6 Alasan Blog Bisa Meningkatkan Performa Bisnis


Sebuah bisnis perlu publisitas untuk terus berkembang menjadi lebih besar. Semakin banyak orang tahu akan kehadiran suatu bisnis semakin besar peluang bisnis tersebut untuk melesat.

Potensi internet saat ini cukup besar untuk meningkatkan performa bisnis karena jumlah pengguna internet yang terus bertambah. Jumlah pengguna internet merupakan konsumen potensial untuk bisnis apapun produk dan jasa yang ditawarkan.

Kenapa Blog Bisa Meningkatkan Performa Bisnis?

Ini dia penyebab utamanya:

Menangkap Semua Peluang

Peluang terjadinya transaksi bisnis bisa terjadi kapan saja dan dari mana saja. Blog yang hidup di internet dapat bekerja selama 24 jam selama 7 hari. Ini berarti blog bisa melayani kebutuhan calon konsumen sekalipun kita istirahat atau tertidur.

Blog Sebagai Layanan Konsumen Virtual

Informasi yang dimuat dalam suatu blog merupakan informasi mendasar yang sangat bermanfaat untuk konsumen yang tertarik dengan produk/jasa yang ditawarkan oleh suatu bisnis. Konsumen memerlukan banyak informasi sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian dan informasi yang disediakan di blog bisa berfungsi untuk agen layanan konsumen virtual.

Media Penyimpan Kontak Email Konsumen

Pengunjung bisa melayangkan pesan langsung melalui blog dengan menyampaikan pertanyaan kepada pelaku bisnis. Untuk mendapatkan jawaban mereka perlu meninggalkan kontak email agar pelaku bisnis tahu kemana jawaban harus dikirimkan.

Email lebih praktis dibandingkan surat pos selain itu email lebih menguntungkan karena bisa menjadi media perpanjangan bisnis. Email yang didapatkan bisa menjadi media personal penjalin hubungan bisnis  antara pelaku usaha dan konsumen, misalnya untuk penyebaran informasi produk terbaru, atau diskon produk.

Mudah Terhubung ke Media Sosial

Media sosial tumbuh dengan pesat saat ini dan blog mudah untuk dihibungkan ke media sosial yang ada seperti facebook atau twitter. Terhubung ke media sosial membuat sebuah bisnis lebih fleksibel dalam berinteraksi dengan konsumen. Di sisi lain, konsumen pun merasa semakin dekat karena media sosial merupakan media personal untuk bersosialisasi.

Blog Merupakan Media Interaktif

Media interaktif lebih digemari oleh pengguna internet. Dengan kemudahan fitur blog yang ada saat ini mudah sekali pelaku bisnis untuk memodifikasi tampilan blog menjadi interaktif yang dapat menggugah minat konsumen untuk membeli.

Blog Bisa Dijadikan Media Survei Murah (atau Gratis)

Bisnis memerlukan survey untuk mengatahui atau mengevaluasi maju tidaknya produk / layanan yang diberikan. Dengan kemudahan alat analisa seperti analytic tools dari Google, pelaku bisnis dapat memantau informasi apa yang disukai konsumen. Di sisi lain, blog bisa dijadikan media survey konsumen dengan mengisi form pertanyaan sederhana. Survei melalui blog ini cenderung lebih murah atau bahkan gratis.

Tips Penting lainnya:

Apakah Blog Bagian Dari Bisnis Anda?

Pada dasarnya blog merupakan media interaktif biaya rendah yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan khususnya bisnis. Blog merupakan perpanjangan promosi bisnis offline di dunia internet. Jangan biarkan peluang terlewat begitu saja karena bisnis Anda tidak memiliki sebuah blog. Apakah ada alasan lain blog bisa meningkatkan performa bisnis? Silahkan berbagi pendapat atau pengalaman Anda.


2 Comments

  1. Toto Dwiarso Juni 12, 2014
  2. Iklan facebook Desember 20, 2014

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+