10 Alasan Orang Sukses Sering Pindah Kerja

  • 6
    Shares

Banyak karyawan atau pencari kerja yang khawatir dirinya menjadi “kutu loncat”. Mereka memaksa diri sendiri untuk mempertahankan pekerjaan yang dibenci, karena khawatir perusahaan tidak ada yang mau menerima jika terlalu banyak pengalaman kerja dalam curriculum vitae mereka.

Inilah permasalahan dengan logika seperti itu. Perusahaan yang mampu mengembangkan Anda dengan cepat, menilai Anda paling tinggi dan member pengalaman terbaik adalah perusahaan yang menilai capaian sesungguhnya diatas pemahaman kuno “stabilitas” berdasarkan masa kerja suatu jabatan jangka panjang.

Semakin sebuah perusahaan ingin mempekerjakan karyawan yang telah menghabiskan waktu panjang di setiap kerjaan ketimbang karyawan yang sering ganti pekerjaan, semakin sedikit kebaikan yang bisa diberikan perusahaan untuk Anda.

Hanya ada dua kecepatan dalam dunia bisnis yaitu cepat atau lambat. Beberapa perusahaan bisa saja lambat dan beberapa lainnya cepat.

Tentu Anda ingin bekerja untuk yang “cepat”. Semua perusahaan lambat yang bisa beri ke Anda hanyalah gaji sampai Anda menemukan pekerjaan lebih baik.

Anda dapat merasakan kecepatan perusahaan saat Anda melangkah masuk sebuah gedung kantor atau melangkah keluar lift. Anda perlu terus melangkah kedepan dan terus belajar untuk beradaptasi dengan perubahan cepat dalam dunia bisnis jika Anda ingin bertahan dan berkembang di dunia kerja era modern.

Organisasi yang lambat akan dipenuhi oleh birokrasi berlebihan, kebijakan yang usianya lima puluh tahun dan aturan yang tidak ada batasnya. Perusahaan yang cepat adalah tempat yang memberi kebebasan karyawan untuk melakukan pekerjaan dan menindaklanjuti idenya.

Tidak ada organisasi yang sempurna sama halnya tidak ada komunitas yang sempurna. Namun demikian, organisasi yang cepat setidaknya memahami bahwa energi di dalam organisasi adalah kekuatan penting. Perusahaan paham bahwa setiap ide bisnis didukung oleh energi tim untuk mencapai misi.

Organisasi lambat berpura-pura bahwa aspek “energi tim” tidak ada pengaruhnya. Para pemimpin membohongi diri sendiri. Siapa yang mampu membangkitkan energinya dalam tempat seperti itu? Jelas bukan Anda!

Jika karyawan tidak peduli maka tidak ada hal baik bisa terjadi. Jika tim merasa nyaman maka organisasi akan mencapai atau bahkan melampaui setiap target.

Ini merupakan korelasi logis namun masih banyak bisnis skala menengah kebawah menjalankan organisasi dengan mengesampingkan aspek manusia dalam mempengaruhi hasilnya.

Anda tentu tidak ingin karir terhenti di tempat seperti itu. Beberapa dekade lalu mungkin jaminan kerja kunci utama. Orang ingin lulus kuliah dan menghilang kedalam perusahaan besar yang mempekerjakan mereka sampai pensiun.

Kini semuanya berubah. Tidak ada jaminan akan karir. Jaminan kerja bukanlah sesuatu yang dikendalikan perusahaan lagi. Andalah yang mengendalikannya. Anda membangun “daya jual” Anda sendiri dan terus membawa daya tarik itu. Jika pekerjaan Anda hilang, Anda akan baik-baik saja karena Anda tahu jenis rencana bisnis apa yang Anda selesaikan dan organisasi jenis apa yang memerlukan rencana bisnis Anda.

Anda akan tahu permasalahan apa yang dihadapi organisasi sampai mereka ingin Anda atau orang lain menyelesaikannya. Anda akan menjalani karir sebagaimana setiap CEO menjalankan bisnisnya.

Inilah 10 alasan orang sukses sering pindah kerja, setidaknya setiap 3 atau 5 tahun. Jika Anda ingin mengembangkan nilai diri dan maju secepat mungkin dengan karir Anda.

#1. Saat Anda bertahan di sebuah organisasi yang sama, secara perlahan Anda akan kehilangan sentuhan dengan dunia luar. Visi Anda akan terkunci ke prioritas internal ketimbang fokus ke dunia yang lebih besar di luar dinding organisasi Anda. Salah satu ancaman bahaya bertahan di satu pekerjaan terlalu lama adalah Anda tertinggal di sektor itu dan industri dibelakangnya.

#2. Kecuali perusahaan tumbuh sangat cepat, mengalami pertumbuhan tahunan 30% atau lebih akan sulit, atau mustahil untuk mendapatkan pengalaman baru, tantangan baru atau aktivitas fisik yang alamiah terjadi jika Anda pindah kerja. Anda harus bekerja lebih keras untuk belajar cepat sesuai perpindahan tempat kerja secara rutin.

#3. Akan terasa tidak nyaman untuk menjadi kurang kompeten. Mudah untuk melupakan kondisi bahwa Anda akan belajar sangat efisien saat merasa kurang kompeten. Segera setelah Anda memahami pekerjaan, sebagian dari otak Anda akan tertidur. Anda tidak perlu terus terjaga dan penasaran. Saat Anda sering pindah kerja, Anda tidak pernah meninggalkan suasana penasaran dan terus berpikir. Anda akan menjalani suasana belajar dengan cepat seiring suasana baru yang Anda dapatkan dari pindah kerja.

#4. Setiap kali Anda pindah kerja, Anda perlu menentukan ulang “nilai” Anda. Setiap Anda pindah kerja Anda perlu memahami ulang diri Anda menurut pemahaman Anda sendiri. Jika Anda belajar banyak dari pekerjaan terakhir dan siap menjadi Manajer Barang Persediaan namun Anda tidak dapat melakukannya di pekerjaan terakhir Anda karena Manajer Barang Persediaan adalah bos Anda, maka Anda bisa pindah kerja ke organisasi baru. Anda bisa menerapkan keputusan atas peran Anda sebelumnya dengan banyak cara, namun faktanya adalah bahwa satu-satunya yang perlu Anda jual ke perusahaan adalah pengalaman Anda dan satu-satunya cara untuk mendapatkan itu adalah dengan mengambil semua kesempatan belajar.

#5. Semakin sering Anda pindah kerja, semakin nyaman Anda menjalani wawancara, menyusun rencana bisnis, menceritakan pengalaman dan menegosiasikan gaji. Anda tidak akan menumbuhkan insting itu dengan bertahan di satu pekerjaan.

#6. Saat Anda sering pindah kerja, indera keenam akan semakin kuat dalam dunia kerja. Anda akan belajar bagaimana mengevaluasi pimpinan sama halnya mereka mengevaluasi Anda. Anda tidak akan menyia-nyiakan waktu bekerja untuk pimpinan yang tidak tahu arah atau memberikan Anda kesempatan untuk meraih prestasi. Anda akan melewati orang seperti itu dan bekerja dengan orang visioner.

#7. Saat Anda bertahan pada satu pekerjaan untuk waktu lama, Anda dapat memulai performa kerja secara mekanis. Asupan ide akan menghilang secara perlahan. Anda perlu “gelas” baru untuk menampung informasi baru agar kesadaran Anda selalu dipenuhi ide segar. Jika Anda tertidur dalam pekerjaan Anda, Anda tidak akan menjadi kreatif atau bersemangat mencoba hal baru.

#8. Ada perusahaan yang tidak akan menerima calon karyawan dengan pengalaman kerja terlalu banyak. Jika Anda menghadapi perusahaan seperti ini tidak perlu panic. Terlalu banyak ketakutan dalam organisasi yang mengabaikan pencari kerja yang memiliki pengalaman kurang dari 5 atau 10 tahun. Tidak mungkin ide jenius Anda akan muncul di tempat seperti itu. Bersyukurlah atas penolakan yang diterima dan bersyukur kepada takdir yang membawa Anda ke jalur yang tepat.

#9. Semakin banyak perusahan masuk dalam pengalaman kerja Anda, semakin reputasi dalam komunitas bisnis akan berkembang. Ini berarti semakin banyak kenalan Anda, semakin nyaman Anda akan melangkah ke suasana bisnis baru dan mengidentifikasi apa yang penting. Hanya pengalaman yang bisa membuat Anda seperti itu.



#10. Semakin lama Anda bertahan di satu perusahaan, sekalipun Anda berganti jabatan internal, semakin mantap “kotak” Anda jadinya. Semakin sering dan semakin berani Anda melangkah keluar zona nyaman, semakin nyaman Anda mengalami perkembangan. Jika Anda tidak mengembangkan zona nyaman secara aktif, Anda akan menjadi musuh paling buruk untuk diri sendiri. Anda akan mulai percaya bahwa Anda adalah jabatan Anda. Anda tidak akan melihat potensi diri yang lebih besar. Sering pindah kerja berarti akan memudahkan Anda melihat bahwa tidak ada “kotak” disekitar Anda. Anda sanggup melakukan apapun yang ingin Anda lakukan apapun jabatan Anda.

Jangan Minder Sering Pindah Kerja

Anda tidak akan memberikan ijin orang lain untuk membatasi Anda. Jangan beri hak kepada bos untuk membatasi Anda. Ambil kemudi dan kendalikan karir Anda sendiri kemanapun karir Anda melaju.


  • 6
    Shares
  • 6
    Shares

One Response

  1. Candra Januari 27, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+