Categories: HukumWisata

Pertanyaan Saat Interview Visa Amerika? Seperti Apa?

Untuk Anda yang pertama kali, terkadang sangat membuat khawatir ketika mengajukan permohonan Visa Turis Amerika Serikat. Mendengar kisah penolakan dari kerabat, teman atau saudara jelas akan menambah kekhawatiran Anda. Mungkin Anda berpikir, Jika mereka sudah ditolak untuk mendapat visa turis Amerika, kemudian bagaimana peluang untuk saya diterima?

Tips paling awal ketika menghadapi pertanyaan saat interview visa amerika adalah berhenti pesimis. Hentikanlah aura negatif untuk datang dan hinggap pada diri Anda dan mulailah berpikir bahwa Anda sudah mendapatkan visa Amerika yang dibutuhkan, sekalipun janji pertemuan Anda masih dalam hitungan hari atau minggu ke depan.

Ketika Anda melakukan itu (pesimis dan berpikir negative), itu akan memuncak ketika momen interview. Anda akan terlihat gugup, suara Anda akan serak, dan Consul Kedutaan Amerika merasa jika Anda menyembunyikan sesuatu. Itu semua menjadi formula jitu yang berujung pada PENOLAKAN VISA AMERIKA.

Tentu saja Anda tidak menginginkan itu bukan?

Untuk informasi tambahan, disamping dokumen yang disyaratkan oleh Kedutaan Amerika Serikat, tidak kalah penting untuk mengetahui cara merespon pertanyaan saat interview visa Amerika dengan sebaik mungkin. Tentu saja dokumen itu penting untuk membuktikan Anda akan kembali ke negara asal, Anda masih perlu meyakinkan pihak Kedutaan melalui proses interview.

Untuk membantu Anda mempersiapkan diri mengajukan permohonan visa Amerika, berikut ini beberapa pertanyaan mendasar selama proses interview Visa Turis oleh Consul Kedutaan Amerika. Ingatlah selalu JANGAN BERBOHONG. Kedutaan Amerika sudah melakukan pemeriksaan latar belakang profil diri Anda ketika Anda mengajukan aplikasi visa secara online.

WHY DO YOU WANT TO GO TO USA?

Katakan jika Anda ingin pergi berlibur dan melihat apa yang dapat ditawarkan Amerika Serikat. Lagipula, Anda mengajukan permohonan Visa Turis jadi jawaban Anda harus sederhana sesuai tujuan berwisata.

HAVE YOU BEEN TO THE USA BEFORE?

Anda mungkin berpikir bahwa jawaban terbaik adalah IYA (YES), dan Anda merasa bahwa itu akan menjadi tiket instant untuk mendapatkan visa. Tebak saja, ANDA SALAH. Jika Anda belum pernah ke Amerika Serikat sebelumnya jangan berbohong. Jujur saja karena berbohong tidak akan membawa Anda kemanapun.

WHY DO YOU PLAN TO TRAVEL AT THIS TIME?

Jawablah sederhana bahwa kebanyakan waktu luang Anda ya sesuai waktu yang dimintakan di permohonan visa atau itu waktu cuti tahunan Anda dari pekerjaan. Jika Anda mempunyai alas an lain seperti baru saja terkumpul uang tabungan untuk jalan-jalan, maka katakan apa adanya.

WHO ARE YOU GOING WITH TO THE USA?

Apakah Anda pergi bersama kerabat atau teman? Pastikan Anda mengetahui informasi dasar teman atau kerabat yang akan pergi bersama ke Amerika. Jika Anda ingin bertemu pacar pria warga negara Amerika yang Anda kenal secara online dan belum pernah bertemu langsung, sangat disarankan Anda ajak bertemu lebih dahulu di Indonesia.

WHICH PLACES ARE YOU PLANNING TO VISIT?

Tidak apa untuk melakukan riset dulu akan tempat-tempat yang Anda rencanakan untuk didatangi sebelum melakukan interview Visa Amerika. Mulailah dengan lokasi yang dekat dengan tempat akomodasi Anda di Amerika nantinya arena itu lebih masuk akal.

HOW LONG DO YOU PLAN TO STAY IN THE USA?

Pelajari dengan baik itinerary perjalanan Anda dan jadikan itinerary itu rujukan jawaban yang Anda berikan. Atau jika Anda seorang karyawan, periksalah jatah cuti dan bicara dengan bagian HRD perusahaan untuk memastikan jumlah hari cuti yang menjadi hak Anda. Jika Anda dapat membawa surat ketika interview, yang menyatakan jumlah hari cuti hak Anda, surat itu akan sangat membantu.

Ingat jika Anda mendapat approval Visa Amerika, bukan tidak mungkin Anda mendapatkan multiple entry visa untuk 10 tahun.

CAN YOU STAY FOR A SHORTER PERIOD OF TIME?

Mirip dengan pertanyaan sebelumnya, Anda dapat bertahan bergantung dari jawaban yang dirujuk dari itinerary Anda. Jika ada seseorang dari Amerika Serikat yang akan bertindak seolah tour guide, katakana saja Anda perlu menyesuaikan dengan jadwal mereka juga. Dengan demikian, memerlukan waktu lebih lama di Amerika Serikat.

HOW MUCH DO YOU THINK WILL IT COST YOU TO STAY IN THE USA?

Ini sebabnya itinerary itu sangatlah penting ketika akan berwisata ke Amerika Serikat. Ini akan memberikan Anda ide berapa banyak biaya dibutuhkan untuk keseluruhan liburan Anda.

WHAT DO YOU DO FOR A LIVING?

Ceritakan pekerjaan Anda, usaha dan sampingan lainnya jika ada. Ini akan memberikan ide kepada Consul Kedutaan Amerika jika perusahaan Anda cukup kredibel. Sama juga, mereka perlu tahu bahwa Anda cukup mapan di Indonesia dan tidak pergi ke Amerika untuk mencari pekerjaan. Inilah beberapa syarat untuk memperkuat pengakuan bahwa Anda akan kembali ke Indonesia dan tidak akan mencari peluang kerja ketika berlibur:

  • Sertifikat karyawan
  • Bukti penghasilan 3 bulan terakhir
  • Ijin Usaha
  • Bank statement

Bersiaplah dan bawa dokumen ini ketika interview visa Amerika, kebanyakan Consul Kedutaan Amerika tidak akan menanyakan Anda menunjukan buktinya, namun ada gunanya jika Anda siap.

HOW MUCH DO YOU EARN FOR A LIVING?

Cukup sampaikan kisarannya. Lagi pula informasi ini dapat terlihat dari dokumen yang Anda sampaikan ketika mengajukan permohonan visa online. Jika mereka merasa itu tidak cukup untuk biaya perjalanan Anda, persiapkan diri untuk pertanyaan selanjutnya.

HOW WILL YOU FINANCE YOUR TRIP?

Tunjukan bukti bahwa Anda memiliki tabungan, jika ada. Atau jika ada yang menjadi sponsor, carilah informasi dari sponsor Anda. Ketahuilah apa yang sponsor Anda kerjakan untuk hidupnya, dan dapatkan dokumen pendukung seperti sertifikat pekerjaan, informasi pajak, bank statement, dll.

DO YOU HAVE RELATIVES IN THE USA?

Jangan berbohong atau menyangkal meskipun Anda tidak akan mengunjungi mereka ketika berkunjung ke Amerika, Anda harus tahu nama mereka dan beberapa informasi mendasar termasuk status mereka di Amerika Serikat. Terkadang, akan membantu jika Anda memiliki foto mereka untuk membuktikan pengakuan Anda.

DO YOU HAVE FRIENDS IN THE USA?

Mirip dengan pertanyaan di atas, ketahui nama mereka dan informasi mendasarnya namun jika mereka tidak terlalu dekat/penting untuk Anda maka katakanlah apa adanya.

WHAT ARE THEIR EXACT ADDRESSES?

Coba dapatkan informasi alamat mereka sebelum melaksanakan interview visa Amerika. Jangan hanya katakan mereka tinggal di Los Angeles, atau New York. Katakan dengan detil. Pelajari informasi itu sebelum Anda menjalani pertanyaan saat interview visa amerika dan selalu bersiap khususnya jika Anda menyebutkan mereka dalam aplikasi online.

(FOR VISITING RELATIVES/ FRIENDS) HOW LONG HAVE THEY BEEN LIVING IN THE USA AND WHAT ARE THEIR CURRENT STATUS?

Ada baiknya Anda meluangkan waktu berbincang dengan kerabat atau teman di Amerika Serikat jika tujuan Anda ke Amerika untuk mengunjungi mereka. Itu akan sangat membantu Anda menjadi lebih percaya diri di hadapan Consul Kedutaan Amerika Serikat.

(FOR VISITING RELATIVES/ FRIENDS) WHERE ARE THEY WORKING AND WHAT WILL YOU DO DURING THE OFFICE HOURS?

Sama seperti sudah disampaikan sebelumnya, dapatkan sebanyak mungkin informasi karena Consul Kedutaan Amerika Serikat akan mencari tahu apakah Anda mengarang cerita atau tidak. Persiapkan diri untuk diterjang banyak pertanyaan. Pernyataannya mungkin berulang namun itulah strategi untuk menguji kejujuran Anda. Ketika ditanya apa rencana Anda ketika sponsor Anda beraktivitas rutin? Anda dapat menyampaikan bahwa Anda berencana jalan-jalan sendiri di sekitar area tinggal untuk memaksimalkan masa kunjungan Anda.

DO YOU HAVE PLANS OF WORKING IN THE USA?

Jelas TIDAK jawabannya, dan jangan coba untuk bekerja di Amerika Serikat ketika Anda di sana menggunakan visa turis. Hukumannya Anda dapat dideportasi dan tidak akan pernah menginjakan kaki ke Amerika Serikat lagi. Jangan pernah sampaikan Anda mencari peluang kerja di sana. JANGAN PERNAH.

HAVE YOU ALREADY BOOKED YOUR PLANE TICKETS?

Lihat kemungkinan waktu untuk booking dan katakana jika Anda merencanakan waktu itu untuk perjalanan ke Amerika Serikat. Dapatkanlah detil penerbangannya, jika mungkin jangan bayar dulu sebelum Anda mendapatkan persetujuan visanya. Tiket pesawat bukanlah syarat.

HAVE YOU TRAVELLED TO OTHER COUNTRIES BEFORE?

Jujurlah karena Kedutaan Amerika Serikat akan tahu jika Anda berbohong. Semua informasi dapat divalidasi dengan mudah dan mereka sangat serius memeriksa kejujuran Anda. Akan membantu jika Anda sudah pernah menggunakan paspor sebelumnya ke negara tetangga yang bebas visa (akan terdapat bukti stempel visa)

HOW CAN YOU ASSURE THAT YOU WILL COME BACK HOME?

Tunjukkan surat dari pemberi kerja, jika ada. Jika Anda pengusaha yang memiliki badan usaha maka jelaskanlah. Atau Anda dapat menyampaikan jika Anda tidak berencana mengacaukan riwayat perjalanan karena Anda masih berencana jalan-jalan ke negara lain di masa mendatang.

Itulah tips menjawab pertanyaan saat interview visa Amerika. Secara umum bersiaplah dan jangan berbohong. Para consul kedutaan Amerika sudah dilatih dan akan mengetahui jika Anda berbohong, jadi selalu sampaikan niatan terbaik untuk pergi ke Amerika Serikat. Jika Anda punya riwayat positif perjalanan luar negeri Anda dapat pergi kemanapun Anda mau.