Tips Cari Uang dari Blog Berbahasa Indonesia

Cari uang dari blog berbahasa Indonesia menjadi niatan ngeblog karena terinspirasi blogger luar negeri dan ngiler menghasilkan puluhan ribu $ dari blog?

Tahukah Anda bahwa niatan ngeblog itu kerap pudar akibat kendala bahasa yang dianggap sulit untuk dikuasai. Bila Anda adalah salah satu orang yang berpikir seperti itu janganlah khawatir karena seiring dengan pertumbuhan teknologi, banyak sekali kesempatan untuk bisa cari uang dari blog Anda sekalipun blog itu berbahasa Indonesia.

Cari Uang dari Blog Berbahasa Indonesia

Saat Anda sudah berpikir untuk menghasilkan uang dari blog maka pada tahap ini sudah saatnya menentukan kira-kira cara seperti apa yang Anda pilih.

Sebagaimana sudah dibahas sebelumnya di postingan bagaimana Anda bisa menghasilkan uang dari blog pilihlah cara yang menurut Anda sesuai.

Untuk ilustrasi mudahnya adalah blog baru milik admin notordinaryblogger yang dinamakan pilihpeluangusaha.com. Setelah melalui berbagai proses penentuan niche blog, nama domain dan sebagainya. Setelah semuanya selesai dan blog terisi dengan sejumlah konten saatnya menetapkan cara monetasi blog. Untuk alasan kepraktisan, cari uang dari blog berbahasa Indonesia dilakukan dengan mendaftar sebagai penerbit iklan PPC. Terdaftar sebagai penerbit iklan PPC bukanlah satu-satunya cara, ada banyak cara lainnya Anda hanya perlu memilih mana yang paling sesuai.

Setelah melakukan riset kecil atas berbagai program penerbit iklan PPC Indonesia yang ada pilihan pun jatuh kepada kliksaya. Alasan utamanya adalah kemudahan transfer hasil pendapatan PPC ke rekening bank yang kita daftarkan (terlepas dari beberapa review negatif kliksaya di internet).

Setelah menemukan cara yang paling sesuai dengan kebutuhan langkah penting selanjutnya adalah mengikuti aturan main yang ditetapkan (jika kita menjadi penerbit iklan PPC). Hal ini penting untuk mengamankan kepentingan finansial Anda dengan program PPC yang didaftarkan.

Selain PPC, pilihpeluagusaha.com juga akan membuka kesempatan iklan langsung dalam bentuk banner maupun teks. Segala sesuatunya sedang dipersiapkan untuk itu.

3 Aspek Utama Cari Uang dari Blog Berbahasa Indonesia

Belajar dari pengalaman mengelola notordinaryblogger selama 3 tahunan, setidaknya terdapat 3 aspek penting untuk kekuatan sebuah blog bertahan di tengah persaingan terlebih jika blog tersebut dimanfaatkan untuk cari uang tambahan. Seperti disampaikan dalam resolusi ngeblog 2015, target awal dari blog baru pilihpeluangusaha.com menghasilkan sejumlah uang yang sama dengan biaya melahirkan blog itu (sekitar 2 juta) dalam waktu 2 tahun (sesuai masa berlaku hosting).

Nah apa aja sih 3 aspek utamanya?

  • SEO
  • Pembuatan Konten
  • Marketing Blog

Tahapannya adalah SEO, kemudian Pembuatan Konten dan terakhir Marketing Blog.

SEO mau tidak mau merupakan satu hal penting dalam hal cari uang dari blog berbahasa Indonesia. Dengan didukung pemahaman kita yang baik akan SEO blog kita bisa mendapatkan jalan pintas menuju kerumunan penghuni dunia maya. Alhasil tentu saja jika kita menerapkan strategi SEO yang baik, blog kita akan menikmati keuntungannya.

SEO jugalah yang akan membantu blog kita muncul di halaman awal google ataupun mesin-mesin pencari lainnya. Kemunculan link blog kita di mesin pencari sangatlah penting karena jutaan pengguna mesin pencari menggunakan media pencarian untuk mendapatkan kejelasan atas berbagai permintaan informasi yang dimintakan.

Setelah pemahaman kita cukup baik akan SEO, saatnya kita memahami strategi pembuatan konten yang berorientasi hasil untuk blog berbahasa Indonesia dengan tujuan cari uang. Mungkin sebenarnya pembuatan konten bisa dilakukan sekenanya, memang benar tapi jika ingin hasil lebih cepat tentu saja konten yang kita buat perlu disesuaikan dengan SEO artikel dasar yang bermanfaat juga.

Sebuah konten dalam bentuk artikel yang dipersiapkan dengan baik tentu akan semakin mudah terindeks di mesin pencari. Dengan begitu waktu yang dibutuhkan untuk blog kita menerima ribuan pengunjung unik setiap hari tidaklah terlalu lama.

<

Setelah tahu sedikit tentang SEO dan pembuatan konten yang optimal untuk tujuan cari uang, kini saatnya marketing blog. Tujuan marketing blog adalah untuk menyediakan sumber pengunjung yang tidak bergantung pada satu sumber tertentu saja. Jika kita hanya bergantung pada satu sumber pengunjung saja tentu itu sangat membahayakan, misalkan terkena hukuman update algoritma Google. Bisa jadi blog yang biasanya menerima ratusan kunjungan harian dari Google, akibat update algoritma hanya menjadi puluhan saja.

Bila kita memahami marketing blog maka kita tidak akan tergantung dengan Google. Meskipun sejak awal kita sudah mempersiapkan seluruh konten agar ramah SEO. Beberapa sumber pengunjung selain mesin pencari adalah:

Aspek Pendukung Yang Tidak Kalah Penting

Selain ada beberapa aspek utama di atas ada juga aspek pendukung yang sangat bermanfaat jika kita terapkan dengan baik. Aspek pendukung ini terkait dengan template blog, desain blog sampai kombinasi warna dalam desain blog itu sendiri. Jangan khawatir, sudah banyak tersedia template blog di internet, kita hanya perlu memilih yang paling tepat untuk digunakan blog kita sendiri.

Sebagai referensi bisa baca postingan terkait berikut ini:

Siap Cari Uang Dari Blog Berbahasa Indonesia?

Pada intinya semua tips yang diberikan akan mengarah pada pencapaian jumlah pengunjung rutin sebanyak mungkin. Karena memang pada intinya itu. Sebuah blog akan memberikan keuntungan semakin besar jika semakin banyak orang mengunjunginya.

Tahapan tips yang diberikan baik dalam aspek utama maupun aspek pendukung akan mengamankan hasil yang baik untuk kelangsungan blog bahasa Indonesia kita dalam hal ini memastikan tingkat kunjungan optimal dari para penghuni dunia maya yang tertarik dengan niche yang disampaikan. Jika sudah demikian, tentu saja cari uang dari blog berbahasa Indonesia tidak sesulit yang dibayangkan. Selamat mencoba, semoga sukses.

21 Comments

  1. Muhammad Nizar Januari 30, 2015
  2. fendy Februari 1, 2015
    • Okto Februari 1, 2015
  3. Avanoustic Februari 2, 2015
  4. Manish_BHr Februari 2, 2015
  5. Taqorrub Februari 2, 2015
  6. Salman Faris Februari 10, 2015
  7. friska Nirwana Februari 13, 2015
  8. syutrav Februari 19, 2015
  9. kang Jum Februari 21, 2015
  10. Lutfi Wardi Maret 15, 2015
  11. Nova Maret 31, 2015
  12. Okto April 1, 2015
  13. Febrian Khan Juni 2, 2015
  14. Okto Juni 3, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge

Promo Hari Buruh. Sepatu Untuk Pengendara Motor, All Bike Ap Boots Hanya Rp42.000,- Bayar DitempatBeli Sekarang