Peluang Bisnis Jasa Fotografi Liburan

Punya hobi fotografi? Berminat merintis usaha sesuai dengan hobi fotografi itu? Tentu saja jika jawaban Anda iya atas pertanyaan tadi postingan ini akan menarik Anda. Ya, peluang bisnis jasa fotografi liburan akan diungkap kali ini.

Liburan sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat kota jaman modern ini. Hal tersebut tentu tidak mengherankan karena liburan selalu identik dengan hal menyenangkan. Mengingat sempitnya waktu untuk berliburan akibat kesibukan harian, sepertinya momen liburan menjadi momen penting tersendiri untuk kebanyakan orang sibuk. Itu sebabnya sayang jika momen liburan tidak diabadikan. Sekalipun kini banyak orang bisa saja selfie atau wefie tentu saja hasil foto dengan pendekatan fotografi cenderung berkualitas.

Itulah latar belakang peluang bisnis jasa fotografi liburan ini muncul. Penyedia jasa akan menawarkan klien menjadi objek foto alami selama aktivitas liburan. Dengan menerapkan seni fotografi, tentu saja hasil foto jauh lebih berkualitas ketimbang buatan sendiri.

Salah satu pengusaha bidang ini adalah Sweet Escape dari Jakarta. Kepala divisi pemasaran sweet escape, Nikita Hadi mengungkap bahwa usaha ini telah dirintis sejak akhir tahun 2015. Baru secara resmi menerima klien di sekitar bulan Februari 2016.

Target konsumen Sweet Escape adalah konsumen menengah ke atas. Tarif yang dikenakan per sesi foto untuk konsumen adalah Rp 4juta . Setiap sesi foto memiliki waktu dua jam. Harga tersebut akan menyesuaikan lokasi foto. Sebagai gambaran bahwa di beberapa tempat harga per sesi bisa mencapai Rp 6juta.

Sweet Escape dapat memenuhi permintaan secara global. Setidaknya terdapat empat ratus fotografer lokal di Sweet Escape yang berlokasi di 265 berbagai kota dunia. Konsumen hanya perlu memilih kota tujuan kemudian tetapkan waktu untuk sesi fotografi. Sesuai permintaan konsumen, fotografer sweet escape akan menemani konsumen pada waktu dan tempat yang sudah diperjanjikan.

Dari tariff per sesi yang diberikan, konsumen memiliki hak mengunduh 40 foto dari seratus pilihan yang disediakan pada galeri online sweet escape. Untuk dapat mengunduh lebih dari 40 foto konsumen harus merogoh kocek ekstra sekitar Rp 150 ribu per foto. Hasil foto foto itu sudah melewati proses editing untuk mendapatkan hasil terbaik.

Peluang bisnis jasa fotografi liburan ini berprospek positif. Pada tahun pertama sweet escape beroperasi, perusahaan ini sudah memiliki sekitar 2500 konsumen. Mayoritas permintaan datang dari Bali, Paris dan Tokyo. Pada akhir tahun saja sweet escape melayani 500 konsumen.

Pada tahun 2017, sweet escape mentargetkan untuk hadir di 500 kota seluruh dunia.

Jika satu bulan 500 klien dengan tariff minimal Rp 4 juta per klien berarti omset per bulan mencapai Rp 2 milyar. Sangat fantastis bukan?

Peluang Bisnis Jasa Fotografi Liburan

Peluang bisnis ini tentu saja memberikan inspirasi untuk Anda bukan? Tanpa terpikir bahwa hobi fotografi yang terbilang mahal jika disalurkan dengan tepat bisa menjadi sebuah usaha yang menjanjikan.

Pertumbuhan sweet escape ini buktinya. Sebuah hobi fotografi didukung dengan strategi marketing yang baik (jaringan global) dan tentu saja eksistensi online (galeri online untuk mengunduh foto) dapat berkembang menjadi sumber pemasukan uang.

Jika Anda penghobi fotografi tentu saja ini memberikan ide usaha baik untuk memulai usaha serupa ataupun menjalin kerjasama dengan sweet escape sebagai fotografer. Siap mencoba peluang bisnis jasa fotografi liburan?

Baca juga: Lowongan kerja fotografer klien mancanegara

Leave a Reply

CommentLuv badge

XL PAKET DATA KAMU MAU HABIS TUHH! 19GB CUMA RP73RB (DISKON 18%) CEPETAN ISIBELI SEKARANG