Categories: Usaha Kecil

Macam Macam Kegiatan Ekonomi

Share

Macam macam kegiatan ekonomi dapat mudah dipahami setelah mengetahi makna kegiatan ekonomi itu sendiri. Kegiatan ekonomi itu berkaitan dengan produksi, distribusi, pertukaran dan konsumsi barang dan jasa. Tujuan utama dari kegiatan ekonomi merupakan produksi barang dan jasa dengan prinsip untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Kegiatan manusia yang berbentuk pertukaran dengan orientasi uang dinamakan kegiatan ekonomi. Dengan kata lain, kegiatan ekonomi merupakan semua jenis upaya yang dilakukan manusia untuk mendapat penghasilan, uang, kekayaan untuk hidupnya dan untuk menjamin kepuasan maksimal akan keinginan dengan makna kelangkaan dan keterbatasan. Misalkan seorang pekerja pabrik bekerja dan mendapatkan gaji.

Makna Kegiatan Non Ekonomi?

Dengan penjelasan sebelumnya maka dapat dipahami apa itu kegiatan non ekonomi. Maksud dari kegiatan non ekonomi adalah aktivitas manusia yang tidak dilakukan untuk mendapatkan uang. Contoh kegiatan non ekonomi adalah seorang teman yang tolong menolong, seorang muslim pergi ke masjid untuk beribadah, seseorang pergi ke vihara untuk beribadah, dsb.

Macam Macam Kegiatan Ekonomi

Profesi

Profesi merupakan sebuah pekerjaan yang dilakukan oleh professional seperti pengacara, dokter, insinyur, dan lainnya. Mereka memberikan keahliannya untuk mendapatkan bayaran. Untuk dapat menjadi professional, seseorang harus memiliki kualifikasi. Misalkan seorang dokter harus memahami obat-obatan, pengacara harus menempuh kuliah hukum dan sebagainya.

Tenaga Kerja

Tenaga kerja merupakan jenis pekerjaan dimana seseorang memberikan layanan, fisik atau mental kepada orang lain untuk mendapatkan balasan berupa gaji atau bayaran. Orang yang memberikan pekerjaan dinamakan pemberi kerja dan orang yang bekerja dinamakan karyawan atau tenaga kerja.

Bisnis

Bisnis merupakan aktivitas ekonomi fokus pada produksi dan distribusi barang/jasa dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Aktivitas ini melibatkan kegiatan yang langsung atau tidak langsung terlibat dengan produksi, pembelian dan penjualan barang/jasa. Jadi produksi, pemasaran, periklanan, penyimpanan, asuransi, perbankan dan lainnya adalah kegiatan bisnis.

Baca: 28 Peluang Usaha dengan Modal Rp 10 Juta

Paham akan Macam Macam Kegiatan Ekonomi

Itulah penjelasan sederhana akan macam kegiatan ekonomi yang riil dapat dijumpai dalam keseharian. Tentu saja sampai sini, Anda sudah jauh lebih paham akan masalah ini sekarang. Adakah pendapat lainnya? Silahkan berbagi di komentar.