Categories: Properti

5 Langkah Perawatan Toren Air Rumah

Share

Sudah berapa lama sejak terakhir kali Anda memeriksa toren air Anda?

Memiliki toren air rumah memang menjadi tren banyak pemukiman di Indonesia sekarang ini. Bahkan cukup banyak yang membeli toren air rumah sekali saja kemudian melupakan aspek perawatannya. Padahal, perawatan mendasar saja sudah cukup untuk mencegah masalah yang lazim dialami toren air seperti sarang nyamuk, tumbuhnya alga, sampai penumpukan sedimen.

Munculnya endapan di dasar toren air hampir tidak mungkin dihindarkan seberapa bagus Teknik pembersihan toren Anda. Akibatnya tidak heran jika pemilik toren akan malas untuk melakukan pembersihan endapan. Jika endapan itu dibiarkan sudah menjadi kecenderungan jika endapan itu akan menjadi rumah bagi bakteri tidak sehat. Pada akhirnya resiko penyakit mengancam Anda dan keluarga.

Standar kebersihan toren air secara internasional memberikan pedoman dalam melakukan pemeriksaan toren air ini. Durasi yang wajar untuk melakukan pemeriksaan kebersihan toren air adalah setiap interval 6 bulan. Frekuensi waktu itu dinilai wajar dalam mengurangi resiko munculnya masalah yang berkaitan dengan aspek sanitasi dan kebersihan. Bahkan umur toren air wajar adalah 10 tahun sebelum dilakukan penggantian.

Bagaimana Langkah Perawatan Toren Air Rumah Ini?

Pertama, periksalah talang toren air Anda. Beberapa toren air tertentu, pemeriksaan talang air dapat dilewati karena memang desain torennya sudah disiapkan untuk mengatasi masalah ini.

Periksa dan lakukan pembersihan pada saluran itu. Buang puing atau sampah yang tertinggal yang mungkin saja menghambat laju air atau akan mengakibatkan karat dan endapan. Pemilihan talang yang tepat dapat memudahkan langkah Anda membersihkan toren air rumah.

Kedua, periksa celah yang ada. Toren yang ideal itu tidak memiliki celah sehingga tidak ada debu atau cahaya yang masuk ke dalam toren air rumah. Semua celah yang muncul harus ditutup dengan kondisi yang baik. Jika ada tambalan celah sebelumnya, periksalah kondisi tambalannya. Jika sudah tidak baik, ganti dengan tambalan yang lebih bagus.

Related Post

Ketiga, periksa outlet dan titik akses toren air. Pastikan semua outlet dalam kondisi bersih dan bebas dari serpihan. Jangan lupa untuk melihat visual performa pipa untuk menghindari terjadinya kebocoran atau mungkin kerusakan struktur.

Keempat, lihat kondisi sedimen. Umumnya sedimen tidak dapat dihindari kemunculannya pada toren air. Sedimen akan mengendap di bagian dasar toren air. Bagian ini merupakan yang sulit untuk dibersihkan. Secara visual, akan mudah bagi Anda untuk melihat bagian dasar toren air. Dari pandangan visual, cobalah lihat kondisi endapannya.

Jika kondisi endapan tidak begitu jelas, Anda dapat mencoba untuk mengalirkan air dari toren sehingga terlihat endapan akan bergerak. Setelah cukup terlihat, Anda dapat membersihkan bagian dalam toren air.

Bagian dalam toren air sangatlah rentan retak atau rusak. Itu sebabnya Anda perlu ekstra hati-hati ketika membersihkan lapisan bagian dalam toren air ini. Jika toren air Anda masih dalam masa garansi, kerusakan bagian lapisan dalam dapat membatalkan garansi produknya.

Cara terbaik membersihkan bagian dalam toren air ini adalah dengan menggosok dan mengeringkannya. Setelah itu lakukan pembilasan bagian dalamnya sekali lagi.

Kelima adalah mengatur jadwal pembersihan. Ketika Anda menggunakan toren air, waktu akan terasa begitu cepat. Itu sebabnya untuk menjamin kualitas toren air rumah tetap maksimal, Anda perlu mengatur jadwal perawatan torennya. Setidaknya tetapkanlah waktu pembersihan setiap 6 bulan.

Perawatan Toren Air dengan Jasa Pembersihan Toren Air

Kesemua langkah perawatan toren air ini terlalu sulit Anda lakukan sendiri karena kesibukan dan kurangnya keterampilan Anda sendiri? Atau mungkin Anda khawatir akan merusak toren karena salah Teknik dalam melakukan pembersihan? Jangan khawatir sekarang ini sudah tersedia jasa perawatan toren air rumah yang terpercaya. Anda hanya perlu pilih yang paling sesuai kebutuhan Anda. (ilustrasi bukalapak)