Bentuk Kompensasi dan Mekanismenya Anda Wajib Paham

Share

Bentuk kompensasi penting dipahami baik bagi Anda pencari kerja maupun manajer HRD di organisasi. Kompensasi dapat merujuk pada manfaat langsung dan tidak langsung yang diterima seorang karyawan dari seorang pemberi kerja. Istilah ini juga mengacu pada seberapa banyak seseorang harus membayar korban untuk kesalahan. Kesalahan itu mungkin telah mengakibatkan kerusakan pada properti atau cedera pada seseorang.

Ketika mengacu pada paket pembayaran karyawan, banyak ahli manajemen sumber daya manusia menyebutnya kompensasi dan manfaat. Pengusaha yang sukses mengembangkan program yang menguraikan proses yang adil untuk menghargai karyawan dan eksekutif mereka.

Pengusaha menyusun paket gaji dan tunjangan mereka untuk menarik karyawan terbaik. Mereka juga mencoba membuat struktur agar karyawan mereka tetap di perusahaan.

Menurut Kamus Cambridge, kompensasi adalah:

“1. Uang yang dibayarkan kepada seseorang dengan imbalan sesuatu yang telah hilang atau rusak atau untuk beberapa masalah. “

“2. Kombinasi uang dan manfaat lainnya (= imbalan) yang diterima seorang karyawan untuk melakukan pekerjaannya. “

Kompensasi dibayarkan untuk pekerjaan

Istilah ini mengacu pada pendekatan sistematis untuk memberikan nilai moneter kepada karyawan. Dengan kata lain, itu adalah uang yang diberikan pemberi kerja sebagai imbalan atas pekerjaan yang mereka lakukan. Ini dapat membantu mengisi lowongan pekerjaan, meningkatkan kinerja, dan meningkatkan kepuasan kerja.

Kompensasi terdiri dari kombinasi gaji karyawan, liburan, asuransi kesehatan, dan bonus. Ini juga termasuk fasilitas lain, seperti mobil perusahaan, parkir gratis, makanan gratis atau murah, biaya perjalanan, dll.

Bagaimana bentuk kompensasi ditentukan?

Pemberi kerja mendasarkan kompensasi pada beberapa faktor. Beberapa perusahaan berkumpul dan melakukan survei gaji. Survei membantu mereka menentukan berapa tingkat pasar untuk suatu pekerjaan.

Perusahaan survei kemudian mengumpulkan data dan mengirimkannya kembali kepada para peserta.

Pengusaha lain melihat paket gaji dan tunjangan untuk posisi tertentu di Internet. Ada banyak situs web spesialis seperti pay.com atau glassdoor.com.

Informasi di situs-situs ini kurang komprehensif dibandingkan melakukan survei komprehensif. Mereka juga tidak akurat karena mereka dilaporkan sendiri oleh para karyawan.

Kompensasi dan manfaat, umumnya dikenal sebagai C & B, adalah sub-disiplin sumber daya manusia. Di sebagian besar negara berbahasa Inggris, orang menyebutnya sebagai remunerasi atau total hadiah.

Bentuk Kompensasi eksekutif adalah paket bayaran + manfaat yang diterima eksekutif senior dari pemberi kerja mereka. Biasanya berbeda dari apa yang diterima oleh seluruh karyawan. Perusahaan juga dapat menawarkan opsi saham sebagai insentif manajemen.

Komponen kompensasi karyawan

Kompensasi dan tunjangan karyawan dibagi ke dalam kategori dasar berikut:

Pendapatan tetap

Penghasilan ini tidak tergantung pada berapa banyak bisnis yang Anda hasilkan. Ahli juga menyebutnya gaji pokok atau dasar.

Bayaran variabel

Pembayaran ini bergantung pada kinerja. Dengan kata lain, hasil yang Anda raih. Contohnya termasuk bonus, komisi, dan insentif lainnya.

Manfaat

Ini adalah program yang digunakan pemberi kerja untuk menambah bentuk kompensasi karyawan. Misalnya, mobil perusahaan atau asuransi kesehatan adalah keuntungan. Cuti dengan pembayaran penuh dan skema pensiun non-iuran juga merupakan manfaat.

Beberapa pemberi kerja juga dapat menawarkan saham perusahaan sebagai bagian dari paket pembayaran.

Kompensasi untuk kerusakan atau cedera

Istilah kompensasi ini juga dapat merujuk pada kerusakan. Dengan kata lain, uang untuk seseorang yang menderita kerugian atau cedera. Dalam hukum umum, Ahli mengategorikan kerusakan sebagai ganti rugi atau ganti rugi (aktual).

Kerusakan kompensasi dipecah menjadi kerusakan khusus, yang mungkin termasuk hilangnya pendapatan atau biaya pengobatan. Ini juga dapat mencakup kerusakan properti, dan kerusakan umum yang non-ekonomi, seperti stres emosional, rasa sakit, dan penderitaan.

Pengadilan memberikan ganti rugi ganti rugi untuk mengkompensasi penuntut. Penggugat mungkin mengalami cedera, kehilangan, atau bahaya sebagai akibat dari tindakan atau tidak adanya tindakan orang lain.

Kompensasi – arti lain

Untuk menebus

Untuk menebus sesuatu yang membuat kita merasa lebih baik ketika kita memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan.

Sebagai contoh, diplomat mengatakan salah satu kelemahan bekerja di kedutaan adalah harus sering berpindah-pindah. Dengan kata lain, tidak pernah memiliki rumah permanen jangka panjang.

Namun, ada kompensasi. Misalnya, mereka punya pengalaman budaya baru.

Kompensasi dalam psikologi

Dalam psikologi, istilah ini mengacu pada strategi di mana individu menutupi sesuatu. Ini merupakan kondisi yang menekankan kekuatan untuk menebus kelemahan. Semua orang dapat melakukan ini baik secara sadar atau tidak sadar sudah mencoba salah satu bentuk kompensasi.