisan Anda yang sudah jadi dan atur jadwal kapan untuk terbit.

Terima kritikan. Beberapa orang yang tidak suka akan tulisan Anda adalah sinyal Anda melakukan sesuatu dengan benar. Bersiaplah menerimanya.

Temukan cara untuk selalu terinspirasi. Inilah satu-satunya cara Anda akan menginspirasi orang lain. Jika Anda buntu ide, temukanlah ide. Jangan abaikan hal ini.

Sadari Anda hanya bisa membuat atau merespon melalui sebuah konten. Setiap saat sadari betul Anda ada posisi “membuat” atau merespon”.

Hemat waktu pembaca. Pembaca adalah orang sibuk. Jangan meminta perhatian mereka, tapi dapatkan perhatian mereka.

Bangun komunitas. Jika Anda ingin promosi secara efektif bangunlah komunitas. Ini bisa dilakukan melalui email ataupun media sosial seperti fanpage.

Investasi ke desain website. Desain blog yang kurang bisa membuat kualitas konten turun. Itu sebabnya notordinaryblogger mulai menggunakan template premium Authority.

Berbaik hatilah. Berikan info lebih banyak secara gratis. Pembaca akan memberi Anda hadiah tak terduga.

Perhatikan apa yang dilakukan para master. Bukan sekedar apa yang mereka katakan.

Punya Tips Ngeblog untuk Pemula Lainnya?

Itulah keseluruhan tips ngeblog untuk pemula yang bisa dimanfaatkan. Bisa dipastikan Anda sudah memiliki tips sendiri karena penulis menyadari bahwa semua blogger memiliki cara mereka sendiri untuk meraih sukses ngeblog. Itulah bagian menarik dari blogging. Punya tips ngeblog yang perlu ditambahkan? Silahkan sampaikan di komentar.

One Response

  1. rachma Juli 18, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge

XL PAKET DATA KAMU MAU HABIS TUHH! 19GB CUMA RP73RB (DISKON 18%) CEPETAN ISIBELI SEKARANG
+