Categories: Web Hosting

Cara Beli Domain Terpercaya Kurang Dari 10 Menit

Share

Mengapa Anda membutuhkan nama domain di internet? Nama domain Anda adalah identitas unik Anda di dunia digital. Setiap individu, bisnis, atau organisasi yang berencana untuk memiliki kehadiran di internet harus berinvestasi dalam nama domain.

Memiliki nama domain, situs web, dan alamat email Anda sendiri akan memberi Anda dan bisnis Anda tampilan yang lebih profesional. Alasan lain bagi bisnis untuk mendaftarkan nama domain adalah untuk melindungi hak cipta dan merek dagang, membangun kredibilitas, meningkatkan brand awareness, dan menempatkan Anda/bisnis Anda di mesin pencari seperti google. Inilah saat dimana Anda membutuhkan penyedia beli domain terpercaya.

Kaitan Web Hosting dan Beli Domain Terpercaya Apa?

Banyak orang cenderung berpikir bahwa mendaftarkan nama domain cukup baik untuk membuat situs web aktif. Yang tidak banyak orang pahami adalah bahwa domain sama baiknya dengan nama Anda, nama yang dengannya orang lain dapat mengenali Anda. Agar nama domain situs web aktif dan hidup di internet, Anda perlu meng-host situs web.

Jika Anda ingin membangun situs web tanpa mengambil layanan hosting web, mendaftarkan nama domain tidak akan ada gunanya. Memiliki akun web hosting sangat penting untuk mendapatkan situs web yang di-host.

Perusahaan web hosting memungkinkan situs web Anda diakses oleh semua orang menggunakan internet. Web hosting pada dasarnya adalah ruang yang Anda beli di server web untuk menyimpan file situs web Anda. Ketika Anda membeli situs web hosting, Anda pada dasarnya menyewa ruang server di server tempat file web Anda akan ditempatkan. Jadi, setiap kali seseorang mencari situs web Anda dengan memasukkan domain Anda, ia akan diarahkan ke situs web Anda.

Anda dapat mendesain situs web menggunakan komputer Anda sendiri hanya jika Anda mengunggahnya di server hosting, situs web itu tidak akan pernah bisa diakses oleh siapa pun. Host web biasanya membebankan biaya untuk layanan yang mereka berikan. Anda sebagai pengguna juga memiliki kemampuan untuk memiliki server lengkap Anda sendiri langsung dari rumah Anda sendiri, tetapi perbedaan utama antara berinvestasi di server Anda sendiri dan memilih perusahaan hosting adalah bahwa merancang server Anda sendiri kemungkinan besar akan merugikan Anda.

Untuk mengatur server, Anda akan memerlukan komputer dengan spec tinggi dengan prosesor yang baik dan banyak RAM dan juga sistem operasi seperti Linux atau Windows. Untuk menambah itu, Anda juga harus memiliki keterampilan teknis untuk mengelola dan menjalankan server. Ketika Anda menyewa jasa perusahaan hosting web, mereka akan mengelola semua masalah backend, termasuk pemeliharaan dan perbaikan server. Jadi pada dasarnya, host web dirancang untuk membuat hidup Anda lebih mudah dengan menyelamatkan Anda dari kerepotan.

Meskipun ada beberapa layanan hosting yang tersedia, selalu disarankan untuk tidak membeli sesuatu yang mahal. Dengan sedikit riset Anda bisa mendapatkan layanan hosting web yang bagus dengan harga yang terjangkau. Anda seharusnya tidak tertipu untuk membeli lebih dari apa yang sebenarnya Anda butuhkan. Selalu ada ruang untuk memutakhirkan paket hosting Anda jika situs web Anda mulai menghasilkan banyak kunjungan.

Bagaimana Cara Beli Domain Terpercaya?

Ada beberapa penyedia domain baik penyedia lokal maupun internasional. Beberapa penyedia hosting bahkan memberikan domain gratis selama Anda memakai jasa layanan mereka.

Untuk memudahkan penjelasan dalam ulasan ini akan digunakan penyedia lokal dari niagahoster. Bagaimana caranya?

Pertama silahkan Anda buka situs resmi niagahoster. Kemudian geser ke menu pilihan paket yang dapat dibeli.

Harga paket akan berbeda, bahkan harga hari ini dapat berbeda dengan esok hari. Jadi jika sudah punya tekad sebaiknya beli segera.

Untuk memulai pilihlah “paket personal” dengan harga Rp26.563,- per bulan. Untuk harga ini perlu dipahami jika besarannya akan berubah-ubah ketika Anda pertama kali membelinya. Dalam ilustrasi ini harganya adalah Rp26.563 ,- per bulan. Jika Anda masih berpikir ulang dan baru memutuskan esok hari, harganya belum tentu sama. Anda akan masuk ke metode pembayaran.

Metode Pembayaran Web Hosting

Pastikan jenis paketnya sudah tepat yaitu “personal”. Ada atau tidaknya diskon (seperti dalam ilustrasi) bergantung pada kebijakan perusahaan penyedia web hosting. Kemudian Anda dapat memilih lama layanan hostingnya. Dalam ilustrasi dicontohkan pilihan untuk layanan selama 3 tahun.

Kemudian scroll ke bawah.

Jika sudah kini saatnya memesan nama domain.

Beli Domain Pilihan Secara Gratis

Web hosting ini sebenarnya memberikan fitur nama domain gratis. Ya gratis. Masih ingatkan bahasan pada pembuka ulasan ini bahwa nama domain membutuhkan web hosting untuk dapat eksis di dunia online. Jadi memang sebenarnya ketika Anda ingin membeli nama domain Anda membutuhkan web hosting. Jika tidak nama domain Anda akan sia-sia. Karenanya penting untuk memilih penyedia web hosting yang memberikan nama domain gratis.

Panduan mendapatkan nama domain gratis satu paket dengan web hosting

Isi kolom pilihan nama domain beserta ekstensinya. Pilihlah ekstensi yang populer seperti “.com”.

Selain .com pilihan ekstensi populer untuk nama domain adalah .net atau .id

Jika sudah tentukan pilihan, klik “cari domain”. Jika ada pemberitahuan “nama domain tidak tersedia” maka Anda tidak bisa menggunakan nama domain pilihan itu.

Bagaimana solusinya?

Anda dapat mengganti nama domain pilihannya.

Atau, jika Anda tidak ingin mengganti nama domain pilihan, Anda dapat mengganti ekstensinya menjadi .xyz, .store, atau .org

pilihan domain bisnissendiri.com “tidak tersedia”

Pilihan ekstensi sebaiknya tetap berpegang pada ekstensi yang sudah populer seperti sudah dijelaskan sebelumnya.

pilihan domain bisnissendiri.org tersedia

Misalkan dengan nama domain sama dan ekstensi berbeda yaitu .org, pemberitahuannya menjadi “Selamat” yang berarti nama domain tersedia.

Meskipun ekstensi .org tersedia tetap tidak disarankan karena ekstensi itu tidak lazim untuk tujuan usaha/bisnis.

Karenanya gantilah nama domain dengan mempertahankan ekstensi .com.

untuk pertahankan ekstensi .com, lebih baik ganti nama domain menjadi pengusahamandiri.com

Jika sudah, klik “tambahkan ke cart

Rincian Order Hosting Pilihan Anda

Di menu ini Anda akan melihat rincian order hosting yang sudah dipilih. Kemudian ada menu untuk fitur pendukung. Khusus menu ini pilihlah yang gratis seperti auto install website wordpress dan wordpress accelerator (litespeed cache). Untuk menu lainnya cukup di kosongkan saja.

Kemudian pilihlah jenis pembayaran yang sesuai dengan preferensi Anda.

Jika Anda belum punya akun niagahoster, pilihlah “daftar” . Kemudian isikan informasi Anda mulai dari alamat email aktif, password yang akan dipakai untuk login di niagahoster dan alamat sesuai rekening bank atau paypal untuk pembayarannya. Bagian yang diberi tanda bintang (*) wajib diisi dengan benar. Untuk kolom “perusahaan” isikanlah personal jika Anda bukan badan usaha.

Jangan lupa masukan kode kupon a-Nob-hosting untuk dapatkan ekstra diskon 5%. Kode kupon ada di sebelah kanan layar jika Anda membeli domain menggunakan komputer.

Jika informasi akun niagahoster sudah terisi dan kode kupon untuk diskon ekstra sudah dituliskan dan klik “apply”, lanjutkan dengan klik “daftar & checkout“.

Anda akan mendapatkan informasi mengenai cara pembayaran dan konfirmasi pembayaran. Informasi ini juga akan dikirimkan ke email yang dipakai untuk pendaftaran.

Anda Sudah Selesai Membeli Nama Domain Kurang Dari 10 Menit

Kini Anda sudah memiliki nama domain. Anda dapat login ke niagahoster menggunakan email dan password yang dipakai saat pemesanan hosting dan domain gratis tadi. Lakukanlah konfirmasi pembayaran sesuai petunjuk yang disediakan melalui laman login konsumen niagahoster.

Laman user-nya sangat ramah untuk pemula sekalipun. Bagaimana tidak sulit bukan? Anda dapat melakukan sendiri beli domain terpercaya kurang dari 10 menit sekarang. Beli domain pilihan Anda di niagahoster sekarang.