10 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik


Saat kemampuan ekonomi Anda meningkat wajar jika terpikir untuk memilih asuransi kesehatan terbaik. Memilih asuransi sangatlah menarik karena tidak sama dengan memilih gadget favorit. Kenapa bisa? Banyak hal teknis akan asuransi yang sebaiknya dipahami yang umumnya membuat orang awam merasa pusing.

Pendekatan paling tepat dalam memilih asuransi adalah menyesuaikan dengan keperluan Anda. Artinya pilihan Anda adalah sesuai dengan yang Anda inginkan bukan sesuai pilihan agen asuransi. Lantas apa saja tips memilih asuransi terbaiknya?

#1 Periksa Keluhan Konsumen Asuransi

Jika Anda belum punya pengalaman dalam memilih asuransi tidak ada salahnya memeriksa keluhan konsumen asuransi yang ada. Tidak perlu sulit, biasanya dari anggota keluarga atau teman kantor pasti sudah bisa mendapatkan masukan.

Keluhan-keluhan konsumen asuransi lainnya merupakan masukan berharga untuk Anda dalam mempersiapkan diri. Kebanyakan keluhan dikarenakan ketidaktahuan akan berbagai peraturan polis yang sudah tertera dalam polis atau penjelasan saat Anda membeli sebuah polis.

#2 Pahami Arus Kas Keuangan Pribadi Anda

Apakah Anda masih lajang atau sudah berkeluarga? Tentu saja arus kas keuangan pribadi Anda penting karena memiliki sebuah polis asuransi berarti Anda harus merelakan sebagian penghasilan untuk jaminan masa depan.

Akan menjadi logis jika memang Anda memiliki kondisi arus kas sehat sebelum memutuskan membeli sebuah polis asuransi.

#3 Komitmen Pribadi

Memilih asuransi bisa berarti melatih komitmen diri sendiri. Ini berarti Anda melatih disiplin diri untuk selalu tertib membayar premi sesuai jatuh tempo yang ditetapkan. Jika Anda bukanlah pribadi dengan komitmen yang terlalu kuat mungkin Anda akan kesulitan memilih asuransi.

#4 Memilih Asuransi Ketika Anda Sehat

Tidak sedikit orang yang baru memahami pentingnya asuransi ketika sakit. Dalam bisnis asuransi probabilitas kesehatan peserta asuransi sangatlah penting untuk kelangsungan usaha asuransi. Dengan demikian semakin Anda sehat maka semakin besar nilai Anda untuk sebuah perusahaan asuransi untuk bergabung sebagai pemegang polis.

Umumnya hal ini diatur dalam ketentuan bernama pre existing condition yang intinya pertanggungan tidak diberikan untuk penyakit-penyakit yang sudah ada sebelum Anda terdaftar sebagai peserta asuransi. Kondisi ini merupakan kondisi umum, dalam hal-hal tertentu ada saja orang yang mengalami sakit kronis tetap diterima, namun tentu perusahaan asuransi memiliki pertimbangan sendiri.

Jika Anda berminat untuk mengambil sebuah asuransi maka lakukanlah segera terlebih saat Anda masih sehat. Semuanya akan terasa sebagai penyesalan jika Anda menunggu sampai sakit.

#5 Memilih Asuransi Saat Muda

Semakin Anda menunggu semakin bertambah umur. Dari sudut pandang asuransi, bertambahnya usia berarti bertambahnya resiko kematian. Ini berarti nilai Anda akan semakin rendah di mata perusahaan asuransi.

Itu sebabnya jika Anda memilih asuransi di usia tua perhitungan premi polis Anda akan lebih mahal dibandingkan penerima polis di usia muda. Ini karena tingkat resiko kematian tadi dimana usia akan mempengaruhi besaran premi asuransi Anda.

Untuk mendapatkan asuransi terbaik, tetapkanlah pilihan Anda. Jika Anda bergabung di usia muda maka itu artinya Anda melakukan efisiensi. Faktanya adalah banyak orang-orang di usia muda dengan kemampuan ekonomi cukup memandang asuransi sebagai beban biaya. Jika didalami sebenarnya asuransi merupakan sebuah jaminan masa depan yang Anda persiapkan sejak dini.

#6 Pahami Asuransi Cash Plan

Sebagai peminat peserta asuransi Anda perlu memahami adanya konsep cash plan. Cara paling mudah memahami pengaturan cash plan asuransi adalah dengan pertanggungan kamar rumah sakit yang dihitung secara rata Ini berarti berapapun harga kamarnya Anda akan dibayar seusai pengaturan polis asuransi itu.

Acuan cash plan adalah durasi rawat inap. Misalkan pengaturan cash plan asuransi Anda adalah per hari Rp 2juta. Ini berarti jika Anda sakit dan harus dirawat inap selama 10 hari, pihak asuransi akan mengganti senilai Rp 20 juta untuk biaya rawat inap Anda berapapun biaya sebenarnya yang muncul.

Umumnya asuransi model cash plan ini menarik karena biaya premi bulanan rendah dengan tanggungan biaya rawat inap tinggi. Yang perlu diperhatikan saat Anda rawat inap adalah adanya biaya laboratorium, biaya obat, biaya dokter, dan lainnya yang tidak terpikir sebelumnya.

Untuk meringankan biaya Anda saat sakit, ada baiknya memilih asuransi yang mencakup penggantian biaya kamar, dokter, obat, laboratorium, alat kesehatan lain, dan sebagainya sesuai dengan plafond yang disepakati dan diatur dalam polis. Dengan begitu Anda dapat lebih menyesuaikan tarif rumah sakit yang sesuai premi asuransi Anda sehingga tidak membuat dompet kosong.

Ini bukan berarti asuransi cash plan selalu negatif. Asuransi model cash plan ini dapat menjadi pelindung tambahan atas asuransi kesehatan. Cash plan bisa sangat bermanfaat untuk para pengusaha sebagai bentuk penggantian atas pendapatan yang hilang karena saat sakit tentu saja aktivitas Anda harus terhenti suka atau tidak. Nah, pertanggungan cash plan ini bisa menjadi sumber pendapatan saat Anda tidak bisa menjalankan usaha di waktu sakit.

#7 Mekanisme Rawat Inap

Banyak yang menyangka klain asuransi dapat diajukan saat menjalani rawat inap. Untuk mengajukan sebuah asuransi dalam konteks rawat inap ada syarat-syaratnya antara lain:

Durasi rawat inap. Dalam beberapa polis asuransi ada yang mensyaratkan lama rawat inap minimal 2 malam baru bisa diajukan klaim. Ada beberapa lainnya yang menerima rawat inap bahkan jika hanya di Unit Gawat Darurat dengan syarat beberapa jam. Syarat ini bisa menjadi pertimbangan penting Anda saat memilih asuransi terbaik.

Kemudian ada hal sepele lain yaitu definisi rumah sakit menurut polis asuransi. Bisa jadi rawat inap dalam klinik tidak akan mendapatkan pertanggungan asuransi karena rawat inap harus dilakukan di rumah sakit. Untuk itu, penting untuk dikonfirmasi apa definisi rumah sakit menurut perusahaan asuransi pilihan Anda.

#8 Memilih Asuransi Keluarga

Untuk yang sudah berkeluarga mungkin sedikit bimbang memutuskan siapa yang akan menjadi peserta asuransi. Pemikiran bimbang biasanya dalam memutuskan apakah polis untuk masing-masing anggota keluarga atau satu polis untuk satu keluarga. Dimana bedanya?

Membeli satu polis asuransi untuk satu keluarga ternyata lebih murah biaya preminya dibandingkan satu polis untuk satu anggota keluarga. Hal ini karena asuransi tambahan dengan mekanisme unit link memiliki tambahan asuransi jiwa. Jadi selain pertanggungan rumah sakit setiap pemegang polis juga membayar asuransi jiwa. Nah, jika Anda mempertimbangkan seluruh anggota keluarga untuk masuk polis asuransi maka sebaiknya mengambil satu polis untuk satu keluarga karena biayanya lebih rendah.

#9 Klaim Ganda

Sejalan dengan program pemerintah berupa jaminan kesehatan nasional bukan tidak mungkin Anda bisa mengajukan klaim ganda. Untuk memastikan hal ini tanyakan sejelas-jelasnya saat memilih asuransi terbaik apakah mereka menerima klaim ganda. Maksud dari klaim ganda ini adalah pihak asuransi menerima klaim pertanggungan berdasarkan kwitansi legalisir.

Ini berarti Anda bisa mendapatkan lebih dari satu pertanggungan sesuai jumlah polis asuransi dari perusahaan berbeda yang Anda miliki dan masih aktif.

#10 Memilih Asuransi Murni Atau Unit Link

Saat Anda bingung memilih asuransi unit link atau murni pahamilah bahwa unit link memiliki tujuan utama untuk investasi. Perbedaan utama jika Anda memilih asuransi unit link adalah premi akan lebih besar karena Anda tidak hanya akan menerima pertanggungan asuransi tapi juga investasi.

Sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Saya sendiri memilih unit link karena ingin berinvestasi selain memiliki sebuah asuransi untuk jaminan di masa sakit.

Jadi Bagaimana Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik?




Hal terpenting dalam memilih asuransi adalah banyaknya peraturan yang dimuat dalam tulisan kecil dalam kertas polis. Banyak orang malas membacanya padahal itulah kunci untuk memahami apa saja hak-hak pemegang polis. Pemegang polis baru mendapatkan pembelajaran saat mengajukan klaim dan ditolak, bertanya-tanya kemudian menerima penjelasan dari agen asuransi. Beberapa ada yang mengumpat perusahaan asuransi beberapa ada yang menyesal dan mengentikan asuransi dan beberapa ada yang melanjutkan.

Kunci utama dalam memilih asuransi terbaik adalah dengan melihat reputasinya (periksa keluhan konsumen), pahami pemegang hak-hak pemegang polis, kemudian pilih jenis asuransi yang seusai kebutuhan Anda.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+