Categories: Usaha Kecil

Langkah Persiapan Bisnis Kantong Plastik dan Proses Produksinya Seperti Apa?

Share

Apa langkah-langkah yang diperlukan untuk persiapan bisnis kantong plastik? Ulasan ini membahas hal-hal paling penting yang harus Anda pikirkan sebelum memulai bisnis kantong plastik baik sebagai pedagang grosir maupun produsen.

Berpikir untuk membuka bisnis kantong plastik? Perhatikan hal-hal yang perlu Anda ketahui untuk memulai.

Fitur Esensial dari Rencana Bisnis Kantong Plastik

Rencana bisnis grosir kantong plastik Anda perlu disesuaikan dengan tujuan pribadi dan profesional Anda sementara pada saat yang sama menjaga konsistensi dengan rencana bisnis lainnya, terutama dalam komponen rencana bisnis penting yang oleh sebagian besar pakar bisnis dianggap penting.

Dengan melewatkan bagian yang menghabiskan waktu tentang pemasaran, keuangan, dan bidang-bidang bisnis utama lainnya, Anda akan membahayakan efektivitas keseluruhan rencana bisnis Anda.

Untuk membahas faktor-faktor eksternal yang akan memengaruhi bisnis Anda, pertimbangkan untuk mendedikasikan sebagian bisnis Anda untuk analisis PEST (Politik, Ekonomi, Sosial & Teknologi).

Selidiki Persaingan

Sebelum Anda mulai persiapan bisnis kantong plastik sebagai grosir atau menjadi produsen di kota Anda, ada baiknya untuk menentukan bagaimana Anda akan cocok dalam lanskap kompetitif.

Dapatkan pengetahuan tentang bagaimana perusahaan yang sudah ada memposisikan diri di pasar, dan kemudian rancang bisnis Anda dengan cara yang berbeda dari yang lain.

Dapatkan Saran dari Pengusaha Berpengalaman

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis grosir atau produsen kantong plastik, langkah selanjutnya adalah berbicara dengan seseorang yang sudah berkecimpung dalam bisnis ini. Jika Anda berpikir pesaing lokal Anda akan memberi Anda nasihat, Anda terlalu optimis. Apa untungnya bagi mereka?

Namun, sesama pengusaha yang telah memulai bisnis grosir kantong plastik dan produsen di kota yang berbeda mungkin senang untuk memberi Anda beberapa tips, setelah mereka menyadari Anda berada jauh dari mereka dan tidak akan mencuri pelanggan lokal mereka. Bahkan, mereka seringkali sangat bersedia untuk berbagi saran bisnis dengan Anda. Jika Anda gigih, Anda dapat menemukan mentor bisnis yang bersedia membantu Anda.

Bagaimana Anda menemukan seseorang yang menjalankan bisnis grosir atau produsen kantong plastik yang bersedia memberi tahu Anda karena Anda tinggal di kota yang berbeda?

Sederhana. Perhatikanlah sentra bisnis atau mungkin pasar di sekitar Anda.

Peluang Bisnis Kantong Plastik

Terlepas dari ukuran bisnisnya, hampir setiap penjual membutuhkan kantong plastik untuk menjual produk mereka kepada pelanggan mereka. Ini berarti bahwa potensi pasar untuk membuat kantong plastik tinggi karena permintaan sangat besar setiap hari. Tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa jutaan kantong plastik digunakan setiap hari di kota mana pun. Ini menawarkan pasar besar untuk bisnis pembuatan kantong plastik.

Saran untuk Memulai Persiapan Bisnis Kantong Plastik Grosir Maupun Produsen

Banyak wirausahawan memilih untuk membeli bisnis grosir kantong plastik yang menguntungkan atau bisnis pabrikan ketimbang menavigasi tantangan menjalani bisnis.

Namun bagi banyak pengusaha, pembiayaan merupakan rintangan besar untuk membeli grosir kantong plastik dan bisnis manufaktur. Jika Anda siap untuk berurusan dengan persyaratan pemberi pinjaman, Anda akan menemukan bahwa pemberi pinjaman lebih terbuka untuk membiayai operasi yang sudah mapan daripada mengambil risiko di sebuah bisnis rintisan.

Tahapan Merintis Bisnis Kantong Plastik

Sebelum memulai bisnis grosir atau produsen kantong plastik, Anda sebaiknya memeriksa apakah waralaba mungkin membuat hidup Anda lebih mudah.

1. Pilih tema bisnis: Kantong plastik digunakan untuk tujuan yang berbeda dan ada berbagai jenis yang tersedia di pasar. Tentukan jenis kantong plastik yang ingin Anda produksi, – misalnya kantong plastik jinjing sederhana atau kantong cetak.

2. Penelitian: Lakukan penelitian menyeluruh sebelum Anda memulai bisnis. Pelajari tentang berbagai jenis kantong plastik yang dapat Anda buat dan tentukan mana yang memiliki permintaan dan keuntungan maksimum. Periksa pesaing Anda dan pahami bagaimana mereka menjalankan bisnis mereka. Terakhir, cari tahu perincian tentang modal yang Anda perlukan untuk memulai bisnis yang mencakup pembelian mesin dan bahan baku yang diperlukan.

3. Rencana Bisnis: Merancang rencana bisnis yang diteliti dengan baik. Itu harus berisi semua perincian penting bisnis seperti perincian produksi, jenis bisnis, operasi yang terlibat dan langkah-langkah yang akan Anda ambil untuk membuat bisnis ini sukses. Sesuaikan rencana bisnis dengan tujuan pribadi dan profesional Anda. Salah satu manfaat utama dari memiliki rencana bisnis yang dibuat dengan baik adalah membantu Anda mendapatkan bantuan keuangan dari bank atau investor.

4. Mengatur Modal: Ada beberapa cara untuk mengatur modal yang diperlukan untuk mendirikan bisnis. Beberapa area di mana Anda akan memerlukan sejumlah besar uang termasuk menyewa atau menyewakan tempat, bahan baku, pembelian peralatan, biaya tenaga kerja, dll. Cari tahu berapa banyak modal yang Anda perlukan untuk memulai bisnis kantong plastik dan dengan demikian mendekati bank atau investor dengan rencana bisnis Anda untuk mendapatkan jumlahnya.

5. Pendaftaran: Pendaftaran bisnis adalah langkah penting. Karena plastik terlibat dalam proses pembuatan, Anda akan diminta untuk mengikuti banyak panduan bersama dengan pembatasan. Cari tahu semua detail tentang proses pendaftaran sebelum Anda memulai bisnis.

Meskipun mereka menawarkan kenyamanan tinggi, kantong plastik menimbulkan ancaman bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Tetapi, ini tidak berarti Anda tidak boleh menjelajah ke dalam peluang bisnis yang menguntungkan dan potensial ini. Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda mengikuti semua peraturan yang diperlukan dalam bisnis pembuatan plastik dan memahami cara membuat plastik tanpa mempengaruhi lingkungan.

Pertimbangkan Membeli Waralaba

Memulai bisnis melalui waralaba bukanlah hal yang pasti tetapi itu akan memastikan bahwa Anda memiliki peluang terbaik untuk berhasil.

Proses dalam Pembuatan Kantong Plastik

Mengekstrusi

Mesin ekstruder memanaskan plastik polietilen pada suhu 500 ° F, yang menyebabkan pelet meleleh. Pelet yang meleleh kemudian dimasukkan ke dalam mesin dan mati untuk menentukan ketebalan kantong plastik.

Pencetakan

Setelah ekstrusi, kantong plastik dipotong dalam ukuran yang diinginkan dan pegangan dibuat. Tahap pencetakan mengikuti ini, di mana kantong plastik dimasukkan ke dalam mesin cetak dan diberi tekstur yang diperlukan.

Pembuatan Kantong Plastik

Pada langkah ini, gulungan biasa atau yang dicetak dimasukkan ke dalam mesin pembuat kantong plastik. Anda dapat memilih dari banyak pilihan yang tersedia seperti lubang, pegangan atau pengait, celah, penguncian zip, ventilasi, dll. Pilih fungsi yang diinginkan dan lanjutkan untuk menyelesaikan langkah.

Akhirnya, kantong plastik yang diproduksi dikemas ke dalam kotak dan dikirim. Anda dapat menghasilkan ribuan kantong plastik hanya dalam beberapa menit.