Peluang Usaha Bantal Lukis


Sedang mencari peluang usaha untuk dirintis? Coba lihat peluang usaha bantal lukis. Kebutuhan bantal saat ini cukup penting untuk menunjang berbagai kebutuhan manusia meskipun bantal bukanlah barang utama. Sebut saja bantal dapat dimanfaatkan untuk penyangga kepala saat santai atau tidur, alas duduk sampai sekedar dekorasi ruangan.

Penampilan bantal saat ini pun terus berkembang mengikuti selera konsumen. Di supermarket-supermarket dapat kita saksikan beragam bentuk bantal tersedia mulai dari kotak sampai bentuk-bentuk yang tidak terpikirkan sebelumnya seperti tokoh kartun, binatang dan ekspresi wajah.

Seiring dengan pertumbuhan tren bantal mulailah bermunculan selera konsumen yang masih berkaitan erat dengan bantal. Pemilik bantal ingin bantal mereka memiliki gambar yang sesuai selera mereka. Peluang inilah yang melahirkan peluang usaha bantal lukis.

Bantal lukis cukup banyak peminatnya. Dengan bantal lukis ini, pembeli bantal dapat memilih gambar apa saja sesuai kemauan mereka. Pengusaha bantal lukis?

Tentu saja tinggal melukis rupiah bantal lukis itu …..

Perkembangan usaha bantal lukis saat ini sangat memanjakan konsumen. Konsumen diberi kebebasan memilih gambar, bentuk dan ukuran bantal yang paling pas dengan selera mereka. Bantal berukuran manusia pun akan tersedia jika memang konsumen menghendakinya.

Salah satu pengusaha bantal lukis yang telah malang melintang adalah Castella Natalia, pemilik usaha bantal lukis Castella. Ia telah membangun usaha ini sejak 2009 lalu. Minat lukis tumbuh di atas kain kanvas, seiring berjalannya waktu, terbesit ide member busa kedalam kain tersebut hingga penampilan kain kanvas menyerupai bantal.

Tanpa disangka, banyak konsumen yang terpikat dengan hasil karya Castella. Sejak saat itu pesanan bantal lukisnya terus datang sampai saat ini. Ia menyebutkan bahwa dulu banyak konsumen yang ingin gambar wajahnya dilukis di bantal yang dibelinya.

Tingginya minat bantal lukis disebabkan oleh beberapa hal. Pertama adalah untuk barang konsumsi pribadi dan kedua sebagai hadiah. Dengan keleluasaan konsumen memesan gambar jangkauan konsumennya semakin luas, kini souvenir perusahaan pun mulai menggunakan bantal lukis.

Harga yang ditawarkan untuk sebuah bantal lukis adalah Rp 200.000 untuk bantal ukuran 30x30cm hingga jutaan untuk bantal berukuran manusia.

Dalam tempo satu bulan 500 sampai 600 batal sanggup diproduksi oleh Castella. Besarnya jumlah pesanan disebabkan karena satu konsumen biasanya memesan beberapa bantal lukis.

Batal lukis Castella sudah terkenal di Jakarta dan Bandung. Bahkan Castella mulai merambah luar pulau dan pasar luar negeri. Sejak tahun 2011, konsumen di Singapura, Malaysia, Filipina, Amerika Serikat, Turki, Swiss dan Australia mulai menikmati bantal lukis Castella.



Pengusaha bantal lukis lainnya, Rani Anggraini bahkan membuat blog untuk memasarkan bantal lukisnya. Ia menuturkan bahwa dirinya menampilkan foto-foto hasil karyanya di blog miliknya, tak lama pesanan pun berdatangan. Mengusung merk Anggraini Craft dirinya baru sanggup memproduksi 50 bantal per bulan karena semua proses dilakukan sendiri

Bekal Sukses Usaha Bantal Lukis

Modal utama sukses menerapkan peluang usaha bantal lukis adalah kreatifitas pelukis. Keunikan yang lahir atas kreatifitas pelukis bantal lukis akan memberikan ciri khas yang diingat konsumen, sehingga pengusaha bantal lukis akan memiliku unique selling proposition-nya sendiri.

Tempat produksi bantal lukis perlu disediakan secara khusus. Hindari suhu ruangan lembab karena dapat menimbulkan jamur di hasil bantal lukis.

Keahlian melukis ternyata bukan yang utama karena kita dapat belajar melukis di tempat-tempat belajar melukis. Atau jika Anda memiliki modal yang cukup, bisa membayar jasa pelukis lainnya. Ketahuilah teknik-teknik melukis seperti karikatur, kartun atau objek realis.

Untuk bahan dasar menggambar upayakan menggunakan media kanvas berbahan lembut. Ragam jenis kanvas yang digunakan juga bisa menjadi pembeda dengan pengusaha bantal lukis lainnya. Jika pilihan jenis kain sudah didapatkan upayakan membeli dalam jumlah lebih untuk persediaan. Harga kain kanvas untuk bantal lukis berkisar Rp 17.000 sd Rp 20.000 per meternya.

Lukisan menggunakan cat akrilik yang produsennya juga beragam. Misalkan, Castella secara khusus membeli cat akrilik dari Singapura untuk bantal lukisnya.

Bahan lainnya adalah dakron. Media ini berfungsi untuk mengisi bantal lukis. Dakron saat ini mudah didapatkan di Indonesia. Terkadang bantuan komputer untuk membuat sketsa awal sangatlah membantu. Beberapa peralatan lain yang dibutuhkan adalah seperangkat alat melukis dan mesin jahit.

Proses Pembuatan Bantal Lukis

Pesanan gambar umumnya dilakukan melalui email.

Pertama selesaikanlah lukisan sarung bantal, dan keringkan hasil lukisannya. Jika sudah kering dakron bisa dimasukan sebagai isi bantal. Terakhir jahit bantal.

Sentuhan akhir bantal lukis dapat member banyak perbedaan. Tambahan label merk yang menarik dan unik bisa memberi kesan khusus untuk konsumen. Jangan lupakan kemasan banta lukis karena salah pilih kemasan bisa merusak lukisan atau aksesori yang menempel di bantal itu.

Promosi Bantal Lukis

Promosi produk bantal lukis dapat dilakukan melalui berbagai cara salah satunya adalah mengikuti pameran . Anda bisa menjadwalkan jumlah pameran yang ditargetkan untuk diikuti. Terkadang mengikuti ajang pameran yang tepat lebih menguntungkan daripada membuka gerai sendiri.




Membuat blog atau website juga diakui banyak membantu memperkenalkan bantal lukis kepada konsumen. Castellah berbagi pengalaman bahwa pesanan dari luar negeri mulai dating sejak ia membuat website untuk memperkenalkan bantal lukisnya.

Siap Coba Peluang Usaha Bantal Lukis?

Itulah kisah sukses pengusaha bantal lukis. Tertarik mencoba?


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+