Pengertian Efektivitas dan Efisiensi dalam Manajemen Bisnis


Pengertian efektivitas dan efisiensi dalam manajemen bisnis apa sih sebenarnya? Perusahaan kerap kali mengucap masalah efektivitas karyawan dan efisiensi saat rapat sebagai cara meningkatkan hasil organisasi. Kedua istilah itu terdengan akrab di telinga meskipun sebenarnya memiliki makna berbeda satu sama lain. Seorang karyawan yang efektif akan menghasilkan sesuatu lebih bernilai sedangkan karyawan yang efisien menghasilkan sesuatu dengan cepat dan cerdas. Dengan mengkombinasikan efisiensi dan efektivitas, sebuah perusahaan dapat menghasilkan produk yang lebih baik dengan waktu lebih cepat menggunakan sumber daya yang terbatas.

Baca: Komunikasi yang Baik dalam Organisasi

Beda Pengertian Efektivitas dan Efisiensi dalam Manajemen Bisnis

Efektivitas

Efektivitas merupakan tingkatan hasil dari sebuah aksi karyawan dan manajer. Karyawan dan manajer yang mempraktekan efektivitas dalam lingkungan kerja membantu hasilkan output berkualitas tinggi. Misalkan seorang pegawai yang bekerja untuk pemasaran. Jika dirinya efektif, dia akan menghasilkan penjualan secara rutin. Jika tidak efektif dia akan kesulitan untuk meyakinkan konsumen menciptakan pembelian.

Baca: 6 Langkah Membuat Marketing Plan Produk Baru




Perusahaan akan menilai efektivitas kerapkali dengan cara evaluasi kinerja. Efektivitas dari lingkungan kerja memiliki dampak besar akan kualitas produk dan jasa perusahaan yang menjelma dari reputasi perusahaan dan kepuasan pelanggan.

Efisiensi

Efisiensi dalam lingkungan kerja merupakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sesuatu. Karyawan dan manajer yang efisien akan menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin. Karyawan yang dan manajer yang tidak efisien akan menghabiskan waktu sangat lama. Misalkan, seorang manajer yang seharusnya mencoba untuk berkomunikasi secara lebih efektif. Ia dapat menyelesaikan target dengan menggunakan email ketimbang mengirim surat pos kepada setiap karyawan. Efisiensi dan efektivitas sangatlah istimewa. Seorang manajer atau karyawan yang efisien tidak selalu efektif dan sebaliknya. Efisiensi akan meningkatkan produktivitas dan menghemat banyak uang dan waktu.

Baca: Penyebab Utama Kegagalan Manajemen

Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi dalam Manajemen Organisasi

Meningkatkan Efektivitas

Untuk meningkatan efektivitas, perusahaan harus melakukan inisiatif untuk menyediakan evaluasi kinerja, menjabarkan kelemahan karyawan melalui kritik konstruktif. Manajer harus membuat kejelasan untuk mengarahkan efektivitas dan menjelaskan bagaimana kinerja karyawan mempengaruhi perusahaan secara keseluruhan. Untuk menghindarkan lingkungan kerja penuh dengan karyawan yang tidak efektif, perusahaan harus mau menyewa karyawan yang berkinerja tinggi dengan menyeleksi calon karyawan dalam proses rekrutmen. Karyawan kerap kali tidak efektif karena mereka tidak peduli akan pekerjaan mereka atau mereka tidak memiliki keahlian untuk berkontribusi. Dengan melakukan wawancara kepada calon karyawan, berbicara dengan referensi dan melakukan ujian, perusahaan dapat memasukan karyawan dnegan keahlian yang baik untuk menyelesaikan tingkat kesulitan pekerjaan yang sesuai.

Baca: Alasan Orang Sukses Sering Pindah Kerja

Meningkatkan Efisiensi

Karyawan dan manajer seringkali tidak efisien karena mereka tidak tahu bagaimana agar bisa efisien atau tidak memiliki media yang tepat untuk menjalankan pekerjaan secara efisien. Beragam cara untuk meningkatkan efisiensi termasuk rapat dengan manajer dan karyawan untuk menjabarkan beragam cara menerapkan efisiensi dalam lingkungan kerja. Selain itu juga bisa dengan meminta masukan akan apa yang kurang dari lingkungan kerja saat ini. Misalkan sebuah usaha kecil tidak memiliki mekanisme email karyawan yang menghalangi manajer untuk berkomunikasi dengan lebih efisien.



Baca: Gaya Kepemimpinan Dalam Organisasi dan Dampaknya

Bookmark Pengertian Efektivitas dan Efisiensi dalam Organisasi Manajemen

Itulah pengertian efektivitas dan efisiensi dalam organisasi manajemen. Bukan hanya pengertian yang dibahas tapi juga disampaikan contoh dari efektivitas dan efisiensi.Selain itu juga dijabarkan bagaimana kita bisa meningkatkan efektivitas maupun efisiensi dalam organisasi yang sedang dikelola. Semoga bermanfaat


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+