6 Langkah Membuat Marketing Plan Produk Baru


Pemasaran bisa dibilang sebagai aktivitas krusial semua usaha kecil. Lebih penting lagi untuk Anda memahami langkah membuat marketing plan produk baru. Terlepas dari seberapa baik kualitas produk Anda, jika tidak ada yang tahu apa yang Anda tawarkan, tidak ada yang akan beli. Trik utama sebuah marketing yang sukses adalah fokus pada kemauan konsumen. Untuk melakukannya, Anda perlu memahami pasar, membuat materi yang berinteraksi dengan pasar dan menempatkan materi itu di depan pasar Anda. Apa saja langkah membuat marketing plan produk baru ini?

Kembangkan unique selling proposition (USP)

USP mengidentifikasi kualitas produk yang membedakan Anda dari persaingan. Keunikan dapat menjadi keragaman mulai dari harga sampai cara penyampaian jasa atau produk Anda, ukuran, warna dan karakteristik produk. Baru tidak selalu unik. Lebih lanjut lagi, mengidentifikasi “kebaruan” dalam unique selling proposition harus merujuk pada inovasi atau hal berbeda yang memisahkan “produk baru” dengan “produk lama”.

Ubah fitur bisnis menjadi keuntungan

Konsumen tidak membeli produk Anda atau membeli apa yang bisa dilakukan produk Anda. Saat membuat marketing plan produk baru, Anda harus fokus pada keuntungan yang didapatkan konsumen, bukan tawaran produk Anda. Misalkan, mengatakan produk baru Anda lebih cepat dan lebih baik tidak akan berarti banyak untuk konsumen. Mengatakan produk Anda membuat pekerjaan 50% lebih cepat tanpa masalah akan jauh lebih bermakna untuk calon pembeli.

Identifikasi target market

Tentukan siapa target pasar yang Anda inginkan atau butuhkan untuk penjualan produk Anda. Buat daftar karakter mereka seperti usia, jenis kelamin, status ekonomi dan karakteristik konsumen lainnya. Jangan lupa identifikasi juga motivasi mereka membeli produk Anda. Ada lebih dari satu target pasar bisa ditetapkan, namun Anda perlu menentukan masing-masing secara terpisah dengan alasan masing-masing.

Tentukan tempat promosi

Jika Anda sudah mengidentifikasi target market, tentukan tempat target market atau media yang mereka selalu gunakan. Saat waktunya tepat untuk berpromosi, Anda akan membutuhkan semua materi promosi di depan target market Anda. Untuk melakukan hal ini perlu diketahui apa yang dibaca target market Anda, radio mana yang mereka dengarkan, situs apa yang mereka kunjungi, dan grup mana mereka bergabung didalamnya.

Membuat materi marketing

Persiapkan materi marketing yang berbicara kepada target pasar Anda. Jika Anda memiliki lebih dari satu kelompok target, sesuaikan materi promosi untuk semua jenis kelompok. Misalkan jika Anda menjual produk pelangsing badan, target kelompok Anda bisa ibu muda atau penderita diabetes. Keduanya mungkin ingin melangsingkan badan namun alasannya berbeda. Ibu muda mungkin ingin melangsingkan badan setelah melahirkan sedangkan penderita diabetes ingin kondisi kesehatan lebih baik. Pilih materi marketing yang sesuai dengan medium promosi Anda. Misalkan jika target Anda Ibu muda buat iklan dan artikel untuk situs atau majalah bertema parenting.

Buat rencana untuk penempatan promosi

Jalankan iklan atau persiapkan artikel di tempat-tempat yang dilihat target pasar Anda. Berikan kartu nama atau selebaran di lokasi potensial yang sering didatangi konsumen potensial Anda. Buat website atau blog yang memberikan informasi terkini dan informasi yang dicari pasar Anda. Strategi Anda sebaiknya fokus kepada kemauan konsumen. Perhatikan dimana konsumen Anda dan jenis marketing apa yang mendapat respon dari mereka.

Buat Marketing Plan Anda Sekarang

Punya produk baru yang ingin dipasarkan? Pastikan Anda mengikuti panduan dari postingan ini agar mendapatkan hasil maksimal dari bisnis Anda. Siap menerapkan langkah membuat marketing plan produk baru?


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+