Tips Jitu Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dengan Baik

Komunikasi menjadi bagian terpenting dalam setiap kegiatan yang Anda lakukan. Baik itu dalam urusan pekerjaan, bisnis, dan juga bersosialisasi kepada orang lain. Kemampuan komunikasi setiap orang pada dasarnya sangat berbeda-beda, sehingga dalam berkomunikasi Anda perlu mengetahui siapa yang sedang Anda ajak untuk berkomunikasi. Ada beberapa tips yang bisa meningkatkan kemampuan komunikasi dengan baik, berikut beberapa tips tersebut:

  1. Pola pikir

Pola pikir akan sangat berpengaruh terhadap kemampuan Anda, dalam melakukan komunikasi dengan baik. Meningkatkan kemampuan dalam komunikasi akan berawal dari apa yang Anda pikirkan, dan kemudian Anda sampaikan. Kemampuan komunkasi yang baik bisa dilihat dari pesan yang disampaikan, apakah bermanfaat atau tidak.

  1. Perilaku

Kemampuan komunikasi seseorang, akan tercermin dari perilakunya. Lebih tepatnya perilaku ketika menyampaikan pesan, atau pun mendengarkan pesan yang disampaikan. Ciri-ciri kemampuan komunikasi Anda meningkat adalah, sikap Anda terhadap pesan yang disampaikan.

  1. Bahasa tubuh

Salah satu faktor yang sangat penting dalam meningkatkan kemampuan komunikasi adalah, bahasa tubuh. Bahasa tubuh sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dalam melakukan komunikasi. Komunikasi yang baik, tidak akan memperlihatkan bahasa tubuh yang bertentangan dengan pesan yang disampaikan.

  1. Berpikir sebelum berbicara

Sebelum Anda menyampaikan suatu pesan, atau menanggapi obrolan dari orang lain. Ada baiknya Anda berpikir terlebih dahulu, sebelum Anda berbicara. Hal ini sangat berguna, dalam meningkatkan kemampuan komunikasi yang baik. Dengan berpikir terlebih dahulu, Anda bisa memilah-milah kata yang Anda gunakan. Dengan tujuan, agar lawan bicara Anda tidak tersinggung dengan perkataan Anda.

  1. Mendengarkan

Untuk bisa meningkatkan kemampuan komunikasi Anda, mendengarkan pesan yang disampaikan oleh lawan bicara Anda adalah hal yang harus Anda lakukan. Dengan mendengarkan, Anda bisa memahami pesan yang disampaikan oleh lawan bicara Anda. Tidak hanya itu, setiap orang akan merasa nyaman ketika berkomunikasi dengan Anda.

  1. Memberikan solusi

Setiap komunikasi yang dilakukan, akan berakhir kepada pilihan ataupun solusi. Apabila Anda bertindak sebagai pendengar, usahakan selalu memberikan solusi kepada lawan bicara Anda. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi Anda, dalam hal menganalisa pesan yang disampaikan.

Terapkan Tips Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Ini

Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, maka setiap kegiatan Anda bisa berjalan dengan baik. Kemampuan komunikasi yang baik juga bisa menunjang pekerjaan Anda, dan juga bisa digunakan dalam kegiatan bisnis. Demikian, ulasan mengenai tips meningkatkan kemampuaan komunikasi dengan baik. Semoga ulasan diatas bisa membantu Anda, dan juga menambah referensi Anda dalam usaha meningkatkan kemampuan komunikasi dengan baik dan benar.

2 Comments

  1. Konveksi Sidoarjo Juni 7, 2016
  2. kanza Juni 14, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge

Ubah Bakatmu Jadi Uang: Menulis, Desain Grafis, Programing, dll. Cetak Uang Sekarang
+