4 Tips Meraih Kepercayaan Seorang Konsumen

Meraih kepercayaan seorang konsumen penting untuk entitas bisnis. Konsumen merupakan hal yang paling penting dari sebuah usaha. Sebuah usaha tidak akan berjalan mulus tanpa terpikatnya banyak konsumen terhadap produk maupun jasa yang ditawarkan. Bahkan kesuksesan sebuah usaha bisa diukur dari banyak atau tidaknya konsumen. Jadi konsumen merupakan hal yang paling utama dari sebuah usaha. Peran penting seorang konsumen tidak bisa ditinggalkan oleh para perintis usaha.

Oleh karena itu, bagi Anda yang baru atau akan merintis usaha, tidak ada salahnya jika Anda memikirkan dengan matang keberadaan konsumen dalam lingkar usaha yang akan dirintis. Sebab, usaha Anda nantinya akan berkembang pesat atau lambat karena peran serta konsumen dalam dunia usaha. Anda harus bisa menarik hati konsumen untuk menggunakan jasa atau produk yang ditawarkan. Untuk tingkat yang lebih lagi, Anda harus bisa mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Sehingga usaha Anda akan berkembang dengan cepat.

Tips berikut ini bisa Anda coba agar kepercayaan seorang konsumen yang sangat berharga bisa Anda raih dengan mudah.

Menunjukkan kualitas diri

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kepercayaan seorang konsumen adalah dengan menunjukkan kualitas diri Anda. Dengan sikap dan persona Anda yang mantap, yakinkan konsumen untuk memakai produk atau jasa yang ditawarkan. Pikatlah mereka dengan diri Anda yang berkualitas. Tunjukkan dengan sikap yang ramah dan baik bahwa produk atau jasa yang Anda tawarkan benar- benar berkualitas dan patut untuk dicoba. Jika Anda menunjukkan kualitas diri dengan segala kecerdasan, keramahan dan pelayanan yang memuaskan, maka hati konsumen akan Anda dapatkan.

Sajikan produk dengan kualitas terbaik

Selain sikap Anda yang meyakinkan untuk menarik konsumen dengan kualitas diri Anda yang mantap, keberkualitasan produk atau jasa yang ditawarkan juga harus benar- benar apik. Anda tidak bisa menawarkan produk atau jasa dengan kualitas rendah namun dengan pembawaan yang begitu meyakinkan dan mempesona konsumen. Sebab, jika konsumen mengetahui bahwa kualitas produk atau jasa yang Anda tawarkan rendah, maka mereka dengan membabi buta akan meninggalkan Anda. Bahkan mereka bisa dengan cepat menyebarkan berita tersebut. Akhirnya tidak hanya kepercayaan satu konsumen saja yang hilang, namun juga banyak konsumen atau bahkan calon konsumen. Jadi Anda tidak boleh membohongi konsumen soal kualitas produk. Pastikan bahwa produk Anda berkualitas dan unggul dari yang lain. Barulah ditawarkan pada konsumen.

Jalin komunikasi yang baik

Komunikasi adalah hal yang paling utama dari sebuah penawaran. Bahkan beberapa orang bia terpikat dengan sebuah produk pada kalimat pembuka si penawar produk. Usahakan Anda bisa menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen. Posisikan diri Anda sebagai konsumen yang menginginkan produk terbaik. Kemudian berikan semua informasi yang konsumen butuhkan tentang produk Anda. Pilihlah kalimat- kalimat yang komunikatif, sopan dan santun. Jangan buat konsumen Anda kecewa dengan komunikasi yang tidak berjalan dengan baik.

Kuatkan dengan bukti

Selain promosi gencar yang Anda lontarkan, Anda juga perlu memberikan bukti nyata kepada para konsumen. Untuk yang satu ini Anda bisa menyajikan beberapa testimoni dari konsumen lain yang mengungkapkan tentang kepuasan mereka dalam menggunakan produk Anda. Dengan begitu konsumen lain akan ikut tertarik dan berani mencoba produk yang Anda tawarkan.

Siap Meraih Kepercayaan Seorang Konsumen?

Demikian beberapa tips yang bisa Anda coba untuk meraih kepercayaan konsumen. Jangan lupa persiapkan diri Anda untuk menghadapi semua pertanyaan dari konsumen. Sehingga Anda dapat semakin meyakinkan konsumen dan memeperoleh kepercayaan mereka.

Image courtesy of FreeDigitalPhotos.net

Kontributor : Putri Lestari

No Responses

  1. Pingback: Monthly Report June 2014 Juli 26, 2014
  2. Pingback: 4 Cara Optimalkan Marketing Media Sosial Desember 4, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge

Close
HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+