6 Pertimbangan Investasi Saham Yang Membuat Untung Terus


Saat Anda sudah memiliki ketertarikan untuk investasi saham tentu tujuan utama adalah untuk mendatangkan keuntungan. Untuk bisa mewujudkannya Anda perlu tahu pertimbangan investasi saham yang baik lebih dahulu agar investasi itu selalu mendatangkan keuntungan terus menerus.

Potensi keuntungan bermain saham pada dasarnya terbagi dalam dua hal yaitu capital gain atau kenaikan harga saham dan sharing dividen. Keuntungan atau dividen merupakan laba perusahaan yang dibagi kepada seluruh pemegang saham setiap tahun yang bentuknya bisa penambahan saham ataupun uang tunai. Capital gain berbeda dengan dividen karena capital gain merupakan keuntungan yang didapat akibat kenaikan harga saham yang telah Anda beli.

Unsur penting sebagai pertimbangan investasi saham adalah adanya resiko karena semakin besar harapan keuntungan investasi saham semakin besar juga resiko yang harus Anda tanggung. Bukanlah tugas mudah untuk menentukan saham apa yang sebaiknya diambil dari banyaknya pilihan saham yang tersedia. Nah, untuk memastikan pertimbangan investasi saham Anda mendapatkan hasil positif, tidak ada salahnya memperhatikan aspek pentingnya berikut ini.

Ketersediaan Dana Cadangan

Seiring dengan niatan berinvestasi saham maka sebaiknya Anda memiliki akses yang mudah pada sumber pendanaan untuk biaya yang muncul diluar prediksi. Biaya seperti ini sangat mungkin terjadi seperti biaya kesehatan, kematian, kecelakaan sampai perbaikan. Bukanlah suatu kewajiban menjual saham saat harga saham rendah dan Anda sedang butuh biaya. Disinilah peran penting kemudahan akses pada dana investasi.

Terima Adanya Resiko

Akal sehat akan mengajarkan Anda bahwa harga saham dapat saja turun dan bila itu terjadi Anda harus mau menerimanya. Anda harus bisa tenang menyikapi kemungkinan terjadinya resiko kerugian yang sangat parah.

Sebaiknya Anda hindari pertimbangan investasi saham jika pada akhirnya malah membuat Anda tidur tidak nyenyak dan dalam kondisi stress terus menerus. Anda harus menentukan seberapa besar toleransi Anda pada resiko investasi saham yang ada sebelum benar-benar memutuskan untuk berinvestasi saham.

Pahami Premi Resiko

Ini merupakan kuantitas tingkat pengembalian yang menjadi harapan investor sebagai kompensasi dari kemauan untuk mengambil resiko yang tidak biasa. Dengan pertimbangan jangka panjang saham kategori dividen yield bisa berperan sebagai alternatif terbaik yang memungkinkan pemegang saham memperoleh keuntungan dividen yang stabil dalam kurun waktu tahunan. Untuk pertimbangan jangka pendek, berarti resiko semakin tinggi dan tingkat laba pun akan semakin tinggi.

Untuk investor saham dengan orientasi jangka pendek biasanya tidak akan memberikan dividen karena mayoritas laba akan diinvestasikan kedalam perusahaan.

Memiliki Pemahaman yang Baik akan Pasar Saham

Ada baiknya Anda mendalami kemampuan dalam menganalisa harga saham. Jangan terlalu mengandalkan data yang tersedia di surat kabar karena sudah pasti banyak yang melakukan hal itu. Istilah mendasar harus segera dipahami dengan baik seperti rasio laba/ harga, sejarah hutang dan lain sebagainya. Kurangnya pemahaman Anda akan hal ini mungkin membuat Anda tidak cocok bermain saham di pasar modal dan lebih cocok berinvestasi di reksa dana dengan bantuan manajer investasi.

Timing

Keahlian dalam menentukan waktu yang pas dalam membeli sebuah saham saat harga sedang turun merupakan sumber utama keuntungan dalam pertimbangan investasi saham.

Perlu disadari bahwa jika kondisi pembeli minim maka harga sebuah saham akan rendah dan karenanya Anda bisa mendapat kuantitas saham lebih banyak dengan modal yang dimiliki.

Sama halnya jika kondisi harga saham melonjak sehingga banyak orang membahas kondisi harga saham maka pertimbangan melepas saham Anda merupakan langkah cerdas mengingat hal itu merupakan pertanda pasar sedang dalam keadaan puncak karena momentumnya tepat bukan disebabkan kenaikan nilai riil perusahaan.

Pajak

Aspek pajak penting untuk pertimbangan investasi saham karena semua keuntungan akan selalu dibebani pajak. Yang membedakan adalah bila pajak dari capital gain dikenakan saat investor mendapatkan keuntungan atas penjualan saham miliknya. Sedangkan deviden akan dibebankan di awal. Pajak perlu menjadi pertimbangan karena tentu saja akan mengurangi potensi keuntungan yang Anda terima.

Itulah keenam pertimbangan investasi saham yang membuat untung terus

Jika disimak memang banyak yang harus diperhatikan sebelum Anda benar-benar terjun ke dunia pasar saham. Apa yang sudah dijelaskan adalah gambaran mendasar dari kegiatan investasi saham yang akan bermanfaat dalam mencapai keseimbangan porsi antara tingkat pendapatan dan resiko di dalamnya. Untuk Anda yang masih awam dalam bermain saham, memilih jasa manajer investasi adalah upaya terbaik untuk tetap melakukan investasi saham sebagai salah satu peluang usaha.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+