Tips Ampuh Terus Produktif Sesibuk Apapun

Menjalani hobi blogging paruh waktu memang gampang-gampang susah, apalagi jika tema blog yang diusung adalah “tips ngeblog”, sulitnya bukan main untuk terus bersaing di tengah lautan blog-blog berkualitas yang terus bermunculan.

Ngeblog bukanlah perkara mudah karena kita harus mendapatkan momen “pas” untuk menciptakan konten berkualitas. Itu sebabnya tidak aneh jika cukup banyak blog-blog yang terhenti di tengah jalan karena kesibukan sang admin dengan aktivitas-aktivitasnya.

Lalu, bagaimana agar kita bisa terus produktif ditengah kesibukan aktivitas harian? Dari pengalaman ngeblog paruh waktu ini, munculah sebuah ide untuk berbagi tips dan trik bagaimana kita bisa tetap produktif sesibuk apapun aktivitas yang dijalankan.

Buat Rekam Jejak Aktivitas

Apapun target tertentu yang diinginkan jika kita memiliki rekam jejak aktivitas, akan semakin mudah untuk mendeteksi kekuatan dan kelemahan kita. Misalkan dalam hal ngeblog, kita ingin mendapatkan 1000 UV (unique visitors) dari mesin pencari …. Maka cara-cara mudah yang bisa dilakukan adalah :

Dari kelima cara diatas, kita bisa mendeteksi cara apa yang sudah dilakukan, apa yang belum sekaligus melihat sebabnya. Jika kita melakukan secara acak kita tidak pernah sadar di bagian apa kita harus memperkuat diri atau dibagian mana kita perlu fokus.

Buatlah Target Ambisius untuk Diri Sendiri

Buatlah sebuah komitmen pada diri sendir melalui target ambisius. Tujuannya bukan untuk menyombongkan diri tapi untuk memacu diri bekerja lebih serius lagi sampai target tercapai. Terlepas hasilnya nanti tercapai atau tidak, tanpa disadari kita akan membentuk sebuah kebiasaan untuk terus semangat dan pantang menyerah.

Contoh sederhana dari notordinaryblogger adalah target ambisius alexa rank 50K dalam tiga bulan.

Target ambisius akan memberi dorongan lebih untuk mendapatkan hasil positif. Dengan begitu, produktivitas ngeblog cenderung akan terbawa positif juga.

Percaya Diri Sendiri

Satu hal penting dalam hal produktivitas adalah kurangnya percaya diri kita. Rasa tidak percaya diri akan membuat kita kehilangan semangat untuk mengerjakan sesuatu dengan lebih serius. Hasilnya, tentu saja sebuah angan-angan yang hanya berupa impian tanpa pernah dicoba.

Jika kita sudah memiliki rekam jejak kegiatan, dan target, maka percaya dirilah untuk bisa mencapai hal tersebut.

Cari Suasana

Perhatikanlah suasana yang paling pas untuk meningkatkan produktivitas. Jika suara music bisa membuat kita lebih enjoy mengerjakan suatu aktivitas, maka dengarkanlah musik sambil melakukan aktivitas tersebut.

Jika suasana bersih dan rapih membawa produktivitas, maka pastikan suasana disekitar kita bersih dan rapi saat melakukan aktivitas tersebut. Bisa dipastikan produktivitas akan meningkat tanpa disadari.

Jangan Terpaku pada Ambisi

Mungkin agak sedikit aneh dan bertolak belakang dengan tips sebelumnya. Namun pada akhirnya, jangan terlalu memaksakan diri dengan target-target ambisius yang sudah ditetapkan. Maksud menetapkan target ambisius adalah untuk sekedar memacu diri kita sekaligus pengingat bahwa ada sesuatu yang kita harus kejar.

Dalam proses pengejaran tersebut, pastikan kita menikmatinya. Jika kita sudah merasa lelah, jenuh dan mentok untuk berpikir itu adalah saat yang tepat untuk istirahat atau melakukan aktivitas selingan untuk mengembalikan mood. Pastikan kita menikmati aktivitas yang dilakukan untuk meraih target-target yang ditetapkan. Jangan terlalu khawatir dengan kegagalan karena selama kita serius tentu ada hal positif yang bisa diraih. Jangan bebani diri dengan rasa takut gagal karena itu akan membuat kita tidak akan menikmati aktivitas yang dilakukan. Produktivitas akan meningkat jika kita menikmati apa yang kita lakukan tanpa beban yang berarti.

Bookmark Tips Ampuh Terus Produktif Ini

Itulah tips ampuh terus produktif sesibuk apapun yang membawa notordinaryblogger sampai sejauh ini. Semoga bermanfaat.

3 Comments

  1. enas nasrudin Januari 13, 2015
  2. Eka Rangga Januari 25, 2015
  3. red Oktober 25, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+