Cara Menangani Orang Pingsan Mendadak

  • 3
    Shares

Orang pingsan bisa terjadi di mana saja dan pada siapa saja. Jika anda berdiri di dekat orang yang pingsan , maka jangan panik dan bingung. Lakukan pertolongan pertama kepada orang pingsan. Beberapa cara menangani orang pingsan adalah sebagai berikut.

Cara Menangani Orang Pingsan Mendadak

  1. Mencari Bantuan Medis

Jika anda melihat tanda-tanda orang mau pingsan hubungi medis, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Jika anda mengetahui nomor bantuan medis segera hubungi jangan bingung dan panik.

  1. Mencegah Korban terbentur lantai




Saat anda berada pada orang yang mulai kehilangan kesadaran diri maka anda harus bersiap untuk beraksi melindungi korban dari benturan lantai. Untuk melindungi korban pingsan agar tidak terbentur dengan lantai yaitu dengan menangkap korban. Pada saat korban mengalami pingsan, korban tidak akan mampu melindungi diri sendiri. Oleh karena itu orang lain yang terdekatlah yang dapat mencegah korban terbentur dengan lantai

  1. Memercikkan Air Ke Muka

Ketika korban sudah pingsan, maka percikan air ke muka korban pingsan. Hal ini dilakukan karena percikan air akan membuat korban sadar

  1. Memberi Bau Bawang Putih

Selanjutnya cara menangani orang pingsan mendadak dengan bau  bawang. Memang terdengar aneh karena bawang putih untuk bumbu dapur. Namun cara ini terbukti berhasil karena bawang putih dan bawang merah mempunyai bau yang menyengat. Jika air yang dipercikkan pada muka tidak membuat korban sadar maka cobalah untuk menggunakan bau bawang putih.

  1. Meletakkan Tubuh Pada Tempat Datar

Pada saat seseorang pingsan aliran darah menuju ke otak akan terganggu. Untuk mengatasi peredaran darah  yang terganggu caranya adalah dengan meletakkan tubuh korban pada tempat yang datar sekitar 15-20 menit. Hal ini dilakukan supaya aliran darah menuju otak menjadi lancar sehingga akan membuat korban pingsan menjadi sadar.

  1. Menghindari Berkumpul Secara Bergerombol

Orang pingsan memerlukan udara yang segar. Jadi pada saat orang pingsan hindari ditempatkan pada orang yang ramai atau bergerombol menonton korban pingsan. Hal itu justru akan mengakibatkan korban pingsan semakin kekurangan oksigen. Kebanyakan orang pingsan karena sesak nafas. Oleh sebab itu berilah ruang yang cukup untuk menghirup udara segar.

  1. Mengangkat Kaki Korban

Angkatlah kaki korban ke atas lebih tinggi dari tubuhnya saat korban berbaring. Fungsi mengangkat kaki agar peredaran darah dari jantung ke otak akan menjadi lancar sehingga kemungkinan korban akan sadar lebih cepat

  1. Jangan Mendudukkan Atau Membuat Korban Berdiri Saat Pingsan

Pada saat pingsan jangan membuat korban pada posisi duduk atau berdiri. Posisi ini akan membuat tubuh korban semakin tertekan sehingga kerja  jantung akan terganggu. Posisi yang benar saat pingsan adalah membaringkan ke tempat yang datar.

  1. Tidak Diberi Bantal Untuk Penyangga

Orang berpendapat bahwa korban yang pingsan diberi bantal pada kepala agar terasa nyaman. Pernyataan tersebut salah besar. Saat kepala diberi bantal maka aliran darah menuju otak tidak akan lancar. Seharusnya orang pingsan dibaringkan di tempat yang rata supaya dapat mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Baca: Pertolongan Pertama pada Orang Asma

  1. Mengipasi Korban Pingsan

Cara  menangani orang pingsan mendadak dengan diberi udara yang lebih. Ciptakan udara yang lebih dengan mengipasi korban dengan buku atau kertas. Hal Itu dikarenakan korban pingsan perlu udara yang segar dan lebih banyak ruang


  1. Jangan Membangunkan Korban Secara Cepat

Saat korban sudah sadar diri, jangan dibiarkan untuk langsung berdiri, biarkan korban untuk berbaring beberapa menit. Hal ini supaya  darah mengalir ke seluruh tubuh. Jika korban terburu-buru berdiri maka akan ditakutkan korban mengalami pingsan yang kedua kalinya.


  • 3
    Shares

Leave a Reply

Close
HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+