Pertolongan Pertama Pada Orang Asma


Pertolongan pertama pada orang asma ini penting sekali terlebih jika ada kerabat Anda yang asma. Orang asma bisa mengalami susah pada saat bernafas. Asma bisa terjadi pada siapa saja tidak hanya orang lanjut usia bahkan anak-anak bisa terkena asma. Asma tidak dapat disembuhkan, namun penyakit asma bisa dicegah. Penderita asma jika tidak ditolong segera bisa berakibat fatal. Asma terjadi ketika otot pada saluran paru-paru mengalami tegang dan bisa menyebabkan paru-paru menjadi kejang. Pada kondisi ini saluran udara akan terasa sempit sehingga penderita asma akan terasa sulit dalam bernafas. Berikut ini beberapa penjelasan pertolongan pertama pada orang asma.

Pertolongan Pertama Pada Orang Asma

  1. Kenali Kondisi Penderita Asma

Pertolongan pertama pada orang asma yaitu kenali dulu penderita asma seperti batuk-batuk yang semakin parah, dan mengeluarkan bunyi saat bernafas. Pada kondisi ini akan membantu kita untuk menentukan seberapa parah penderita asma dan cara untuk menolong penderita asma.

Baca: Tanaman Pembersih Udara Sekaligus Hiasan Rumah

  1. Menenangkan Penderita Asma

Berikan kepercayaan kepada penderita asma kalau anda bisa mengatasi asma, sehingga penderita asma bisa tenang. Setelah itu mintalah kepada penderita asma untuk bernafas dengan tenang dan perlahan-lahan. Instruksikan kepada penderita asma untuk mengambil nafas secara perlahan-lahan dan mengeluarkan secara perlahan-lahan supaya penderita asma akan merasa tenang dan nyaman. Tapi pada keadaan ini anda harus tetap tenang dan jangan panik, agar penderita bisa lebih tenang dalam bernafas.

  1. Cari Inhaler Atau Alat Bantu Pernafasan

Alat bantu pernafasan sangat bisa diandalkan saat penyakit asma kambuh. Disarankan untuk penderita asma agar selalu membawa alat inhaler, karena asma bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Saat asma kambuh bersikaplah tenang dan usahakan untuk tetap melakukan bernafas sambil mencari alat inhaler di tas anda.

  1. Membantu Menggunakan Inhaler

Pada saat penderita asma mengalami asma yang kambuh maka carikan alat inhaler, dan gunakan pada penderita asma dengan baik seperti bantu memegang inhaler dengan baik. Pada saat asma terjadi penderita akan terasa panik dan mereka akan merasa kesulitan dalam memegang inhaler

  1. Posisi Duduk Penderita Asma Buat Terasa Nyaman

Pada posisi duduk penderita asma berpengaruh  terjadinya asma. Penderita harus duduk pada posisi tegap agar saat bernafas bisa lancar.

  1. Amati Lagi Penderita Asma

Pada saat asma sudah sembuh kita harus mengamati penderita asma. Asma bisa jadi kambuh lagi, maka pantau terus penderita asma agar tidak terjadi asma yang lebih buruk. Serangan asma yang kedua kali atau seterusnya bisa berakibat fatal atau lebih parah daripada asma yang pertama. Jika penderita asma semakin parah atau tidak menunjukkan kondisi yang membaik maka segeralah menghubungi pihak medis, agar tidak terjadi hal-hal yang buruk.

  1. Ketika Penderita Asma Kehilangan Kesadaran Diri

Ketika penderita asma kehilangan kesadaran diri maka awasi terus pernafasan penderita. Jika kondisi penderita semakin memburuk dan anda sudah tidak bisa berbuat apa-apa untuk menolongnya, maka segera hubungi pihak medis. Temani penderita asma hingga pihak medis datang agar penderita merasa tenang.

Baca: Cara Menanam Hidroponik Tomat

  1. Setelah Serangan Asma Terjadi

Jika penderita asma mengalami asma yang kambuh anda sebagai penolong harus memastikan penderita dapat melakukan aktivitas sendiri atau memerlukan bantuan anda. Tanyakan apakah penderita asma perlu diantarkan ke Rumah Sakit. Agar penderita  asma lebih tenang dan memastikan kondisinya lebih baik, usahakan menghubungi keluarga atau teman terdekat penderita asma.



Bookmark Pertolongan Pertama Pada Orang Asma

Itulah beberapa cara pertolongan pertama pada orang asma. Saat kita menolongnya yang terpenting jangan panik. Panik hanya akan membuat anda dan penderita asma semakin bingung. Semoga bermanfaat.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+